Dengan Uang 35 Jutaan Saya yang Emoh Ribet bakal Pilih Yamaha NMAX 155 S Version. Berikut Alasannya

Diposting pada

Motomazine.com – Seperti yang kita tahu, Yamaha telah merilis NMAX 155 S Version. Satu lagi pilihan dari Yamaha untuk pemirsa yang menginginkan NMAX yang lebih praktis. Kenapa lebih praktis? Yamaha NMAX 155 versi S ini tidak terhubung dengan smartphone alias tidak dibekali fitur Y-Connect. Dengan uang Rp. 35 jutaan, bagi saya yang emoh ribet sudah pasti akan milih Yamaha NMAX 155 S Version. Berikut alasannya.

Yamaha NMAX 155 sejauh ini masih menjadi skutik Yamaha terlaris. Bicara data oke, tapi yang paling mudah ya melihat populasinya di jalan raya. Yamaha NMAX baik yang lama hingga yang All New selalu berseliweran. Saya jadi teringat nasehat nenek, eh, masukan dari salah satu teman. “Kalau pengen ngecek motor itu laris apa enggak, sampean berdiri saja di pinggir lampu merah. Nah, jikalau di setiap lampu merah ada motor tersebut yang berhenti, artinya motor itu laris,” ujarnya.

Benar juga. Cara tersebut sangat mudah dilakukan dan nyatanya mampu membaca laris tidaknya sebuah produk sepeda motor hanya dengan penglihatan mata telanjang.

Back to the topic. Saya adalah tipe biker yang tidak suka ribet. Untuk urusan sepeda motor, saya prefer sepeda motor yang tampil apa adanya, tetapi performa harus jempolan dan kondisinya kinclong. Kalaupun harus memodifikasi, paling menyentuh bagian-bagian yang berkaitan dengan fashion saja, atau kalau musti menyentuh bagian yang berhubungan dengan keselamatan, saya justru akan meng-upgrade part bawaan pabrik. Ambil contoh saja ban, dari yang standar diganti ke DRS misalkan.

Nah, terkait dengan selera saya tersebut, jikalau diharuskan membeli Yamaha NMAX 155 maka pilihan saya jatuh ke NMAX 155 S Version. Alasannya ya itu, saya lebih prefer ke sisi safety. Untuk Y-Connect saya rasa masih belum terlalu penting. Sebab Yamaha NMAX sendiri sudah cukup canggih dengan indikator pengingat saat waktu ganti oli.

Untuk yang lain, secara desain, power, torsi, semua sama karena memang satu platform mesin. Kenapa tidak memilih Yamaha NMAX 155 Connected ABS?

Dalam banyak tulisan sebelumnya, saya seringkali menuliskan bahwa saya kurang suka rem dengan teknologi Anti-Lock Brake System (ABS). Alasannya karena kita tidak bisa melakukan hard braking sesuai keinginan. Saya pernah mengalami kejadian kurang mengenakkan terkait rem ABS ini.

Jadi suatu ketika saya nunggang Yamaha XMAX. Di sebuah tikungan menuju tempat wisata di kota saya, sebut saja Telaga Ngebel, ada dua orang bocil berboncengan skutik, nyeberang begitu saja. Akibat blind spot saya pun kaget luar biasa dengan ulah dua bocil tersebut. Reflek, rem depan belakang saya bejek sekuatnya untuk menghindari tabrakan. Dan apa yang terjadi?

Respon rem seolah melawan. Mekanisme ABS bekerja. Mencegah rem terkunci hingga akhirnya rem depan cuma bergetar, tidak berhenti pada titik yang saya inginkan. Endingnya, “dug”, untung gak sampai brak! Dua bocil tersebut selamat dengan kondisi saya yang sudah merosot ke bangku paling depan.

Berbanding terbalik dengan kejadian yang lain. Kejadian yang sebenarnya salah saya sendiri. Jadi sesaat setelah pulang dari event di Surabaya, saya berkendara, membuntuti ambulans di daerah Mojoagung. Entah apa sebabnya, tiba-tiba sopir ambulans ngerem mendadak. Saya yang di belakang ambulans pun dipaksa mengerem sejadi-jadinya agar tidak menabrak. FYI, saya nunggang sepeda motor yang pakai rem disk brake biasa, bukan ABS. Dan apa yang terjadi? Motor berhenti tepat beberapa puluh centi saja dari bumper belakang ambulans. Saya yang tidak sendirian waktu itu menyaksikan bahkan ban belakang motor teman yang kebetulan tengah riding bareng, sampai mengeluarkan asap karena ban tergesek ke aspal.

Dari pengalaman-pengalaman itulah akhirnya saya lebih prefer ke rem cakram biasa. Terlebih saya juga tipe biker yang tak bergeming dengan smartphone saat sedang riding. Jadi misalkan ada telepon masuk, jika intensitasnya sudah lebih dari 3 kali, baru saya akan menepi dan mengangkatnya. Jika tidak se-urgent itu saya akan lebih memilih benar-benar berkonsentrasi ke lalu lintas.

Secara harga NMAX 155 sekarang, untuk pemirsa yang tinggal di Jawa Timur, PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) membanderol Yamaha NMAX 155 sebagai berikut:

  • All New NMAX 155 : Rp. 33.500.000,-
  • All New NMAX 155 Connected: Rp. 34.908.000,-
  • All New NMAX 155 S: Rp. 34.658.000,-
  • All New NMAX 155 ABS Connected: Rp. 37.613.000,-

Nah, dengan pertimbangan harga tersebut maka dengan uang 35 jutaan rupiah saya akan lebih memilih All New Yamaha NMAX 155 S. Alasannya sudah saya tuliskan di atas. Simpel dan aman karena si NMAX S sudah pakai kunci keyless. Kalau pemirsa bagaimana? Pilih yang mana? (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini