Review 200 Km Pertama Oli Motul 5100 di Honda CB150R

Diposting pada

Motomazine.com – Tiba saatnya ganti oli. Yaps, Honda CB150R besutan motomazine sudah waktunya ganti oli. Sudah 3000 km berjalan, dan memang saya terbiasa untuk melakukan penggantian pelumas pada rentang 2500 sampai 3000 kilometer. Khusus kali ini mmz penasaran dengan Oli yang menjadi penyokong beberapa tim MotoGP. Yaps benar banget, Motul. Pilihannya jatuh ke Motul 5100 10W40. Sebenarnya pengen ngasih review setelah oli masuk ke bak mesin, cuma mmz putuskan untuk merasakan barang beberapa kilometer. Dan saat ini sudah nembus 200 kilometeran, pas lah buat ngasih review bagaimana performa pelumas Motul 5100 10w-40 ini di Honda CB150R.

Feeling pertama yang mmz rasakan setelah mengganti Oli dari Motul ini adalah mesin berputar dengan lebih enteng. Sedikit bias memang, karena setiap kali melakukan penggantian pelumas baru si mesin pasti berputar dengan lebih enteng. Tapi untuk yang ini rasanya berbeda. Lebih halus aja gitu.

Itu pertama… Kedua, saat mulai menjalankan sepeda motor, mesin meraung dengan lebih enteng, agak kasar sedikit memang, karena olinya yang termasuk encer (10w-40). Tapi itu hanya feeling awal. Sekarang, saat odometer sudah menyentuh 200-an kilometer, feeling putaran mesin jadi lebih halus. Perpindahan gigi juga berjalan lebih mulus, “jlep”, enak aja gitu. Bisa pas dengan timing saat menarik tuas kopling. Bersih tanpa ada gejala slip.

Ketiga, akselerasi berasa berbeda. Lebih enteng. Asli berasa banget bedanya dengan sebelum pakai oli Motul 5100 ini. Untuk mencapai torsi optimal berasa lebih enak. Cepet tapi gak sampai nabrak limiter. Buat sampean yang demen menikmati raungan mesin dan pasnya pengoperasian pindah gigi, pasti menikmati sekali momen yang satu ini.

Hari-hari pun berasa lebih enak daripada biasanya. Si Cb150 bekerja dengan lebih optimal. Mesin halus, akselerasi nampol, dan perpindahan gigi juga minim terjadi slip. Kalau dari 1 nyantol ke netral kayaknya wajar ya… Apalagi kalau sampean pakai sepatu pantofel yang mengkilat abis. Pasti sayang mau nyongkel tuas perseneling keras-keras. Nah di situlah biasanya terjadi missing.

Sekilas Oli Motul 5100 10w-40

  • Application          : Engine lubricants
  • Engine Type        : 4-Stroke
  • Quality                 : Technosynthese
  • Product Range    : Motorcycle
  • Viscosity              : 10W-40
  • API Standards     : API SL/SJ/SH/SG
  • JASO Standards : JASO MA M033MOT055

Untuk  urusan top  speed gak banyak perbedaan sih. Toh juga mau ngebut di mana. Yang penting motor jadi lebih responsif, enak buat stop and go, mesin halus dan minim missing perseneling juga vibrasi yang jauh berkurang itu akan membuat feeling berkendara juga lebih baik. Muaranya konsentrasi dan keamanan dalam berkendara juga lebih terjaga. Oh ya, sebelumnya mmz pakai oli XTen dari Planet Ban. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

1 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini