Akhirnya Yamaha R2 Masuk Paten. Makin Penasaran

Diposting pada

Motomazine.com – Yamaha kembali membuat biker penasaran dengan menghadirkan kode motor terbaru bernama R2. Yap, ada R3 dan kali ini R2. Yang lebih menarik lagi adalah Yamaha R2 ini sudah masuk dalam paten. Artinya paten nama Yamaha R2 sudah syah menjadi milik Yamaha. Tinggal nunggu waktu saja pabrikan Garputala mau menelurkannya.

Kode untuk Yamaha R2 ini muncul dari media luar Rush Lane. Mereka mengunggah hasil pendaftaran kode motor baru untuk Eropa dan Filipina. Ya, Filipina menjadi salah satu negara di Asia yang acapkali mendapat jatah motor terbaru. jadi sudah jelas, namanya nanti YZF-R2. Salah satu dari keluarga R-series.

Lantas seperti apa bentukan R2? Masih sangat abu. Belum ada yang tahu seperti apa bentukan Yamaha R2 nanti. Termasuk konfigurasi mesin yang akan mereka pakai. Kalau gosip yang beredar sih mesinnya 200cc Cross Plane. Mesin dengan konfigurasi CP memang menjadi andalan Yamaha karena mesin ini juga menjadi jerohan YZR-M1 serta YZF-R1.

Dengan menghadirkan mesin ini mungkin Yamaha berharap punya line-up motor dengan kubikasi 200cc-an, lebih kecil dari kompetitor yang bermain di 250cc. Jelas bahwa efisiensi bahan bakar yang ingin mereka raih. Meski begitu tenaga bisa lebih maksimal dengan konfigurasi mesin yang lebih baik.

Sebelumnya mmz sudah menuliskan artikel mengenai Yamaha R2. Cuman saat itu belum jelas kubikasi yang akan dipakai. Masih simpang siur apakah 250cc atau 200cc saja.

Namun setelah paten ini keluar maka jelas jika mesin yang akan R2 pakai adalah 200cc saja. Lagi-lagi yang menjadi misteri adalah, apakah pakai mesin 1 silinder, atau 2 silinder. Basic mesin yang bisa dipakai tentu saja mesin 2 silinder milik R25 atau bahkan mesin 1 silinder r15 yang dinaikkan kubikasinya.

Untuk yang satu ini memang masih menjadi misteri banget. Termasuk sasis, suspensi atau apalah nanti yang akan nempel pada motor ini. Masih sangat abu. Lhawong kapan motor ini rilis saja juga masih menjadi misteri kok. Jangan-jangan cuman mematenkan nama saja. Urusan keluar ke pasar entah kapan waktunya. Atau jangan-jangan malah gak jadi rilis. Entahlah setidaknya varian motor yang akan Yamaha hadirkan semakin banyak.

Dengan adanya Yamaha R2 ini paling tidak juga menjadi bukti jika pabrikan Garputala masih konsen pada motor sport fairing. Mayan lah meski embuh kapan bisa terwujud. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini