MotoGP: Kehilangan “Hak Istimewa” Suzuki ingin Fokus pada Pengembangan Mesin

andrea-iannone-motogp-suzuki-jerez-test

Suzuki fokus pada pengembangan mesin bersama Iannone untuk musim 2017

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Pasca menjalani tes IRTA yang digelar di Valencia beberapa waktu lalu, rupanya tim Suzuki Ecstar MotoGP bersama pebalap barunya, Andrea Iannone dan Alex Rins mulai mendapatkan kepastian mengenai langkah yang akan diambil pada balap musim 2017 mendatang. Kehilangan “hak istimewa” yang disandang Suzuki pada musim ini, mereka bertekad hanya akan fokus pada pengembangan mesin GSX-RR yang saat ini dinilai sudah cukup mumpuni.

Hak istimewa atau status consessions yang diterima Suzuki merupakan hadiah dari Dorna agar pabrikan berlambang “S” ini mampu tampil kompetitif demi meramaikan kancah balap MotoGP yang semakin didominasi oleh Yamaha dan Honda saja. Dan terbukti, melalui pebalap muda bertalenta, Maverick Vinales, Suzuki berhasil merengkuh beberapa podium serta mempersembahkan satu podium kemenangan bagi Suzuki. Akibat akumulasi perolehan poin tersebut akhirnya Suzuki harus rela kehilangan status concessions yang disandangnya.

Akibatnya, kelonggaran penggunaan 9 mesin dalam satu musim, kebebasan mengembangkan (men-develope) mesin saat musim balap bergulir, serta kebebasan melakukan pengetesan pun dibekukan. Mulai tahun depan, seperti tim factory lainnya, Suzuki hanya diberikan jatah 7 mesin saja dalam setahun, 22 liter bahan bakar di setiap race dan 5 kali pengetesan resmi, terhitung mulai dari Valencia, Jerez, Sepang, Phillip Island dan Qatar.

Yakin dengan pebalap barunya, Davide Brivio sang manajer tim pun mengungkapkan keoptimisannya bersama Andrea Iannone. Pria Italia yang pernah memanajeri Valentino Rossi ini menyebutkan Iannone hanya butuh adaptasi lebih saja dalam menunggangi GSX-RR. Perubahan karakter mesin dari layout V ke model inline mau tidak mau harus dibiasakan agar Iannone lebih bisa mengeksplor tenaga bawah tunggangannya untuk membuat GSX-RR tak kehilangan banyak momentum.

“Kita raih hasil bagus seharian bersama Andrea. Setelah kehilangan status concessions kami ingin menghemat hari testing untuk masa depan sehingga kami tidak mengijinkan dia geber motor lebih lama. Tujuan kami disini tidak untuk mengejar fastest lap namun mempersilahkan Iannone meningkatkan feelingnya diatas mesin GSX dan membantu kami untuk pengembangan selanjutnya”, Tutur Brivio.

mgpdavide-brivio

Davide Brivio yakin pada mesin GSX-RR sekarang dan Iannone

Di Jerez Suzuki mengakui hanya fokus pada mesin  yang sudah ada. Mereka mengatakan jika tak ada rencana membuat mesin baru. Dengan mesin GSX-RR sekarang ini mereka sudah cukup percaya diri meraih hasil terbaik. Praktis, ke depan mereka hanya akan mengembangkan mesin sekaligus mengatur settingan terbaik guna membuat GSX-RR lebih cepat lagi di trek.

“Kita tidak mengembangkan mesin baru di 2017 dan hanya melakukan evolusi engine sekarang. feedback dari Iannone kami tampung….seluruh pengalamannya dicurahkan disana. Kami harus berterima kasih atas konstribusinya. Bersama test rider kita Tsuda kita fokus mengumpulkan data untuk pengembangan elektronik dimasa depan”, Tutup Brivio..

image

Aksi Iannone saat melibas tikungan di tes IRTA Valencia, bukti sasis Suzuki memang jempolan

Last, keberanian Suzuki untuk menggaet Andrea Iannone sepertinya menjadi senjata bagus buat mereka pasca melepaskan Vinales ke pelukan Yamaha. Pebalap berjuluk “The Maniac Joe” rasanya cukup tepat membawa GSX-RR ke depannya. Keberanian serta agresifitasnya tentu tak dapat diragukan lagi. Terbukti, di Valencia ia mampu meladeni dan bahkan mengalahkan Valentino Rossi, saat dia menunggangi Ducati. Motor yang notabene tak selincah Suzuki sekalipun. Pasca tesn Valencia sekalipun, Iannone juga mengungkapkan  kekagumannya pada Suzuki, dimana pebalap bernomor start #29 ini mengatakan jika Suzuki adalah motor dengan sasis terbaik… So, kita tunggu saja bagaimana kiprah Suzuki tahun depan. Mampukah mereka berbicara di barisan terdepan..? (MMz)      

==============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi informasi? Kirim saja ke:
• motomazineblog@gmail.com

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di motogp dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

21 Balasan ke MotoGP: Kehilangan “Hak Istimewa” Suzuki ingin Fokus pada Pengembangan Mesin

  1. klikenter27 berkata:

    mungkin ada kaitannya dengan reputasi SUZUKI yang selalu bikin motor dengan sasis paling ringkas, seperti klan GSX-R yang selalu punya jarak sumbu roda terpendek di kelasnya, yaaa… entahlah..

    Suka

  2. Mase berkata:

    Wah kasihan sekali

    Disukai oleh 1 orang

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s