8 Tips Jitu Merawat Smart Key System (SKS), Nomor 6 Paling Sering Lupa

Diposting pada

Motomazine.com – Kehadiran sepeda motor dengan fitur smart key kini sudah tak asing lagi bagi kita. Banyak sekali motor-motor matic yang kini  mengaplikasikan kunci pintar ini. Dan terbukti memang kunci model ‘knop kompor’ ini berjasa besar dalam melindungi sepeda motor dari tangan-tangan tak bertanggungjawab. Dan berikut mmz kasih 8 tips jitu merawat smart key system (SKS) agar tetap awet dan berfungsi dengan optimal.

Smart Key System (SKS) yang bakal kita bahas kali ini adalah milik motor Yamaha. Sebut saja XMAX, NMAX ABS/Connected, Aerox ABS, Lexi S, dan Freego S-ABS sudah pakai kunci model ini. Jadi penting kiranya untuk sampean perhatikan agar si kunci keyless ini tetap terjaga, terawat dan bekerja sebagaimana seharusnya.

Baca juga : Semakin di Depan Yamaha juga Jualan Ban dengan 3D Pattern Soft Compound Smart Choice

Dan berikut tips perawatan yang tepat untuk Smart Key System (SKS) pada sepeda motor matik, diantaranya :

  1. Hindari menekan knob secara paksa jika smart key tidak di dekat motor. Pastikan mengoperasikan knob sebagai pengganti kunci kontak dengan normal mencegah kerusakan mekanis pada knob. Selain itu, mengingat motor hanya bisa menyala jika ada remote, maka pastikan remote selalu berada di dekat motor saat menekan knob.
  2. Pastikan remote tidak terjatuh dan selalu dalam kondisi kering. Remote sebagai pemberi sinyal, meskipun sudah dilengkapi seal anti air, pastikan remote selalu kering dari air sebelum dinyalakan untuk mencegah kerusakan akibat hubungan arus pendek.
  3. Hindari Radiasi Elektromagnet.Hindari kebiasaan meletakkan SKS di sekitar benda dengan radiasi elektromagnet yang tinggi, seperti handphone, televisi, pemancar signal, dan sejenisnya. Hal ini berpotensi mengganggu sinyal pada remote SKS.
  4. Selalu pastikan telah menekan tombol off pada remote setelah mematikan sepeda motor.Jika remote tidak dalam kondisi off atau masih menyala setelah motor mati, sinyal dari remote akan terus memancar sehingga menguras baterai remote. Pada Yamaha Gear 125, setelah motor dimatikan remote akan memberikan notifikasi pengingat kepada pengendara untuk mematikan remote.
  5. Selalu cek baterai remote.Jika radius remote dengan sepeda motor terlalu pendek saat digunakan maka disarankan untuk segera mengganti baterai pada remote.
  6. Pastikan selalu mengingat / menyimpan nomorpin smart key. Hal ini mempermudah konsumen untuk menginformasikan kepada dealer jika terjadi kehilangan kunci.
  7. Hindari menyimpan remot di bagasi motor atau rak pada motor. Hal ini agar tidak tidak tertinggal ataupun hilang. Jika kehilangan kunci, konsumen harus mengganti smart unit, SGCU, dan remote control.
  8. Selalu cek kebersihan socket dan jalur kabel pada smart unitsebagai penerima sinyal untuk menghindari terjadinya korsleting.

 Baca juga : Ngawur! Remote Keyless XMAX Terendam 30 Menit. Apa yang Terjadi?

Intinya perawatan sepeda motor matik dengan fitur Smart Key System (SKS) cukup mudah, karena dimulai dari kedisiplinan pengendara sendiri. Namun yang paling harus sampean ingat adalah untuk menyimpan nomr pin smart key. Namanya manusia pasti tak pernah luput dengan salah dan lupa. Dan lebih baik kita berjaga-jaga. Daripada harus mengganti satu set full ECU, hayo… (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

One thought on “8 Tips Jitu Merawat Smart Key System (SKS), Nomor 6 Paling Sering Lupa

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini