Oalah, Jadi ini toh Alasannya Kenapa Posisi Klakson dan Sein Motor Honda Terbalik

Diposting pada 33 views

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Sampean para pengguna motor-motor Honda mungkin pernah terpikir sebuah pertanyaan kenapa posisi klakson dan sein motor Honda keluaran terbaru terbalik. Ya, sama seperti sampean, pertanyaan ini juga sempat mampir ke otak mmz. Sebagai seorang biker wajar tentunya jika kita bertanya-tanya seputar apa saja yang ada di motor kita.

Nah, seperti mendapat pencerahan, bro Hendrik Ferianto selaku Instruktur Safety Riding AHM memberikan bocorannya untuk kita. Menurutnya, posisi sein dan klakson yang terbalik di motor Honda ini memang disengaja. Tujuannya agar pengendara tak terlalu mengandalkan klakson, apalagi menggunakan klakson untuk mengintimidasi pengendara lain.

“Ada yang namanya fungsi jari. Secara fungsi, orang akan lebih nyaman meletakkan jarinya ke saklar paling bawah. Karena tombol klakson dulu ada di bawah, pengendara merasa nyaman meletakkan jari itu, jadinya apa-apa klakson, sedikit-sedikit klakson,” kata Hendrik seperti dilansir DetikOto.

“Jadi tujuannya diubah supaya kita habit-nya itu berubah. Ini adalah suatu bentuk visioner Honda untuk mengubah habit masyarakat kita untuk menggunakan klakson. Karena kalau klakson di bawah secara fungsional tangan lebih mudah dijangkau. Sehingga dia refleknya adalah mencet klakson terus,” tambahnya.

Lebih jauh Hendrik juga menjelaskan jika terkadang banyak orang yang terbalik dalam mengoperasikan sein dan klakson. Ketika hendak berbelok misalnya, ada yang terlebih dahulu memencet klakson kemudian menyalakan sein. padahal ini salah. Seharusnya ketika hendak berbelok, anda harus menyalakan sein terlebih dahulu bau menekan klakson.

Baca juga:

Selain itu terkadang tak sedikit pula orang yang justru memakai klakson untuk alat intimidasi. Klakson-klakson gak jelas sepanjang jalan atau parahnya seperti yang sudah mmz tuliskan di atas. Yakni memakai klakson untuk mengintimidasi orang atau pengendara lain.

“Klakson itu untuk mendahului, atau untuk memberi peringatan bahaya. Jadi kalau klakson di saat macet, saat lampu merah, itu nggak beretika,” tambah Hendrik.

Last…. Bagi pengendara yang belum terbiasa dengan posisi klakson dan sein terbalik di motor Honda mungkin akan sedikit repot dan kesulitan di awal. Lazimnya, di panel stang sebelah kiri motor adalah lampu tombol lampu jauh-dekat, sein, baru kemudian klakson.

Nah, pada motor-motor Honda keluaran baru posisinya di balik. Dan ternyata ini memang disengaja untuk visi attitude berkendara yang lebih santun dan aman. Umumnya orang akan lebih mudah menjangkau atau meletakkan ibu jari di posisi paling jauh (klakson). Namun Honda membaliknya, orang akan sedikit malas jika harus menaikkan jempolnya sedikit dibanding biasanya saat ingin memberikan isyarat klakson.

Dan sebaliknya, kemampuan menjangkau tombol sein akan lebih mudah dijangkau. Artinya, kesadaran pengendara untuk mengoperasikan sein ketika hendak berbelok jadi meningkat akibat mudahnya menjangkau tombol sein. Tapi meski begitu sampean kudu cerdas loh cak. Belok kanan ya seinnya ke kanan, belok kiri ya seinnya ke kiri. Jangan malah sein kanan belok kiri atau sebaliknya. Saya gak akan nyebut emak-emak di sini…

Atau bahkan lebih parahnya lagi nyebrang jalan dengan prinsip “hanya dia dan Tuhan yang tahu”, yo mateng cak…. Sekali lagi saya gak akan nyebut The Power of Emak-emak :mrgreen: Semoga berguna… (mmz)

==============

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

11 thoughts on “Oalah, Jadi ini toh Alasannya Kenapa Posisi Klakson dan Sein Motor Honda Terbalik

Silahkan Berkomentar di bawah sini