Yamaha STSJ Sarankan Periksa Komponen ini Pasca Mudik

Diposting pada

Motomazine.com – Setelah menempuh perjalanan mudik, ada baiknya pemilik kendaraan melakukan pengecekan kondisi kendaraan. Selain untuk melihat kondisi mesin, hal ini dapat membantu konsumen untuk menjaga mesin agar lebih awet. Terlebih perjalanan mudik yang panjang tentu menyebabkan penurunan performa pada mesin kendaraan. Oleh karena itu, penting nya melakukan pengecekan serta perawatan kendaraan setelah selesai mudik agar kondisi kendaraan tetap optimal seperti sedia kala.

Bapak William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengungkapkan, “Pengecekan kendaraan pasca mudik memang perlu dilakukan oleh pemilik kendaraan. Hal ini berguna untuk mendeteksi adanya potensi kerusakan pada komponen-komponen yang penting sehingga bisa segera diganti. Selain itu bisa meningkatkan performa kendaraan juga agar tetap nyaman digunakan ketika dipakai sehari-hari. Paling penting itu memang untuk keamanan berkendara. Jangan sampai abai dengan perawatan kendaraan dan dapat mempengaruhi efektivitas dari berkegiatan sehari-hari.” 

Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat di dilakukan oleh pemilik kendaraan setelah melakukan perjalanan mudik, antara lain: 

1.  Perhatikan kualitas oli mesin 

Komponen oli mesin memiliki peran yang penting dalam menjaga performa mesin kendaraan. Perjalanan yang jauh akan membuat oli mesin lebih cepat kotor maupun habis karena melumasi mesin kendaraan. Oleh karena itu, segera cek kondisi oli mesin motor anda agar kualitas oli dan mesin tetap terjaga. 

2.  Pentingnya pengecekan kampas rem 

Salah satu komponen yang esensial adalah kampas rem. Komponen ini berperan penting untuk menjaga keselamatan berkendara. Kondisi kampas rem yang aus, tentu akan membahayakan para pengendara. Rutin melakukan pembersihan kampas rem dari tumpukan kotoran dapat membantu kinerja rem lebih optimal. 

3.  Memeriksa kondisi ban 

Periksa kondisi pada ban seperti tekanan angin, kondisi telapak ban, hingga velg pada ban. Apabila terdapat benjolan maupun ban yang retak, segera ganti dengan ban yang baru. Jangan sampai kondisi ban yang tidak baik, mengganggu kenyamanan dan keselamatan para pengendara selama dijalan. 

4.  Periksa Rantai maupun Gir kendaraan

Rantai & Gir memiliki peran untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke roda bagian belakang. Segera melumasi rantai menggunakan oli khusus rantai, agar performa rantai tidak aus. Pastikan juga agar rantai tidak dalam kondisi yang kendur maupun kotor. 

Perawatan motor kesayangan juga dapat dilakukan melalui dealer resmi Yamaha terdekat. Dengan perawatan kendaraan yang rutin, performa kendaraan tetap terjaga sehingga pengendara semakin aman dan nyaman dalam berkendara. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini