Begini Tips Merawat Electric Power Socket Sepeda Motor

Diposting pada

Motomazine.com – Selain sebagai kendaraan untuk urusan berkomuter, sepeda motor keluaran terbaru juga telah menunjang kebutuhan untuk memudahkan hidup penggunanya. Mulai dari hadirnya smart key system atau yang lazim kita sebut keyless, atau juga electric power socket yang menjadi media penghubung untuk charger smartphone sampean semua. Karena fungsinya yang berhubungan langsung dengan piranti elektonik dan kelistrikan motor, maka sangat penting merawat power socket sepeda motor agar tetap bekerja optimal, dan yang pasti aman.

Hal ini tak melulu berkaitan dengan kata-kata, asal tak kena air. Ya memang benar. Cuman banyak lagi hal yang bisa membuat power socket sepeda motor cepat rusak apabila tidak dirawat dengan benar.

Baca juga: Keuntungan Merawat Motor di Akhir Tahun, jangan Lengah

Setidaknya ada 5 hal penting yang harus sampean perhatikan apabila ingin electric power socket pada sepeda motor sampean tetap terjaga sehingga siap kapanpun ingin sampean pakai.

  1. Pastikan Electric Power Socket selalu dalam kondisi bersih mencegah debu masuk kedalam yang menyebabkan penyumbatan arus listrik.
  2. Selalu tutup Electric Power Socket untuk mencegah korosi karena air yang masuk saat hujan atau mencuci motor. Yamaha Gear 125 memiliki Electric Power Socket dengan penutup karet untuk menghindari air yang dapat menyebabkan korsleting listrik dan memutus sekring. 
  3. Rutin membersihkannya, dengan cara di semprot menggunakan angin kompresor dengan tekanan rendah
  4. Selalu gunakan USB charger kit sesuai spesifikasi motor. Pada motor Yamaha Gear 125, dapat menggunakan USB charger kit dengan daya maksimum 12 volt dan arus 2 ampere agar dapat berfungsi normal.
  5. Sebagai perlindungan, hindari memasang perangkat elektronik di luar spesifikasi apalagi sampai merubah jalur kelistrikan, normal-nya jika terjadi korsleting maka sekring akan memutus arus secara otomatis.

Sepeda motor Yamaha dengan fitur Electric Power Socket pastinya memiliki standar yang sesuai sehingga tidak mempengaruhi performa motor. Yamaha juga menyediakan aksesoris USB charger Kit untuk motor Yamaha Gear 125 yang bisa dibeli pada Dealer Resmi Yamaha dan Toko Online Yamaha Motor Genuine Official. Jika terjadi kerusakan atau korsleting, pengendara hanya perlu mengganti sekring yang rusak karena korsleting hanya akan memutus sekring untuk bagian charger.

Baca juga: Inilah Yamaha New MX King 155 Doxou 2022. Rame tapi Limited

Itulah 5 tips untuk menjaga electric power socket tetap bekerja optimal. Semoga berguna. (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini