Suzuki GSX-S150 Benar-benar T4klukkan Ba7asan. Medan Berat Etape 3 Eces dilibas…!!!

Touring GSX-S150

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Tepatnya tanggal 20-21 April 2017 kemarin Motomazine mendapatkan invitation untuk ikut dalam touring Suzuki GSX-S150 Jelajah pulau Jawa arungi 4 Provinsi dan 7 Kota. Sungguh sebuah event besar yang diadakan oleh PT. SUZUKI INDOMOBIL SALES (SIS) untuk menguji ketangguhan serta kehandalan mesin motor sport terbaru mereka, GSX-S150.

Acara touring ini sendiri dibagi dalam 3 etape bro sis… Etape pertama adalah Jawa Barat, disambung etape kedua Jawa Tengah, sementara etape tiga adalah bagian kami para blogger dan awak media dari Jawa Timur. Jadi teknisnya para rider dari tiga etape ini mengendarai Suzuki GSX-S150 secara estafet. Total jarak yang ditempuh dari etape 1 hingga ke etape 3 pun bisa mencapai lebih dari 1000 km.

Start touring dimulai dari dealer SMG Suzuki Madiun yang beralamatkan di kawasan Jalan Cokro kotaMadiun. Setelah beberapa saat menunggu rombongan Jawa Tengah (Etape 2) sampai di lokasi, tepatnya pukul 12.15 siang, rombongan etape 3 pun diberangkatkan menuju titik tujuan pertama, yakni kawasan Bromo via Mojokerto. Karena jalur yang dilalui via Nganjuk, Jombang lanjut ke Mojokerto, maka otomatis jalanan yang tersaji pun cenderung enak, rata tanpa hambatan berarti. Hanya beberapa kali kemacetan yang sempat kami temui namun tak menjadikan halangan sama sekali.

Bu Ellya selaku Head Branch SMG Suzuki Madiun sebelum pemberangkatan peserta etape 3

Berhenti di titik pertama kota Mojokerto, rombongan touring etape 3 beristirahat sejenak untuk melepas lelah sekaligus makan siang. Setelah dirasa cukup, perjalanan pun dilanjut via Pasuruan, Probolinggo hingga nantinya kami menyudahi destinasi pertama di kawasan wisata gunung Bromo. Nah, saat memasuki kawasan Bromo inilah bro sis kehandalan Suzuki GSX-S150 benar-benar mulai diuji. Pasalnya sekitar pukul 8 malam kami baru mulai masuk jalanan menuju Bromo. Hawa dingin luar biasa dicampur gemericik gerimis kecil membuat MMz sempat khawatir jikalau tetiba oli mesin tak mampu bekerja sebagaimana mestinya. Jalanan yang terus menanjak sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi si naked sport bermesin 150cc DOHC ini. Namun nyatanya kesemuanya itu begitu saja dengan mudahnya dilalui. Bahkan MMz hanya sering bermain di gigi tiga, dua dan beberapa kali pindah ke gigi 1 untuk menhajar tanjakan yang kiranya terasa benar-benar ekstrim.

Kesenian Reyog Ponorogo hantarkan perjalanan etape 3

Sekitar pukul 9.30 malam rombongan pun akhirnya menginjakkan kaki di kawasan Bromo. Hawa dingin yang menusuk hingga ke sela-sela tulang memaksa kami untuk segera merapat ke tempat makan malam hingga akhirnya mandi dan segera membenamkan diri di balik hangatnya selimut hotel. Perjalanan hari itu (estimasi 9 jam-an) sungguh menguras tenaga kami para rider bro sis.. untungnya yang kami kendarai si GSX-S150 yang memang terkenal akan torsi dan peak power mumpuni di putaran atasnya. Jadi rasa lelah berlebih akibat motor lemot sama sekali tak kami alami :mrgreen:  rasa lelah itu murni akibat riding 9 jam tersebut..

Pagi-pagi, belum juga saya terbawa mimpi bareng bidadari, tetiba kamar hotel diketok-ketok. Oh… morning call ternyata… tapi, wait.. it’s 3 a.m.  apa yang akan kita lakukan di waktu sepagi ini..?? Dimana ayam jago pun pasti masih tertidur pulas di kandangnya… Tapi perlahan MMz teringat, malam sebelum kami tidur pihak panitia telah memberitahukan bahwa pagi ini kita akan riding bareng ke lautan pasir menikmati indahnya sunrise di kawasan bukit Teletubbies Bromo… wow… What an amazing journey..!!! Pikir MMz. Sampean semua tentu tahu seperti apa dinginnya Bromo di pagi hari jelang matahari terbit. Namun ya itu tadi, karena rasa penasaran akan performa GSX-S150 di cuaca ekstrim MMz pun ikut rombongan untuk turun ke lautan pasir. Asli, mata hanya tertuju pada stoplamp Jeep Hard Top yang membimbing kami bro sis.. Ada apa di sekitaran kami, sama sekali nihil dari tangkapan retina mata.. Pokoke yakin.. pasti bisa sampai ke tempat tujuan..

Pukul 05.00 pagi pun kami telah sampai ke tempat tujuan.. Indahnya matahari pagi dari kawasan pegunungan Bromo sungguh memanjakan mata, membuat bibir tak henti mengucap syukur menyaksikan keindahan alam ciptaan Sang Kuasa yang terpampang jelas di depan mata ini… Untuk mengabadikannya kami pun tak lupa untuk mengambil beberapa foto sebagai dokumentasi…

Indahnya pagi di Bromo

Setelah sesi foto dirasa cukup, tepat pukul 07.00 pagi rombongan pun kembali ke hotel untuk selanjutnya mempersiapkan diri untuk meluncur ke destinasi kedua, Malang. eits… Jangan salah, perjalanan balik dari lautan pasir Bromo pun tak kalah ekstrim bro sis… Pasir yang mulai  mengering akibat tersengat matahari pun menjadikan tantangan tersendiri… Salah-salah kita bisa saja terjerembab atau jika terlalu bermain setengah kopling, bahaya kampas kopling terbakar pun tak kalah mengintai… Namun kembali, GSX-S150 ternyata cukup tangguh menaklukkan itu semua… Awesome…!!!

