Tips Pilih Oli yang Tepat Hindarkan Oli Palsu ala STSJ

Diposting pada

Motomazine.com – Oli merupakan salah satu komponen yang berperan untuk membantu kinerja mesin agar tetap maksimal. Pemilihan oli yang tepat juga mempengaruhi performa mesin pada kendaraan. Sebab, salah satu penyebab penurunan performa mesin adalah kualitas oli yang sudah tidak baik. Oleh karena itu, pemilihan oli kendaraan tidak boleh sembarangan agar kualitas dan performa mesin tetap terjaga. 

“Kami menganjurkan bagi pemilik sepeda motor untuk menggunakan oli YAMALUBE yang sudah terjamin keaslian dan kualitasnya. Hal yang harus diperhatikan oleh konsumen yaitu saat ini marak beredar di pasaran oli palsu. Oli YAMALUBE yang asli dapat dibeli di dealer atau bengkel resmi Yamaha,” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part Yamaha STSJ. 

Ilham menuturkan cara memilih oli motor yang tepat, sebagai berikut:

1.  Pastikan untuk memilih oli motor yang sesuai dengan spesifikasi pabrik. Cek petunjuk manual kendaraan guna memastikan jenis dan viskositas yang direkomendasikan. 

2. Cari oli dengan standar kualitas yang tinggi, seperti API (American Petroleum Institute) atau SAE (Society of Automotive Engineers). Nomor API ynag lebih tinggi menunjukan kinerja yang lebih baik. 

3. Perhatikan kondisi iklim dan suhu di daerah sekitar. Sebab, oli motor dengan viskositas yang tepat akan memberikan perlindungan yang optimal dalam berbagai kondisi cuaca. 

4. Pastikan kebutuhan khusus kendaraan terpenuh. Seperti mesin dengan kilometer tinggi atau mesin dengan performa tinggi. Terdapat oli khusus yang dirancang untuk memberikan perlindungan tambahan ketika motor dalam kondisi tersebut. 

5. Jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa oli sebelum membeli. Sebab, oli yang sudah kadaluarsa dapat mengurangi efektivitas dan perlindungan oli. 

6. Lakukan konsultasi dengan Mekanik atau ahli oli motor jika memiliki keraguan. 

7. Perawatan oli secara berkala juga dianjurkan termasuk penggantian sesuai jadwal yang ditentukan. Kondisi oli yang baik dapat memperpanjang umur mesin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

“Untuk oli Yamalube, konsumen dapat melakukan pengecekan keasliannya dengan menyobek label oli Yamaha dan melakukan scan barcode yang sudah ada. Jadi sudah tidak perlu diragukan lagi keaslian oli Yamalube ini,” tambah Ilham. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini