Resiko Hard Braker, New CB150R minta jajan Konis!

Diposting pada

Motomazine.com – Si Sabri, Honda CB150R tunggangan mmz akhirnya minta jajan. Yaps, setelah beberpaa bulan lalu si Sabri minta jajan paket final gear (rantai plus sproket), kalo ini doi udah minta jajan konis alias komstir. Bisa jadi ini karena ulah mmz sendiri yang suka hard brake, atau memang sudah waktunya ganti. Wong memang sudah 5 tahunan tuh Sabri nemenin ane.

Oke kita bahas saja langsung proses dan harga penggantian konis New Honda CB150R. Setidaknya ini bisa sampean jadikan patokan jikalau suatu saat sampean mau ngeganti konis juga. Bahkan untuk Honda CBR150R (sebelum USD) sepertinya harganya juga akan mirip-mirip.

Sehabis gawe saya langsung melipir ke salah satu bengkes AHASS di kota saya. Kenapa milih AHASS? Ya karena ingin merontokkan stigma bahwa kata-kata mas-mas AHASS itu memedenkan.

Gampangnya gini loh om. Motor itu, kalau partnya memang sudah gak enak, yawes ganti saja. Jangan melulu diakalin yang akhirnya justru akan menghadirkan potensi bahaya. Ingat, sepeda motor larinya gak kayak sepeda pancal. Sekalinya itu part mendadak gagal, bisa fatal akibatnya.

Jadi berpegang pada prinsip itu, halah, mmz putuskan mampir ke AHASS. Terlebih ada kenalan di sana. Jadi yawes enak aja gitu.

Oh ya buat sampean yang penasaran gejala awal bahwa sebuah motor, dalam hal ini CB150R terkena konisnya adalah, muncul suara aneh, semacam “klok-klok” dari area T depan saat motor menghajar jalanan rusak. Mirip suara cover plastik yang kendor, cuman ini suaranya lebih renyah dan jelas.

Gejala kedua adalah, saat sampean pakai lepas stang, itu stang akan geter, geyal geyol luar biasa. Oke… Mungkin faktor ban yang mulai gundul, tapi kalau kondisi ban depan masih bagus, percayalah, itu konis sampean yang kena.

Masuk ke bengkel sekitar pukul setengah 2 siang, motor baru dipegang jam 2 siang. Antri om. Setelah mekanik mencoba motor sejauh beberapa ratus meter, diputuskan bahwa memang konisnya minta ganti. Yawes ganti saja.

Konis Honda CB150R punya kode part C6535KTR900. Harga yang tertera Rp103.500,-. Gak mahal-mahal banget ternyata. Pengen ganti komstir bambu sih awalnya, cuman entah kenapa males aja musti nyari-nyari partnya.

Motor naik ke pit dan pengerjaan pergantian konis CB150R ini memakan waktu sekitar sejaman. Pukul sana sini, oles sana sini, dan akhirnya komstir baru pun terpasang.

Impresinya setelah ganti konis? Yawes suara klok-klok nya hilang. Stang kembali anteng dan yang pasti motor lebih aman dan nyaman dikendarai. Sebenarnya masih bisa itu setelan konis dikencangkan. Tapi ya efeknya… Stang akan terasa berat yang hasilnya kemudi terasa ‘ngeplek’ gak enak.

Biaya pasangnya Rp53.000,-. Jadi total harga konis plus ongkos pasangnya adalah Rp156.500,-. Sangat ramah di kantong.

So, kalau memang sudah waktunya ganti konis, ganti saja langsung. Daripada kenapa-kenapa. Murah juga kan? Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini