Workshop Teknologi Honda FORZA bareng Blogger Jatim. Tak Melulu Soal Teknis Ternyata

Diposting pada 45 views

MOTOMAZINE.COM – Hari ini, Minggu (16/6) PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Distributor kembali menggelar acara bertajuk workshop teknologi Honda FORZA 250 for blogger. Meski berbalut bedah teknologi, namun bahasan yang terjadi ternyata tak melulu soal urusan teknis saja, melainkan melebar hingga ke sharing antar anggota bahkan sebuah sesi penting, materi Leadership. Menarik bukan?

Yap, bertempat di Learning Center Honda MPM Sidoarjo, acara yang didapuk untuk kami para blogger otomotif Jatim ini dikemas dengan suasana kekeluargaan, hangat namun berbobot. Sudah semacam kebiasaan kami sih… Untuk saling bertukar pendapat, mencari dan mengulik informasi dengan tajam, tapi tetap saja mencair dan diselingi canda tawa.

Momen Bedah Teknologi Honda FORZA 250 ini sendiri menjadi sebuah ladang pengalaman baru bagi kami pra blogger otomotif. Kenapa? Sebab selama ini, sejak FORZA dilaunching hampir setahun silam, seakan tak ada penjelasan teknis mengenai apa dan bagaimana sejatinya FORZA.

Yang kita tahu palingan motornya bongsor, matic premium Honda, 250cc, harganya bikin merem melek, atau hal-hal lain yang hanya terwujud di permukaan.

Akan tetapi selebihnya, jauh dari itu, Honda FORZA ternyata menyimpan berbagai misteri, halah, knowledge baru yang bisa jadi ini adalah something new di kelas matic 250cc.

Bicara Honda FORZA 250, motor ini posisinya sebagai produk CBU dari Thailand. Jadi teknisnya gini, AHM pesen FORZA ke Thailand untuk kemudian diibikinkan dan dikirim ke sini. Makanya, di awal-awal launching si FORZA ini masih sangat jarang sekali unitnya. Jangankan buat test ride, buat didisplay saja kalau gak ada orderan kayaknya susah. He’em, makin menguatkan image premium FORZA sendiri.

Memang apa sih yang baru dari FORZA, yang didapat dari bedah teknologi bareng MPM tadi?

Kalau mau dijabarkan semua mungkin bisa tembus 3 ribuan kata Kangbro. Secara sisi teknis yang digendong FORZA itu ternyata luar biasa banyak. Setidaknya itu yang Mmz dapat dari materi yang disampaikan Pak Widi tadi.

Pak Widi, yang begitu antusias menerangkan apa sih keunggulan Honda FORZA 250 itu

Yang paling terlihat dan bisa dilihat secara kasat mata pastinya tombol-tombol di handlebar, termasuk informasi yang ada di speedometer. Sebut saja tombol-tombol engine starter, engine kill switch, sein, klakson, high beam pass beam, hingga tombol untuk memilih kontrol torsi (Honda Selectable Torque Control), sampai tombol-tombol info (A,B) dan sebuah tombol untuk menaik turunkan windshield.

Bener, dibanding kompetitor, Honda FORZA punya kelebihan dimana ketinggian windhieldnya bisa diatur (naik-turun) hanya dengan tombol saja. Pergeseran windshield ini sekitar 14 sentimeter.

Selain itu, melongok ke speedometer, ternyata panel yang diusung FORZA pada speedometernya tuh lengkap banget. Mulai dari pengukur kecepatan, tachometer, jam digital, penanda penggantian oli periodik, rerata konsumsi bbm, estimasi jarak yang ditempuh dengan sisa bensin yang ada, hingga panel-panel keamanan. Di sini yang dimaksud adalah indikator HSTC (kapan menyala, kapan mati, hingga apa yang harus dilakukan jika HSTC berkedip, atau mungkin MIL menyala).

Nah ini penjelasan riil di lapangan, sambil mengamati FORZA 250

Nah, pengetahuan-pengetahuan semacam ini yang sejatinya sangat penting untuk diketahui oleh konsumen, terutama menyangkut pada masalah MIL. Intinya jika MIL menyala terus saat motor sudah jalan, hal paling tepat yang harus anda lakukan adalah segera datang ke AHASS (Dealer Wing) untuk segera melakukan pengecekan. Ya… ada yang gak beres sama FORZA nya. Tapi tenang, kasus-kasus seperti itu pasti sangat jarang terjadi, melihat posisi premium FORZA sendiri.

Tak Melulu Soal Teknis

Nah ini, tak melulu soal teknis. Meskipun tajuknya bedah teknologi FORZA 250, tapi nyatanya bahasan kita melebar samping dan ke depan. Hehehe… Mulai dari pembahasan oli, yang direkomkan untuk FORZA SPX2 dan sanggup tembus 6000 km (penggantian periodik), hingga kemungkinan strategi yang Honda lakukan ke depan. Tapi eits, kita gak akan bahas itu. Gak etis kalau dibahas di sini….

Pak Dendy yang menyempatkan berfoto bersama setelah memberikan oleh-oleh pengetahuan buat kami, blogger oto Jatiim

Yang selanjutnya menjadi pembelajaran sangat berharga bagi kami adalah hadirnya Bapak Dendy Sean selaku Direktur Marketing MPM Jatim. Luar biasa… Dari bapak yang suka olahraga ini kami mendapat banyak sekali pengetahuan baru. Mulai dari bagaimana memanage blog dan diri (admin), hingga beberapa materi leadership yang sangat berguna. What a wonderful sharing pokoknya.

Yang pasti itu sih beberapa pengalaman berharga yang kami dapatkan dari bedah teknologi Honda FORZA bareng MPM hari ini. Masalah teknis pada FORZA 250 memang sengaja gak saya obrak abrik semua.. Sebab asli Kang, kalau saya tulis semua, nih artikel bisa berlapis-lapis hingga berlembar-lembar. Dan saya tahu lah, berlebih-lebihan itu malah kurang bagus jatuhnya…hehehe…

So hal teknis mengenai FORZA 250 bisa lah kita bahas di artikel berikutnya. Atau mungkin sampeyan punya pertanyaan seputar produk CBU yang satu ini? Silahkan dishare di kolom komentar. Mungkin ilmu yang saya dapat tadi bisa sedikit memberikan penjelasan, sebelum kita melangkah ke artikel teknis FORZA 250 berikutnya. Semoga berguna… (mmz)

Baca juga:

Silahkan Komentarnya Kangbro