Pihak Mercedes-Benz Klaim Bus Mereka Aman dari Rem Blong. Berikut Penjelasannya

Lorena-Double-Deckers-09

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Jelang mudik lebaran begini sepertinya bermanfaat sekali jika kita membahas sarana transportasi yang acapkali digunakan para pemudik untuk pulang ke kampung halaman. Salah satunya adalah bus. Yup kendaraan besar yang mampu menampung hingga 60 penumpang atau lebih ini (double decker) memang menjadi moda transportasi terpopuler untuk aktivitas mudik.

Namun belakangan ini seringkali terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar gegara rem blong. Konsen terhadap kasus seperti itu, pihak Mercedez-Benz akhirnya merilis sebuah pernyataan resmi jika armada bus dari Mercy dijamin tak akan mengalami rem blong.

Dilansir dari Dapurpacu, Kamis (8/6/2017) Adri Budiman, Deputy Director Bus & Van Sales Operation Commercial Vehicle Mercedes-Benz Indonesia mengatakan, “Kalau untuk bus yang berasal dari Mercedes-Benz secara teknis 100% tidak mungkin mengalami rem blong selagi perawatannya dilakukan dengan baik”. Hal ini merujuk pada teknologi yang disematkan pada bus-bus Mercy dimana mereka telah menggunakan rem bersistem full air brake system. Jadi kemungkinan rem blong hampir tak akan terjadi sebab setiap saat sistem pengereman akan terus diisi oleh kompresor. Jadi selama mesin bus hidup, suplai angin akan terus terisi.

Selain itu bus Mercy juga dilengkapi dengan Automatic Select Adjuster yang membuat jarak antara tromol dan sepatu rem baik kanan kiri, dan depan belakang tetap sama. Jadi tak perlu adanya pengecekan terus menerus dalam jangka yang pendek.

“Sistem itu sudah dibuat dan hanya perlu  mengecek ketebalan sepatu rem saja. Kalau habis ya tinggal diganti, karena sistem tersebut telah berjalan dengan sangat baik dan tidak membuat rem blong”, tambah Adri.

Selain mengandalkan full air brake system ternyata bus keluaran Mercedes-benz juga dilengkapi dengan booster.  Booster sendiri merupakan kumparan kecil sebesar jari kelingking berbahan per baja dimana saat bekerja maka per tersebut akan menekan Select Adjuster yang mengakibatkan terjadinya pengereman.

Baru-baru ini Mercedes-Benz telah merilis produk terbarunya bus Mercedes-Benz 2542 Double Deckers untuk Po. Lorena dengan harga per satu unitnya menyentuh angka Rp 3,4 miliar…

So… dengan semakin canggihnya moda transportasi sekarang ini semoga mampu menekan angka kecelakaan yang kerap terjadi, apalagi gegara masalah rem blong. Alangkah lebih baiknya teriakan itu tepa terdengar “Om Telolet Om..” daripada sebuah jeritan histeris diikuti lari tunggang langgang dengan teriakan “Om BLONG Om…” Hii… amit-amit dah… (MMz)

===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di mobil dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

18 Balasan ke Pihak Mercedes-Benz Klaim Bus Mereka Aman dari Rem Blong. Berikut Penjelasannya

  1. Mercy safetyne top… lek

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s