WSBK: Catatan Laptime Tom Sykes Kejutkan Banyak Pecinta MotoGP

Diposting pada

image

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Gelaran tes privat tim-tim MotoGP seperti Honda dan Ducati di sirkuit Jerez kemarin ternyata tidak berlangsung sendirian. Pasalnya beberapa tim WSBK juga ikutan nimbrung melakukan tes di sirkuit yang sama. Dan hasilnya, komparasi laptime Tom Sykes kejutkan banyak pecinta MotoGP.
Kenapa bisa demikian masbro? Jelas penyebabnya adalah karena di hari terakhir tes Tom Sykes pebalap Kawasaki WSBK ini mampu mendobrak laptime 1’39.313. Loh, bukannya ini masih jauh jika dibandingkan laptime Lorenzo saat sesi free practice di sirkuit yang sama dan mampu tembus 1’38.3xx detikan?
But, tunggu dulu… Laptime Lorenzo diperoleh dengan motor prototype dengan ban Bridgestone dan ECU pabrikan. Tetapi sebenarnya bahasan kita bukan itu. Oke, anggap saja ini sebagai komparasi awal. Komparasi sesungguhnya adalah saat dimana Marc Marquez dan Dani Pedrosa juga ikut menjalani tes privat di Jerez bersamaan dengan tim-tim WSBK.
Marquez si baby alien pengendara RC213V versi 2016 dengan ban Michelin dan ECU tunggal produksi Magneti Marelli itu hanya mampu mendobrak waktu di angka 1’39.170 saja. Itupun diperoleh Marc dengan dua kali crash karena mendorong motor terlalu keras.

image

Jika kita menilik pada laptime Sykes yang mampu tembus 1’39.313 otomatis keduanya hanya berselisih +0.2 detikan saja. Weleh.. Serius? Iya..memang benar masbro. Sykes yang mengendarai Kawasaki ZX-16R produksi massal dengan sentuhan modifikasi dan ban Pirelli mampu menempel ketat catatan waktu motor prototype MotoGP yang notabene disemplak pebalap yang tak bisa dianggap remeh dalam kancah MotoGP tersebut.
Bahkan jika bro dan sis cermati laptime Sykes ini mengalahkan catatan waktu Pedrosa di angka 1’39.40 detikan dan Iannone dengan Desmosedici GP15 nya di angka 1’39.6 detikan. Sungguh sebuah prestasi yang patut diacungi jempol.

image

Nah..  Menilik hasil ini tentu sedikit banyak kita akan sudah bisa menebak jalannya MotoGP musim depan masbro. Kenapa? Jelas.. Dengan ban Michelin dan ECU seragam catatan laptime MotoGP turun hingga 1 detikan. Bahkan bisa dikalahkan oleh laptime motor WSBK yang notabene motor produksi massal. Artinya, ke depan MotoGP akan semakin kompetitif. WSBK pun semakin menarik untuk ditonton. Sebab kecepatannya yang sudah mampu menyamai kecepatan motor-motor MotoGP.
Jika sudah begini siapa yang untung? Siapa lagi kalau bukan Carmelo Ezpelata dan Dorna (MMz/red)

image

Related Posts:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini