Meski Mengandalkan Rem ABS Satu Channel, Pengereman Honda PCX150 Dijamin Halus dan Pakem. Berikut Alasannya

oleh



Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Masih ngebahas Honda PCX 150 terbaru nih. Seperti sampean ketahui, New Honda PCX150 hadir dalam 2 varian yakni Honda PCX150 CBS dan Honda PCX150 ABS. Dua varian ini dijual berbeda yakni untuk PCX150 CBS dijual seharga Rp 27.820.000 dan Rp 30.820.000 untuk versi ABS, OTR Jatim.

Dan pasca diluncurkan secara resmi, ternyata tak sedikit calon konsumen maupun pengamat otomotif yang mempertanyakan khusunya New Honda PCX150 versi ABS. Yup, PCX150 terbaru versi Anti-Lock Brake System dibekali dengan sistem ABS satu channel. Artinya rem ABS hanya ada di rem depan saja.
Dan seperti yang mmz tuliskan di atas cak, fitur rem ABS single channel ini dinilai kurang wah jika dibandingkan motor skutik kompetitor yang sudah mengadopsi rem ABS double channel (depan-belakang).

Pak Suhari saat presentasi New Honda PCX150 di Dyandra Convention Centre, Surabaya

Menjawab keluhan ini, Bapak Suhari selaku Macomm & Development Div Head PT. MPM Honda Jatim di sela-sela presentasi dalam acara presscon PCX150 menjelaskan, perihal alasan kenapa Honda tak latah memasang ABS dua channel di New PCX150.

Dan alasannya adalah, karena Honda sudah memakai fitur lain di pengereman ABS nya. Yup, sensor ABS New Honda PCX bekerja dengan siklus 10 Hertz (Hz)/detik. Artinya dalam 1 detik, kampas rem Honda PCX melakukan jepit lepas piringan cakram sebanyak 10 kali. Dan efeknya? Jelas, pengereman bakal terasa lebih halus, tak menyentak, pakem dan aman.
Baca juga:

Nah, fitur siklus pengereman 10 Hz/detik inilah yang diandalkan Honda untuk menjadi salah satu selling point New Honda PCX150 khusunya tipe ABS. Karena konon kabarnya rem ABS kompetitor masih pake siklus 4Hz/detik. Jadi masih sedikit terasa gredek-gredek dari efek cepitan kampas remnya. Untuk yang satu ini sepertinya mmz kudu nyobain sendiri nih.
Last… Piranti rem dengan teknologi ABS (Anti-Lock Brake System) memang terbukti membuat pengereman jadi lebih aman. Dengan fitur ini rem dijamin tak akan ngunci walaupun ditekan dalam waktu yang cukup lama. Karena secara otomatis master rem akan bekerja dengan memerintahkan kampas menjepit dan melepas cakram secara bertahap. Kalau di New Honda PCX150 sih siklusnya 10 Hz/detik.
So… Sudah jelas kan cak sekarang? Gak usah ragu lagi deh… Pabrikan apalagi sekelas AHM pasti sudah memikirkan masak-masak terhadap teknologi apa yang bakal dicangkokkan di motor mass product miliknya. Tak terkecuali Honda PCX150 ABS ini cak… Semoga berguna… (mmz)
==============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

One thought on “Meski Mengandalkan Rem ABS Satu Channel, Pengereman Honda PCX150 Dijamin Halus dan Pakem. Berikut Alasannya

Silahkan Berkomentar di bawah sini