Sudah Ditetapkan, Berikut Daftar Helm yang Lolos Uji MotoGP 2019

Diposting pada

Motomazine.com – Masbro, kompetisi dalam MotoGP makin tahun malah semakin ketat. Setelah semua pembalap MotoGP diharsukan memakai ban seragam, ECU seragam, IMU seragam, motor gak seragam tapi, kini aturan terbaru kembali muncul. Apalagi kalau bukan mengenai helm. Jadi mulai tahun 2019 nanti standar keamanan helm meliputi Snell, JIS, ECE dan DOT sudah kurang relevan lagi. Pihak Race Director dalam hal ini FIM menerbitkan aturan standarisasi baku helm terbaru yang disebut FIM Racing Homologation Programme (FRHP).  Jadi setiap pembalap nantinya diharuskan memakai helm dengan standar baku terbaru tersebut. Nah sekarang yang jadi pertanyaan adalah, helm apa saja yang telah lolos uji?

Emang pengujiannya seketat apa sih Kang? Jadi pengujian yang dilakukan FIM dan komisi keselamatan balap MotoGP bakal lebih rumit. Fokusnya tentu saja pada impact hantaman yang dihasilkan. Kalau selama ini pengujian impact hanya meliputi beberapa titik, nah di musim 2019, helm yang hendak digunakan pengujiannya meliputi hantaman di beberapa bagian lagi. Makin cepatnya motor-motor pacuan MotoGP dewasa ini mau diakui atau tidak telah menghadirkan potensi bahaya yang lebih besar.

Dan untuk sementara berikut 7 helm kondang yang lolos uji standarisasi/homologasi FIM

  1. AGV
  2. BELL
  3. HJC
  4. OGK
  5. KABUTO
  6. SHARK
  7. SHOEI

Selain 7 helm yang sudah lulus sensor di atas, pihak komisi keselamatan juga masih melakukan proses pengujian sekaligus penetapan lolos regulasi atau tidak terhadap helm-helm berikut

  • AIROH
  • ARAI
  • LS2
  • NOLAN/X-LITE
  • NHK
  • MT
  • SCORPION
  • SHIRO
  • SUOMY/KYT

Merk-merk helm di atas kalau sudah lulus uji bakal kembali diperbolehkan dipakai para pembalap. Oh ya kita berdoa saja semoag dua helm lokal yang ikut bersaing bisa tembus regulasi. Mereka adalah KYT sekaligus SUOMY dan NHK. Semoga berguna… eh ngomong-ngomong nih, nantinya harga helm sultan bakal lebih melangit lagi gak sih…? (mmz)

baca juga:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

1 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini