Cerita di balik Aerox R1M asal Malang yang Sabet King of MAXI 2021

Diposting pada

Motomazine.com – Gelaran Customaxi 2021 baru saja berakhir. Dari 25 modifikator yang sudah terpilih, ada satu motor yang keluar sebagai king of Maxi. Adalah Yamaha “Aerox R1M” garapan modifikator asal Malang. Banyak cerita dibalik dipilihnya Aerox besutan terbaru ini yang tampil bak R1M. Menarik pokoknya.

Dari ke-25 modifikator yang terpilih sebagai pemenang, salah satu diantaranya merupakan jawara yang meraih predikat sebagai “King of Maxi”. Juara King of Maxi sendiri hanya bisa diperebutkan oleh para pemenang Masterclass yang menempati urutan ke-1 di masing-masing kelas. Dimana hasil modifikasi motor mereka dikompetisikan kembali dari segi keunikan konsep, tingkat kesulitan, serta harmonisasi antara konsep modifikasi dengan hasil karya jadi yang dibuat.

Achmad Untung, modifikator asal kota Malang, Jawa Timur, yang turun di kategori Masterclass pada kelas Aerox, sukses merebut gelar King of Maxi melalui hasil karyanya yang diberi nama “Aerox R1M”. Berbekal pengalaman menjuarai event Customaxi 2018 region Jawa Timur dengan motor Aerox, pada ajang Online Customaxi 2021 ini, Untung mencoba menghadirkan konsep dan tren modifikasi baru yang lebih fresh dan unik dengan generasi terbaru All New Aerox 155 Connected ABS.

“Pada Customaxi tahun ini saya berusaha menampilkan sesuatu yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena saya lihat, kualitas motor modifikasi yang dikompetisikan teman-teman (peserta modifikator) tahun ini juga lebih kompetitif. Maka saya hadirkan konsep Aerox R1M yang unik dan berbeda, dimana skuter Matic Maxi Yamaha saya ubah tampilannya menjadi mirip dengan motor sport fairing YZF-R1M, terutama pada sektor bagian belakang. Dan saya bersyukur hasil karya ini bisa mengantarkan saya terpilih sebagai King of Maxi. Semoga bisa menginspirasi dan menjadi tren modifikasi untuk teman-teman lainnya,” ungkap Untung.

Dalam proses pembuatan Aerox R1M ini, Untung mengaku menghadapi beberapa kesulitan, khususnya dalam membuat body bagian tengah dan belakang agar bisa menyerupai buritan belakang YZF-R1M. Selain itu, waktu dan persiapan yang singkat juga menjadi tantangan tersendiri.

“Proses pembuatan Aerox R1M ini cukup menantang, karena selain waktu dan persiapan yang singkat, satu setengah bulan, pembuatan body custom bagian tengah dan belakang berbahan alumunium ini sangat sulit karena kami ingin tampilannya dapat semirip mungkin seperti YZF-R1M, hingga detail bagian air shroud. konsekuensinya kami perlu membuat beberapa dummy body belakang dan memilih yang paling sempurna. Lalu cast wheel, kami juga custom pakai bahan alumunium, ini juga sulit dan memakan waktu pengerjaan yang lama karena kami cek betul kekuatan dan hasil finishing-nya,” tambah Untung.

 

Apresiasi Peserta

Perhelatan Online Customaxi 2021 yang berlangsung selama hampir 3 bulan, juga mendapatkan respon yang positif serta apresiasi tinggi dari para peserta. Pasalnya, selain dapat mewadahi para modifikator tanah air untuk menyalurkan hobi dan kreativitas mereka, kegiatan ini juga menjadi obat rindu bagi para pecinta modifikasi yang selama setahun terakhir absen dalam mengikuti ajang sejenis akibat badai pandemi.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Budi Rahmanto, salah seorang peserta Oline Customaxi yang merebut gelar Juara 1 pada kategori Masterclass di kelas XMAX.

“Saya senang sekali saat pertama kali mendengar bahwa Customaxi akan kembali hadir di bulan Oktober 2021. Oleh karena itu, saat proses registrasi dibuka saya langsung mendaftar dan ikut di kategori Masterclass dengan XMAX. Bagi kami para modifikator, event seperti ini memang sudah dinanti-natikan, apalagi selama pandemi, jarang sekali ada event kontes-kontes modifikasi. Saya pikir meskipun Customaxi kali ini online, tapi antusiasme peserta tidak akan surut dan terbukti teman-teman saya sesama bengkel modifikasi banyak yang ikut juga,” jelasnya.

Emang mantab sih Aerox R1M asal Malang ini! (mmz)

Artikel terkait:

[display-post tag=yamaha]

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini