Kualifikasi MotoGP Australia: Marc Marquez Raih Pole Position diikuti Crutchlow. Duo Yamaha terlempar dari 10 Besar

Diposting pada

image
Marc Marquez rebut pole position MotoGP Australia 2016

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Tak menentunya cuaca di sirkuit Phillip Island Australia nyatanya membuat jalannya kualifikasi menjadi sangat membingungkan bagi beberapa tim. Kondisi permukaan aspal yang dingin di beberapa titik dan cukup hangat di bagian lain memaksa tim dan pebalap harus putar otak menentukan settingan terbaik agar mampu merebut posisi terdepan jelang race yang digelar esok hari.

Marc Marquez yang memang terkenal sebagai jagoan balapan flag to flag kembali menunjukkan kesuksesannya menaklukkan lintasan penuh PHP. Pebalap perengkuh gelar juara dunia musim 2016 ini berhasil merebut pole position diikuti pebalap satelit LCR Honda, Cal Crutchlow. Crutchlow yang sebelumnya sempat tercecer hingga harus masuk ke Q1 (kualifikasi 1) dan berhasil menjadi pebalap tercepat akhirnya mampu meneruskan tren positifnya dan nangkring di belakang Marquez.

Sementara nasib kurang beruntung harus diderita dua pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Kedua pebalap yang menjadi korban tak menentunya cuaca di FP3 ini terpaksa harus terlempar dari urutan 10 besar di sesi latihan bebas ketiga tadi pagi. Konsekuensinya, mereka harus rela berjibaki dengan pebalap-pebalap kelas menengah di sesi Q1. Jorge Lorenzo yang berhasil menjadi pebalap tercepat kedua di kualifikasi sesi pertama akhirnya lolos ke kualifikasi dua. Namun kembali, akibat lintasan yang sangat dingin membuat pebalap bernomor 99 ini hanya mampu membukukan waktu di posisi 12 tercepat.
Nasib lebih mengenaskan justru dialami Valentino Rossi. Pebalap yang tersingkir dari panasnya gelar perebutan juara dunia musim ini akibat terjatuh di Motegi tersebut malah harus puas berada di posisi ke lima belas pada sesi kualifikasi ini. Akibat telat mengganti ban ke kompon intermediette, posisi Rossi terpaksa terkunci di posisi lima sesi Q1. Akibatnya The Doctor tidak berhak mengikuti sesi Q2, sebab hanya pebalap tercepat 1 dan 2 dari sesi Q1 saja yang boleh mengikuti kualifikasi 2.
image
Rossi terlempar dari 10 besar di kualifikasi MotoGP Australia

Dengan begini maka Rossi harus rela memulai balapan dari posisi lima belas di hari Minggu esok. But, kembali… Cuaca yang tak menentu tetap saja belum bisa menjamin apakah pebalap terdepan akan selalu juara, atau pebalap paling belakang akan selalu tertinggal…
image
Hasil lengkap kualifikasi MotoGP Australia 2016

So… Let’s wait and watching… Bakal seseru apa balapan di Australia besok.. (MMz)
==============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi informasi? Kirim saja ke:
• motomazineblog@gmail.com

Tinggalkan Komentar di sini