Impresi Test Ride New Honda CB150X. Bisa Pecicilan!

Diposting pada

Motomazine.com – Akhirnya motomazine mendapat kesempatan melakukan test ride New Honda CB150X. Acara bertajuk Riding Experience ini diprakarsai oleh PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Distrubutor Honda Jatim. Acara sendiri mengambil tempat di sirkuit Learning Center Honda MPM yang berlokasi di Sedati Sidoarjo. Sebuah tempat yang sungguh sangat tak asing lagi buat motomazine karena emang sering banget event ke sini. Yang pasti satu yang bisa mmz tarik dari si New Honda CB150X ini adalah bisa pecicilan! Kok pecicilan? Bukannya ini motor touring ngab? Halah

Seperti biasa mmz akan membahas lengkap berbagai sisi dan impresi yang sering banget menjadi pertanyaan pemirsa semua. Yang paling sering menjadi pertanyaan tentu saja ergonomi. Yaps, si New Honda CB150X ini tergolong motor touring dengan travel suspensi panjang sehingga membuatnya ‘jinjit’. Tinggi tubuh berapa yang bisa menapak sempurna akan kita bahas di sini.

Langsung saja yes!

1. Ergonomi

Pertama yang akan kita review adalah ergonomi. Untuk mmz tentu New Honda CB150X ini tak memberikan pekerjaan rumah lebih. Dengan kata lain buat mmz yang bertinggi tubuh 178 cm dengan bb nembus 82 kg, wkwkwk.. lemu rek πŸ˜† saya bisa menapakkan kaki dengan sempurna di tanah, aspal atau apalah itu. Pokoknya no jinjit-jinjit.

Ada juga tiga teman yang coba nunggang si New CB150X ini antara lain bertinggi tubuh 172 cm, 168 cm dan 165 cm. Bagaimana bentukan mereka saat duduk di atas pelana si Honda CB150X ini? Bisa sampean cek di youtube channel motomazine. Sudah saya ulas di sana.

Untuk posisi tangan dan tubuh tentu saja saya bisa duduk dengan tegak, tangan mencapai stang dengan sempurna dan relax. Sedikit nekuk tanpa adanya kesan sulit sama sekali. Bener, untuk tubuh jenjang motor ini memang terasa pas. Tapi untuk yang mungil sampean mungkin butuh sedikit effort dalam mencapai stang. Tapi tenang saja. Saat motornya sudah jalan, posisi ridingnya enak kok. Santai… motor touring banget lah pokoknya.

2. Performa

Bicara performa tentu saja kita akan membahas respon mesin dan tetek bengeknya. Saya gak akan banyak membagi dalam kategori-kategori tertentu. Cukup sampean tarik kesimpulannya seperti apa. Yawes kurang lebihnya begitu.

Mesin Honda CB150X ini mengambil basic milik CB150R. Secara rasa, tarikan, respon mesin, raungan, engine brake, wes sama semua. Yang membedakan adalah sampean seakan ditarik untuk merasakan pemandangan berbeda dari subjek yang sama.

Secara look dari pengemudi si New CB150X ini emang beda banget. Berasa banget kesan motor touringnya. Gede dengan side cowl di kanan-kiri sekaligus windshield yang tinggi. Stang baplangnya menambah kesan gagah buat sampean yang nyemplak motor ini.

Masalah perseneling yang kemarin sempat jadi bahan gorengan di FB, tidak saya temui sama sekali di CB150X yang saya test ini. Gigi perseneling lancar, dari N ya ke 1, masuk ya ke 2. Sempat sih sekali nyantol ke N pas peralihan dari 1 ke 2, tapi itu wajar dan normal untuk kita yang gak mempersiapkan sepatu khusus riding. “Kalau ada QS nya gak bakal begitu ngab!” Uomongo DeWe.

3. Suspensi dan pengereman

Ini yang selanjutnya menjadi poin penting yang menjadikan New Honda CB150X bisa diajak pecicilan. Sayang kemarin pas test ride kita hanya dihadapkan dengan trek aspal plus sedikit jendulan pengejut. Akan lebih saik kalau disediakan juga semacam gundukan setinggi 80 cm lah, eh bercanda, 30 cm lah, supaya kita bisa sedikit menerbangkan motor ini untuk mengetahui perilakunya saat kembali mendarat ke tanah.

Itu pertama, kedua untuk menguji suspensi depannya. Suspensi depan USD SFF-BP yang disematkan pada New CB150X ini memang bekerja bagus. Namun saya juga penasaran gimana kekuatannya jika diajak menghajar jalan yang lebih ganas. Sesuai peruntukkannya menurut netijen +62. Motor touring ya dibawa ke jalan dua alam. Begitu kira-kira.

Tetapi secara feel pas saya melakukan test ride kemarin, suspensi depannya pas. Gak terlalu empuk, gak terlalu keras juga. Saya sebenarnya suka suspensi yang lebih stiff. Kenapa? handlingnya bakal enak banget. Dan ini terbukti di New Honda CB150X ini. Meski bodinya dangak, tapi motor ini lincah dan punya agility yang baik. Terhenyak sih. Karena motor ini kan punya wheelbase panjang, sedikit lebih panjang dibanding CB150R. Jadi saya mikirnya bakal kedodoran saat dipake nekak-nekuk. Eh ternyata enggak. Video lengkapnya sudah tayang di youtube motomazine juga.

Untuk pengereman karena masih memakai sistem pengereman biasa yang lagi-lagi sama kayak CB150R, yawes feelnya sama. Presisi, pakem, cuman buat sampean yang suka nginjak rem belakang dalam-dalam, nah berhati-hatilah karena bisa ngesot.

Overall itu sih impresi test ride New Honda CB150X yang bisa mmz kabarkan untuk sampean, pemirsa yang budiman. Intinya buat sampean yang suka berpetualang, nunggang motor sport dangak dengan front cowl gede dan ada duck fender, Honda sudah ngasih jawaban, New CB150X.

Secara harga juga tidak termasuk overprice. New Honda CB150X standar dijual seharga Rp33.385.000 dan untuk versi SE nya dijual Rp33.885.000 OTR Jatim.

Jadi buat sampean yang saat ini tengah mencari referensi buat ngeboyong New CB150X ini ke rumah, bolehlah artikel ini sampean jadikan patokan. Yang pasti kalau emang suka ya beli. Apapun itu produknya, pasti gak akan ada yang sempurna. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Bijaksana dan apa adanya, atau keseringan menggoreng untuk dijadikan bahan ghibahan belaka. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini