Tips Kapan dan Bagaimana Membersihkan Busi Sepeda Motor

Diposting pada

Motomazine.com – Merawat sepeda motor merupakan sebuah keharusan agar performanya tetap optimal. Dengan sepeda motor yang selalu dalam kondisi prima maka aktivitas yang kita lakukan pun bisa berjalan dengan lancar. Sebab harus diakui jikalau motor merupakan alat transportasi yang paling fleksibel, dan paling diminati. Salah satu bagian penting dari sepeda motor yang acapkali luput dari perhatian pemiliknya adalah busi. Meski bentuknya kecil, namun busi memiliki peran penting pada motor. Fungsinya sebagai pemercik api di ruang bakar tak bisa dianggap remeh, karena bila kondisinya sudah tidak baik maka otomatis bisa mempengaruhui performa kerja mesin. Oleh karenanya, performa busi tentu harus dijaga dengan baik. Busi yang sering dibersihkan juga dapat mengembalikan performa motor yang kurang.

Sebenarnya merawat busi bukanlah hal yang berat dan bisa melakukannya di rumah, dengan hanya modal kunci busi dan perlengkapan tambahan. Waktu untuk melakukannya pun tergolong singkat, hanya beberapa menit saja.

Baca juga:

Sempurnakan Accent Wire dengan Busi Brisk. Begini Sensasinya!

Technical Service Division Head MPM Honda Jatim, Bapak M. Bondan memberikan tipsnya. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek kerak di kepala busi. Kerak pada kepala busi yang tebal dapat menyebabkan kemampuan dari busi motor tidak optimal.

Langkah selanjutnya adalah dibersihkan secara perlahan.

Hindari penggunaan amplas, karena amplas mempunyai sifat abrasif. Jika keduanya bertemu dan bergesekan, dapat menjadikan kepala busi terkikis. Untuk membersihkan busi cukup menggunakan kuas atau sikat kawat yang lembut

Langkah terakhir yakni mengecek kerapatan kepala busi. Jika busi sudah dicek dan masih ditemukan kerusakan, maka perlu untuk diganti dengan busi yang baru.

“Pembersihan busi dilakukan minimal setiap 4000 – 5000 km tergantung dari fungsi busi yang masih layak digunakan atau tidak. Tentunya konsumen juga dapat melakukan pengecekan dan penggantian busi dan suku cadang lainnya serta perawatan berkala sepeda motor Honda tercinta di AHASS” kata Pak Bondan.

Tersedia promo paket HOKI, Paket TURBO dan paket SUPER MATIC bagi konsumen yang ingin melakukan perawatan motornya. Konsumen juga dapat memanfaatkan apilkasi BROMPIT untuk layanan booking service. Dengan booking service di aplikasi BROMPIT dapat kesempatan memenangkan hadiah motor Honda. Untuk info lebih lanjut bisa lihat di website dan sosial media mpmhondajatim.

Baca juga:

Bocoran Honda CRF250L Rally Facelift 2021. Pakai 2 Busi?

So, mari sempatkan untuk selalu menjaga kondisi sepeda motor kita dalam keadaan prima. Agar kalau mau makek tuh enak. Gak ribet karena motor mogok atau bauk-batuk gegara busi kotor maupun aus/mati. Semoga berguna (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.