Honda CRF190L dibawa ke Indonesia? Buat Apa?

Diposting pada

Motomazine.com – Lagi heboh diĀ  jagad maya perotomotifan tanah air yakni Honda CRF190L. Motor bergenre adventure ini punya garis desain bak embahnya, CRF1100L Africa Twin. Mulai dari half-fairing, bodinya yang jenjang, sampai velg jari-jari, semua dijabanin biar mirip si Africa Twin. Dengan desain yang cukup menggoda ini, banyak yang akhirnya berharap Honda dalam hal ini AHM sudi memasukkan si CRF190L ke tanah air. Eits, tapi tunggu dulu. Se-urgent itu kah? Bagaimana serapan pasarnya nanti? Worthed gak sih?

Kalau bicara worthed gak worthed, AHM adalah pabrikan yang luput dari itu. Yaps, mereka besar. Dan kalau pengen jualan sesuatu, yawes jual saja. Ambil contoh saja si Super Cub C125, Honda Monkey juga. Kalau bicara motor 250cc ke atas jelas punya pangsa pasar tersendiri. FORZA, CBR600RR, sampai CBR1000RR-R tentu tak bisa kita samakan dengan kelas-kelas 150cc hingga di bawah 250cc. Itulah kenapa mmz hanya menyinggung Monkey sama Super Cub saja.

Back to Honda CRF190L. Motor ini punya basic desain untuk mitra berpetualang. Bodinya jenjang dengan half-fairing dan windshield tinggi untuk melindungi pengendara dari terpaan angin. Bodi dari tangki sampai buritan juga didesain slim guna memudahkan rider saat harus mengontrol motor di jalanan yang terjal, berpasir atau berlumpur.

CRF190L sendiri baru akan hadir di China sana. Basis mesinnya sama kayak CB190R yakni 4-tak 184cc SOHC 5-percepatan. Mesin ini mampu muntahkan power sekitar 11,7 kW dan torsi 15 Nm. Tangki bahan bakar mampu menampung bensin hingga 13,5 liter.

Untuk kaki-kaki, roda depan pakai lingkar velg 19 inch sementara roda belakang pakai velg 17 inch. Kebayang tingginya? Yawes bayangin CRF250Rally saja.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, jika dibawa ke Indonesia, mau dijual ke siapa itu motor? Sebab tren biker Indonesia saat ini sudah makin bergeser. Tagline ‘semua akan matic pada waktunya’ sepertinya semakin terbukti. Jadi daripada menghadirkan motor yang entah bakal nyerap berapa pembeli saja, mending fokus ke matic.

ADV160 dengan nama Forza160 misalnya, atau matic-matic lain yang kiranya mampu diserap. Sebab motor sport sekarang ini makin mengerucut ke hobi belaka. Bahkan di tempat mmz tinggal, anak-anak SMA zaman now udah gak mau loh dibeliin motor sport fairing kondisi gres dari dealer. Karena pasti bakal diejek. Yeay anak mami, yee anak mama.

Jadi menurut hemat saya, halah, kecil sekali kemungkinannya si CRF190L dibawa ke Indonesia (cmiiw). Semoga berguna (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini