MotoGP akan Gunakan “Lollipop Man” Demi Keamanan Pembalap di Pit

Lollipop Man hadir untuk mengatur keluar masuknya pembalap MotoGP di pit. Membuat balapan lebih aman lagi

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Direktur Balap MotoGP, Mike Webb mengatakan jika nanti di gelaran balap MotoGP akan dihadirkan seorang “Lillipop Man” guna menjaga keselamatan pembalap di dalam pit. Lantas, apa sih “Lollipop Man” itu sendiri? Dan apa tugasnya di pit MotoGP?

Yup, usulan untuk menghadirkan lollipop man dalam masing-masing tim balap ini muncul pasca terjadinya insiden antara Andrea Iannone dan Aleix Espargaro di balap MotoGP Brno 2017.

Balapan yang berlangsung secara flag to flag mengharuskan pembalap untuk masuk ke pit guna berganti motor + ban. Baik dari ban slick (kering) ke wet (basah) atau sebaliknya.

BacaMotoGP Brno: Valentino Rossi, Kali ini Tak Hanya Satu, Tapi ada 5 ‘Donkey’

Nah, ada kejadian buruk memang di Brno kemarin yang akhirnya membuat Dorna dan Direktur balap MotoGP mengambil keputusan penting terkait keselamatan pembalap di dalam pit. 

Di Brno, Andrea Iannone yang masuk ke pit hendak berganti motor, malah terpeleset sehingga membuat motor dan dirinya terjerembab. Bahayanya, motor Iannone hampir saja mengenai Aleix Espargaro yang juga baru saja berganti motor.

Insiden jatuhnya Iannone di pit lane saat mengganti motor dari ban basah ke kering di Brno 2017

Pekerjaan Lollipop Man

Bukan menjajakan permen, bukan…. Pekerjaan seorang Lollipop Man di pit adalah mengatur masuk dan keluarnya pembalap. Yup, mengadopsi apa yang sudah ada di balap F1, panitia penyelenggara kejuaraan MotoGP juga akan melakukan hal serupa.

Lollipop Man nantinya bertugas mencegat dan mengarahkan pembalap ke pit masing-masing dengan tongkat penandanya (Lollipop) untuk kemudian memberi aba-aba kapan pembalap tersebut boleh keluar dari pit.

Inilah Lollipop Man, lengkap dengan tongkat panjangnya yang memang mirip Lollipop

“Lollipop Man” tak bertugas mengganti ban atau memegangi motor (saat berganti). Tugasnya khusus, hanya mengatur masuk dan keluarnya pembalap.

Kami melakukan hal-hal yang kami tahi bisa lakukan tanpa menimbulkan masalah-masalah di tempat lain,” jelas Webb seperti dikutip dari Crash.

Lebih sedikit orang di pit lane. Tugas Lollipop Man adalah melakukan pelepasan motor dan semua motor yang ada di garasi. Kami pikir ini tidak menambah masalah dan seharusnya membantu.”

“Tanda Lollipo di depan anda; artinya anda tak bisa pergi hingga Lollipop Man mengijinkannya. Lollipop Man tak bertugas menghangatkan ban atau memegang motor. Dia hanya punya satu tanggungjawab.” Lanjut Webb.

Jika kita perhatikan hadirnya “Lollipop Man” memang dipandang perlu masbro.. Pasalnya dalam gelaran balap flag to flag semuanya jadi terlihat kacau. Sebab biasanya, baik pembalap maupun tim terkadang hanya terlalu terfokus pada ban, settingan maupun waktu tanpa memperhatikan betapa bahayanya apabila ada pembalap lain yang datang/pergi secara bersamaan.

Dengan adanya “Lollipop Man” ini nanti balapan MotoGP jadi lebih menarik dan seru. Pasalnya kini arus keluar  masuknya pembalap saat balapan flag-to-flag dan mengharuskan masuk pit lane akan lebih teratur. Menggeser usulan penggunaan radio atau board message di speedometer motor para pembalap.

Baca jugaMotoGP: Marc Marquez tak Suka Piranti ini di Motornya

Jadi tak hanya mematok kecepatan di angka 60 kpj saja saat di area pit lane, namun ditambah lagi dengan “Lollipop Man” yang akan mengatur jalannya lalu lintas masuk keluarnya pembalap… 

Speed limiter/batas kecepatan maksimal pembalap MotoGP di area pit lane

So…Semoga dengan adanya “Lollipop Man” ke depan tak akan ada lagi insiden yang melibatkan baik pembalap maupun crew mekanik saat di dalam pit. Semoga berguna… (MMz)

===============

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di balap, motogp, Tak Berkategori dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke MotoGP akan Gunakan “Lollipop Man” Demi Keamanan Pembalap di Pit

  1. sucahyoaji berkata:

    Iya, memang butuh orang terlatih. Dari kejadian tersebut memang terllihat bahwa petugas pit cuek pada pembalap lain, yang dilihat cuma pembalapnya sendiri.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2017/08/09/motogp-sebelum-iannone-jatuh-di-pit-saat-ganti-motor-di-brno-menghindari-nabrak-ternyata-hampir-bikin-yang-lain-jatuh-juga-dan-pelajaran-untuk-jangan-ngerem-depan-dulu/

    Suka

  2. ardiantoyugo berkata:

    semoga ga gubrak lagi di pit…

    Suka

  3. Mase berkata:

    Aku punya lolipop

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s