12 Balap MotoGP Tahun ini. Berikut Lokasi Sirkuitnya

Diposting pada 34 views

MOTOMAZINE.COM – Dorna selaku promotor MotoGP terus melakukan berbagai upaya agar gelaran balap MotoGP musim ini dapat berlangsung. Balap yang hendak dilakukan sepertinya masih tetpa mengaplikasikan model tertutup. Rencananya Dorna bakal menggelar total 12 balap tahun ini. Sirkuitnya sendiri mayoritas di Eropa dan mungkin satu nanti di Asia.

MotoGP musim 2020 sempat porak poranda akibat pendemi Covid-19 yang melanda. Sempat dibatalkan dan ditunda, kabar terburuk sempat menyebut MotoGP 2020 bakal benar-benar nihil. Artinya tahun ini tak akan ada balapan.

Baca juga : COVID-19, MotoGP Musim 2020 di Ambang Kegagalan. Dyar!!!

Namun untuk itu sepertinya pihak penyelenggara sama sekali tak rela. Mereka terus mengupayakan agar balapan bisa berlangsung walaupun hanya 12 balapan saja.

Balap model ‘closed door’ itu nanti rencananya dihelat sebanyak 7 kali di Spanyol, 2 di Italia dan 2 lagi di Austria. Lebih jelasnya nanti kemungkinan balap MotoGP 2020 akan digelar 2 kali di Jerez, 2 kali Aragon, 2 kali Valencia dan sekali di Barcelona. Dua balap lainnya direncanakan di Red Bull Ring, dan dua lagi di Misano..

Nah, satu gelaran penutup di bulan November nanti yang masih menyisakan pertanyaan. Bisa jadi balap diselenggarakan di Jepang, Sepang ataupun Qatar.

Hal tersebut tentu sangat memperhatikan protokol kesehatan dari pemerintah negara setempat. Sebab bagaimanapun itu mereka adalah tamu uang sudah barang pasti harus mentaati peraturan pemerintah tempat balapan dilangsungkan.

Jadwal balap MotoGP 2020 ini bisa dibilang adalah kalender darurat. Dua kali balapan di sirkuit yang sama, secara teknis nanti jumlah orang yang hadir di sirkuit tak boleh lebih dari 1300-an orang. Mereka pun harus menjalani berbagai protokol kesehatan.

meski tetap menggelar balapan tentu pihak penyelanggara tetap mengutamakan 0 kasus agar semua pembalap dan kru yang terlibat di dalamnya tetap sehat tak terpapar virus.

So, kita tunggu saja akan seperti apa teknis balap MotoGP musim 2020 ini. Benarkah jadwal kalender darurat yang direncanakan Dorna ini bisa terselenggara sepenuhnya? Atau mungkin ini hanya sebatas rencana belaka.

Baca juga : Jerez Tuan Rumah Race Perdana MotoGP 2020. Gimana Formatnya?

Yang pasti, kita tunggu saja tanggal 19 Juli mendatang. Sebab direncanakan balapan perdana bakal dihelat di sirkuit Jerez di tanggal 19 Juli kemudian disusul kemudian gelaran kedua pada tanggal 26 Juli 2020 di sirkuit yang sama.

sirkuit Qatar acapkali dilanda hujan lebat saat balap pembuka

FYI, balap grand prix musim perdana tahun 1969 digelar sebanyak 12 kali balapan namun diselenggarakan di 12 negara berbeda. Semoga berguna… (mmz)

2 thoughts on “12 Balap MotoGP Tahun ini. Berikut Lokasi Sirkuitnya

Silahkan Komentarnya Kangbro