Yamaha R2? Inikah si CP2 Pendamping R25?

Diposting pada

Motomazine.com – Yamaha sepertinya punya kejutan baru untuk penggemar roda di seluruh dunia. Pasalnya mereka sudah menyiapkan banyak sekali varian terutama R-series. Yang kemudian menjadi perhatian mmz adalah si Yamaha R2. Nama motor tersebut muncul bersamaan dengan keluarga R-series yang lain. Estimasi nama tersebut muncul semacam dalam pendaftaran NJKB. Tapi di Jepang sono Sam. Yang menjadikan saya makin bertanya-tanya adalah si R2. Apakah Yamaha R2 ini menjadi calon motor sport 250cc dengan mesin CP2?

Kalau kita perhatikan Yamaha kian membedakan motor sport mereka dalam 2 keluarga besar. Sebut saja R series dengan satu angka di belakang huruf “R”, dan yang punya angka lebih dari satu di belakang huruf “R” nya.

Lihat saja daftar terlampir berikut ini. Yamaha punya YZF-R1, YZF-R2, YZF-R3, YZF-R4, YZF-R5, YZF-R6, YZF-R7, YZF-R8, YZF-R9, YZF-R15, YZF-R20 dan YZF-R25. Ada 12 jenis motor YZF. Manteb toh?

Sejauh ini untuk versi facelift baik YZF-R1, dan YZF-R6 sudah pakai mesin crossplane crankshaft. Nah yang kemudian menjadikan pertanyaan adalah si R series lainnya. Apakah YZF-R2, yang menjadi bahasan kita kali ini juga akan dibekali mesin Crossplane?

Masih menjadi misteri. Sebab kalau ditelaah, apalagi buat kita yang gak ngerti seluk beluk di dalam pabrik seperti apa, rasanya sulit sekali menebak dengan tepat. Karena lumayan rancu, ada YZF-R2 dan ada juga YZF-R20.

mesin YZF-R25 current

Tapi paling nggak bolehlah kita berharap Yamaha beneran akan hadirkan YZF-R2 dengan mesin 250 Cross plane 2 silinder. Gak usah banyak-banyak dulu deh. Mesin seperempat liter 4 silinder nanti saja dulu.Yang penting sasisnya Deltabox.

Duh, entahlah. Yang jelas dengan banyaknya nama untuk keluarga YZF-R series malah membuat kita makin bingung. Sebab kemarin kan kabarnya R6 produksi massal disuntik mati dan hanya fokus untuk motor balap. R7 kabarnya akan memakai mesin MT07 terbaru, begitupun dengan R9 nanti yang kemungkinan juga pakai mesin CP3 MT-09. Lha yang jadi pertanyaan kemudian adalah si R4, R5, R8 dan R20 ini loh. Eh BTW YZF-R125 ilang yak? (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.