All New Yamaha WR450F Model 2019 dengan Silinder Head Miring ke Belakang. Apa Sih Fungsinya?

Diposting pada 66 views

Motomazine.com – Masbro, Yamaha Eropa baru saja memamerkan jagoan kelas garuk tanah terbarunya, WR450F. Motor yang mendapat beberapa pembaruan terutama pada sektor dapur pacu ini diyakini merupakan turunan dari si special engine Yamaha YZ450F. Lantas apa sih yang baru pada WR450F MY 2019 ini?

Seperti yang sudah diumbar motorcyclenews, Yamaha WR450F terbaru mendapat update berupa digesernya head cylinder ke arah belakang. Sek to, iki piye maksute? Yoi masbro, silinder head yang biasanya miring ke depan kali ini ditarik ke belakang bahkan melebihi garis tegak lurus antara crankchase dan head cylinder. Silahkan lihat gambar di bawah.

head cylinder Yamaha WR450F MY2019 yang miring ke belakang

Lantas, apa sih fungsinya Yamaha menggeser head cylinder WR450F? Dilansir dari sumber yang sama, penggeseran derajat kemiringan head cylinder ini erat kaitannya dengan “mass centralisation”. Yap, dengan digesernya silinder head ke arah belakang aka reverse cylinder head engine ini maka handling sang kuda besi pun akan meningkat drastis. Untuk motor kompetisi tentu hal ini sangat berperan besar Masbro.

baca juga:

Selain menggeser derajat kemiringan head cylinder ke arah belakang, Yamaha juga mencangkokkan material pelat kopling yang lebih durable, lebih ringan, serta daya tahan terhadap gesekan dan panas yang lebih baik. Piranti lebih ini juga bertujuan mencegah terjadinya selip kopling yang tentu sangat berpengaruh saat pembalap melakukan shifting selama balapan. Lagi-lagi, di kelas kompetisi aka balap perbedaan waktu yang dicatatkan pembalap sangatlah vital terhadap hasil utuh lomba.

Selain pencangkokkan kampas kopling yang lebih durable, Yamaha juga sebisa mungkin mengurangi bobot WR450F versi 2019. Untuk yang satu ini Yamaha bahkan menghilangkan kick starter dan mengganti standar samping dengan alumunium die cast. Wes silahkan dibayangkan sendiri, sebab dengan revisi ini kabarnya Yamaha berhasil menurunkan bobot WR450F hingga 100 gram.

Sebagai motor multi-habitat, sebut saja begitu, Yamaha juga merevisi tangki WR450F. Di model 2019 ini, WR450F dibekali tangki bahan bakar yang mampu menampung bahan bakar hingga 7,9 liter. Suspensi depan juga tak luput dari revisi. Nyomot ukuran suspensi YZ450F, si WR450F ini juga dibekali suspensi depan model Upside Down dari Kayaba yang lebih besar 1 mm dibanding suspensi depan WR450F current. Dengan dinaikkannya diameter suspensi depan, diharapkan handling WR450F juga bakal meningkat tajam.

Last, Yamaha sepertinya memang ingin allout menggarap WR450F MY 2019 ini. Pasalnya selain beberapa ubahan yang mmz sebutkan di atas, ternyata Yamaha juga memberikan banyak ubahan detail seputar penyemprot bahan bakar (injeksi) termasuk remapping ECU agar tenaga WR450F lebih merata dari bawah sampai ke atas. Istilah gampangnya, torsi jengat tapi tenaga atas juga gak kedodoran.

So, Yamaha WR450F MY 2019? Ganteng ora masbro? Sayang gak dijual di sini..hehehe… Tapi tenang, calonnya ada WR150F. Ups…. :mrgreen:

Oh ya satu lagi, kalau dengan menggeser head cylinder ke belakang mampu meningkatkan “centralized mass” motor, kenapa Yamaha MotoGP gak coba melakukan hal yang sama ke YZR-M1  ya? Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan motomazinedi:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • FB fanspage: motomazine.com
  • IG: @motomazineblog
  • Twitter: motomazine
  • Youtube Channel: motomazine

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Mari berbagi komentar di sini