Dovisiozo Mengaku Puas dengan Kinerja Fairing Baru Ducati Desmosedici GP17

Fairing terbaru DesmoDovi 2017

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Salah satu teka-teki yang ditunggu oleh para penikmat, pengamat sekaligus kompetitor di kelas MotoGP akhirnya menunjukkan jawaban pasti. Tim merah Ducati yang seakan dengan sengaja menyimpan desain fairing terbaru mereka, akhirnya menampilkan fairing terbaru tersebut pada hari kedua tes pramusim Qatar 2017 Sabtu kemarin.

Berbeda dengan fairing milik Yamaha, kali ini Ducati mendesain fairing depannya lebih mirip seperti milik Aprilia yang dites di Phillip Island beberapa waktu lalu. Di sisi kiri dan kanan fairing diberikan lubang udara, aslinya winglet terintegrasi untuk mensiasati pelarangan winglet eksternal yang disahkan Dorna pada akhir musim 2016 lalu.

Jika diperhatikan, fairing milik Desmosedici kali ini lebih mirip seperti moncong mobil-mobil balap F1. Dengan hidung menyendiri dihiasi air ram, disertai part pembantu aerodinamika layaknya winglets. Dan ditanya perihal fairing terbaru tersebut, pebalap Ducati Andrea Dovisiozo yang didaulat mengetes langsung piranti baru tersebut mengungkapkan kepuasannya. Pebalap Italia bernomor start #04 tersebut mengatakan jika piranti fairing terbaru dari Ducati ini memberikan efek yang identik dengan winglet yang ia gunakan di musim lalu.

“Aku rasa kinerja fairing ini kurang lebih dan cenderung sama dengan winglet di musim lalu. Itu memberikan efek downforce yang baik sehingga membantu akselerasi ketika keluar tikungan. Kami lebih berani dalam membuka gas karena efek antiwheelie yang bekerja secara signifikan”, tuturnya.

Memang belum jelas kinerja fairing mana yang dimaksud Dovi. Sebab, selama musim 2016 bergulir, total Ducati telah berganti model winglet sebanyak 3 kali (cmiiw).

Fairing terbaru Ducati Desmosedici GP17 Qatar Debut

Namun dari komentar Dovi, sepertinya Ducati memang boleh sedikit lega. Pasalnya Dovi sendiri mengakui jika ia sama sekali tak pernah membayangkan akan seperti apa model dari fairing terbaru Ducati.

Dan masih dari sumber yang sama, Duati kemungkinan tak akan lagi memamerkan fairing tersebut. Terutama di tes-tes mendatang. Apakah ini sebuah strategi Ducati yang berarti mereka masih memiliki rancang bangun desain fairing yang lain? Sebab selama fairing tersebut belum digunakan untuk membalap di race perdana Qatar nanti, artinya masih terbuka lebar kesempatan untuk merubah desain fairing baru untuk kemudian diserahkan kepada pihak RD demi mendapatkan persetujuan. 

Dovi on action bareng Desmo GP17 new fairing

Belum juga jelas apa isi dibalik salad box Ducati, kini mereka malah hadir dengan fairing baru fenomenal ala-ala moncong F1… (MMz) 

  • Baca juga

===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • motomazineblog@gmail.com
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di balap, motogp dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Dovisiozo Mengaku Puas dengan Kinerja Fairing Baru Ducati Desmosedici GP17

  1. klikenter27 berkata:

    kayaknya sementara yang masih ‘normal cap konvensional’ suzuki dan honda, dimana masih sebatas mengandalkan air ram agak menghadap ke bawah, he3

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s