Kenapa Helm Trail Punya Topi dan Moncong Panjang?

Diposting pada

Motomazine.com – Membahas motor trail ah.. Jadi gini, bahasan kita kali ini sederhana saja, tapi juga penting diketahui. Bahasan kita kali ini adalah kenapa helm trail punya topi dan moncong yang panjang. Buat penggila trabas pasti langsung senyum-senyum membaca artikel ini. Tapi untuk yang penasaran dan bahkan belum paham, semoga ini bisa menambah khasanah kita di dunia permotoran, terutama trabas.

Merunut dari om Johannes Lucky Manager Safety Riding Astra Honda Motor (AHM), penggunaan topi dan moncong yang panjang pada helm trail ini ternyata disesuaikan dengan peruntukannya. Berbeda dengan helm on-road yang ebih ‘mblundus’ untuk kurangi terpaan angin, helm trail didesain dengan perhatian penuh pada sisi safety.

“Helm motor punya topi itu karena off-road, kadang ada kerikil, lumpur, tanah yang terbang. Topi itu bisa melindungi, jadi pet-nya memang dibikin lebih panjang dibanding helm model biasa,” kata om Lucky seperti dilansir dari Detik.

Jadi penggunaan topi ini sangat bermanfaat tatkala banyak kerikil terbang atau bahkan dahan pepohonan yang tanpa sengaja kita tabrak. Dari pengalaman mmz saat nrabas, helm trail dengan topi panjang ini nyatanya sangat membantu melindungi wajah dari rintangan dan cipratan lumpur atau kerikil.

Sementara moncong yang panjang ternyata punya dua fungsi sekaligus. Yang pertama adalah sebagai pelindung mulut dan rahang apabila terjadi benturan, dan yang kedua sebagai ruang untuk bernapas.

Yaps, yang sudah terbiasa nrabas tentu merasakan banget kayak apa ngos-ngosannya kita tatkala menaklukkan medan trail. Belum lagi kalau musti masuk ke trek-trek level 4, muoncrot wes Om. Napas kayak diperas habis-habisan.

Dengan posisi moncong yang jauh dari mulut dan hidung, membuat rider lebih leluasa dalam bernapas. Cuman untuk sekarang ini kita diharuskan pakai masker. Yo… ngelu..wkwkwk…

Jadi intinya gitu. Helm trail pakai topi dan moncong panjang ternyata punya tujuan tersendiri. Oh ya, kenapa helm trail pakai google? Ya karena kembali lagi ke urusan safety. Kaca universal bisa saja berbahaya saat dipakai nrabas. Bayangkan saja saat sampean tanpa sengaja nabrak dahan pohon dan kena langsung ke visor. Hayo bahaya. Beda kalau kita pakai google yang posisinya lebih masuk sehingga bisa terlindungi dengan topi dari helm.

Lantas, apakah helm trail ini boleh dipakai saat di jalan raya? Yo boleh-boleh saja. Tapi agak ribet. Karena musti masang google juga. Lagian kalau sampean bawa ngebut itu helm rasanya bisa seperti menjadi ironman. Wkwkwk… Kalau di jalan raya mendingan pakai helm full face biasa saja. Lebih pas mengurangi hambatan angin juga karena bentuknya yang aerodinamis. Tapi gak tahu juga kalau tujuan penggunaan helm trail di jalan ini cuman sebatas untuk bikin VT. Motor kontes nih boss… Senggol dong…. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini