Genap Satu Dasawarsa, Yamaha Hentikan Produksi Spare Parts RX-King. Sabar Kangbro!

oleh

Motomazine.com – Masbro, PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) secara resmi hentikan produksi spare parts motor sport legendarisya, RX-King. Yap, genap satu dasawarsa sudah YIMMm kawal para pecinta RX-King dengan memproduksi spare parts untuk membuat motor 2 tak 135cc tersebut tetap ngebul. Dan kini saatnya berhenti.

Yamaha RX-King edisi terakhir sendiri diproduksi pada tahun 2009 lalu. Sebenarnya saat itu sang raja masih menjadi motor yang disegani. Namun akibat aturan euro 2 yang membatasi emisi gas buang, perlahan RX-King pun mulai mengalami penurunan penjualan hingga puncaknya pada tahun 2009 stop produksi. Padahal saat itu Yamaha sudah sangat mengakali dengan menghadirkan catalyzer di knalpot terbaru sang raja. Tapi apalah daya, minat masyarakat yang makin cenderung ke motor 4-tak memaksa raja berhenti.

Namun kini, seperti halnya dunia terbalik, Yamaha RX-King malah menjadi motor yang paling diburu. Dengan kondisi kunyus-kunyus, mendekati original, dan kondisi odometer yang rendah, harga RX-King bisa bikin sampeyan ngelu. Di tangan kolektor nih Kang, RX-King bisa tembus di harga 70 sampai 100 jutaan. Opo ora ngowoh jal?

baca juga:

Tapi ya itu, karena sudah 10 tahun memback-up spare partnya, kini sudah saatnya Yamaha menyerahkan tampuk penjualan spare part RX-King ke…. Sek, mending kita simak dulu saja penuturan Pak Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relation PT. YIMM,

“Saya tahu RX-King menjadi motor yang sangat fenomenal, harga jualnya dari puluhan juta dan bahkan ratusan juta. hal itu menjadi motivasi bagi Yamaha untuk menciptakan motor terbaik lagi seperti RX-King. Yamaha hanya menyediakan komponen RX-King selama 10 tahun karena tentunya Yamaha pun mengikuti aturan emisi dan perkembangan zaman. Nantinya jika sudah stop produksi onderdilnya pengguna RX-King bisa mencari dari aftermarket atau label racing yang menyediakan onderdil RX-King,” tuturnya seperti dilansir dari Lek IWB.

Nah, wes jelas kan kangbro? Jadi ke depan nanti, jika sampeyan hendak mencari sapre parts Yamaha RX-King, sampeyan bisa langsung pesen ke aftermarket, pedagang-pedagang online, atau label-label racing yang tentunya sudah menjadi supplier terpercaya bagi Yamaha. Wes ra sah bingung Kang kalau mau nyari blok Y3C1…

Last… Yamaha sebenarnya sudah menciptakan pengganti RX-King dengan Scorpio. Kalajengking yang dibekali mesin 4-tak SOHC 225 cc ini sengaja diracik untuk mengakomodir tarikan jingkrak sang raja. Namun sayang, positioning harga yang terbilang mehong saat itu, sekitar 25 jutaan membuat Scorpio pun makin tak dilirik. Apalagi saat itu Yamaha juga merilis V-ixion. Motor sport 150cc dengan teknologi canggih injeksi. Wes,semua lari ke sana…

So, YIMM segera stop produksi spare parts Yamaha RX-King karena sudah aturannya. 10 tahun pasca motor terakhir produksi, supply spare parts dari pabrikan pun juga musti berhenti. Tapi sampeyan juga jangan khawatir nemen-nemen, sebab parts yang sudah terkirim  ke dealer dan bengkel-bengkel daerah kan bejibun. Yo ndang direstorasi lah kangbro rajanya. Biar harganya makin melangit lagi. Siapa tahu nanti bisa nyentuh harga MT-09? Kan nganu…wkwkwk… Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

Silahkan Berkomentar di bawah sini