Yup lanjut… dari kawasan Bromo selanjutnya kami akan melipir ke kota Malang untuk melakukan CSR bersama salah satu Sekolah Menegah Kejuruan di kota Malang. Di acara tersebut, pihak PT. SIS menyerahkan satu unit sepeda motor Suzuki untuk dijadikan sarana praktek siswa-siswi di SMK tersebut. setelah rangkaian acara selesai, sejenak melepas penat, makan siang dan sholat Jumat, perjalanan pun dilanjut ketujuan berikut. Kota Surabaya. Yup, di kota pahlawan itulah nantinya rangkaian Suzuki GSX-S150 T4klukkan Ba7asan berakhir. Berharap perjalanan berjalan mulus, ternyata Tuhan malah berkehendak lain bro sis… baru beberapa kilometer kami riding, hujan yang sangat deras turun mengguyur… Tak pelak, akibat tingginya curah hujan yang turun, jalanan sepanjang kota Malang pun tergenang banjir yang cukup tinggi… Kemacetan di sana-sini menambah lengkap perjuangan kami untuk sampai ke etape terakhir Suzuki GSX-S150 T4klukkan ba7asan di Surabaya. Bagaimana tidak bro sis.. Jalanan macet yang luar biasa memaksa kami untuk mengambil jalan pintas, dengan sesekali keluar aspal agar mampu melalui kendaraan yang berjubel luar biasa padat dan merayap. Tak jarang, tingginya genangan air yang harus kami lalui terkadang membuat nyali sedikit ciut… khawatir jika GSX-S150 tunggangan kami mogok gegara harus menerjang banjir yang MMz sendiri terjang paling tinggi hampir setinggi lutut orang dewasa. Sampai-sampai air cipratan pun sempat mengguyur hingga ke headlamp… Beugh…  Sadis bro sis pokoknya… Namun kembali, dari sinilah kekuatan si GSX-S150 kembali teruji. Menerjang banjir setinggi itu, tak ditemui gejala ngelos dari mesin maupun kampas rem sama sekali. Power motor terus mengisi membuat MMz semakin PeDe bermain air menerjang banjir di tengah kemacetan yang entah sampai kapan bakal terurai..

Salah satu rangkaian acara CSR di Malang

Lepas dari kota Malang, perjalanan via Pasuruan ke Surabaya pun terus dihiasi dengan guyuran hujan. Kalau boleh MMz sebut, asli bro sis.. perjalanan etape 3 ini sepertinya memang yang paling beragam. Menyajikan berbagai tipikal jalan serta kondisi cuaca yang sangat pas menguji kekuatan GSX-S150. Dan setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam-an kami pun sampai ke titik akhir di kawasan Gubeng Surabaya tanpa ada satu pun hambatan berarti…

Last… jika disimpulkan, perjalanan Suzuki GSX-S150 T4klukkan Ba7asan Jelajah Jawa etape 3 memang menyajikan indikator lengkap penguji ketahan GSX-S150. Mulai dari cuaca luar biasa panas (Madiun-Mojokerto), cuaca dingin (Mojokerto-Bromo), luar biasa dingin (lautan pasir Bromo), hingga hujan besar plus banjir (Malang-Surabaya) sama sekali tak membuat GSX-S150 ini memble…  Torsi bawah njengattzz yang ditawarkan (lebih nampol dari GSX-R150) di padu power atas yang mumpuni serta karakater nafas panjangnya (limiter baru bekerja di rpm 13.000), bakal membuat anda betah dan ketagihan untuk touring bareng Suzuki GSX-S150 ini.. Karakter rigid dengan riding position ala motor-motor sport naked pun terasa pas. Tak  membuat pinggang, siku maupun leher belakang terserang pegal atau kesemutan.. Hanya satu yang mungkin jadi bahan masukan untuk Suzuki adalah, bisa lah kiranya busa jok untuk GSX-S150 ini dipertebal sedikit.. Lha piye,,, panas bianget e masbro.. Apa mungkin dasarnya belakang e MMz saja ya yang terlalu semok… wkwkwk đŸ˜†

Jepretan Bromo di pagi hari

So… itulah bro sis sekelumit cerita perihal pengalaman MMz touring bareng Suzuki GSX-S150 Jelajah Jawa T4klukkan Ba7asan… Intinya, digeber dengan kondisi jalanan apapun,si mesin tetap saja eces tak sedikitpunu ditemui gejala ngelos atau bahkan trouble akibat dibawa running terus-terusan.. Yup sampai lupa, selama perjalanan kami hampir selalu bermain di angka 70-80 kpj bro sis.. Jadi mesin memang terus dipaksa berteriak… Tapi ya itu tadi… emang njengatzz nih motor…Etape 3 seberat itupun eces dilibas…!!! Good Job and thanks  a lot for Suzuki…!!! (MMz)

Baca Juga

===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di New Bike, serba-serbi, test ride, umum dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Suzuki GSX-S150 Benar-benar T4klukkan Ba7asan. Medan Berat Etape 3 Eces dilibas…!!!

  1. Masdaniblog berkata:

    Pancen engine jozzz

    Disukai oleh 1 orang

  2. uglykidjono berkata:

    maju terus blognya! semoga kelak menyusul kesuksesan iwb.

    Disukai oleh 1 orang

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s