Ducati Terjepret sedang Tes Jalan Motor yang disinyalir Bermesin V4. Ada Hubungannya kah dengan MotoGP?

ducati-v4-superbike-006.jpg

Motomazine.com – Salam safety riding masgan… Diam namun terus berproses, sebuah foto yang menampakkan sesosok motor mirip Ducati Panigale tengah dites jalan oleh seorang tester rider. Bersumber dari majalah internasional kenamaan Motorcyclenews, motor ini disinyalir adalah produk terbaru Ducati yang pada akhirnya bermesin V4.

Yup, selama ini Ducati memang terkenal dengan motor-motor sport dengan mayoritas berkonfigurasi mesin L. Sebut saja Ducati Panigale, dan bahkan Desmosedici GP series sekalipun. Namun semakin ke sini, rupanya Ducati mulai tertarik untuk mengembangkan mesin baru dengan konfigurasi V. Dengan memakai derajat sudut yang lebih kecil (biasanya 75 derajat) maka pengaturan terhadap weight distribution sebuah motor tentu lebih mudah untuk dilakukan.

00c1a891637a2766ae573d7aa210de67

Sasis monochoque dan mesin Panigale Superleggera

Berkaca pada masalah ini sepertinya kisah Rossi dengan Ducati (2011-2012) sudah cukup jelas menjadi pembelajaran. Demosedici yang terkenal ber-speed badak sangat susah dicari titik seimbangnya akibat derajat sudut mesin yang terlalu lebar danmemakan tempat. Bahkan jika anda pengikut setia kisah MotoGP, dulu bersama Burgess Rossi sempat meminta mesin baru berkonfigurasi V 75 derajat (cmiiw).

sasisgpzero_1

Sasis dan mesin Desmosedici GP12

Nah, melihat hal tersebut bisa saja Ducati bergerak sigap dengan melakukan pengujian mesin baru berkonfigurasi V4 untuk persiapan MotoGP musim-musim mendatang. Namun untuk urusan ini belum bisa dipastikan kebenarannya loh masgan.. Bisa saja Ducati memang ingin menciptakan motor sport harian baru dengan mesin yang sama sekali baru, bahkan mengusung frame yang bisa saja berbeda.

Berbicara masalah sasis, masih dari sumber yang sama, bahkan MCN sudah berani menyebut bahwa motor yang terspyshot ini menggunakan frame baru. Jika Panigale terkenal dengan sasis monochoque-nya, maka di motor terbaru yang bakal mengusung mesin dengan konfigurasi V ini, Ducati juga akan membenamkan sasis berbentuk twin spar parimeter. Kalau istilah di Yamaha Deltabox.

Oh ya, desas-desus perihal mesin V4 ini sejatinya sudah berhembus sejak beberapa bulan lalu. Direktur balap Ducati Paolo Ciabatti bahkan juga pernah berujar dan tak menampik jika mereka memang tengah melakukan riset terhadap mesin V4 dengan kubikasi entah 1000cc atau bahkan 1200cc. Mengenai peruntukannya juga belum jelas. Sebab tim balap WSBK mereka akan tetap masih menggunakan Panigale setidaknya hingga tahun 2018 mendatang.

ducati-v4-superbike-010_1.jpg

So… hingga saat ini memang belum diketahui apakah Ducati bakal benar-benar merilis motor baru (mirip Panigale) dengan mesin berbeda namun menawarkan power dan handling yang lebih mumpuni, atau bahkan tengah ada agenda tersendiri dari Ducati untuk kembali mendominasi balap dunia layaknya ketika tim yang berasal dari Borgo Panigale ini mengontrak Stoner dari 2007 hingga 2010 silam.. Monggo silahkan kalau ada informasi lebih jauh masgan.. Yang pasti Ducati tak menyebut motor ini sebagai Desmosedici… (MMz)

===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di balap, motogp, New Bike, Tak Berkategori dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ducati Terjepret sedang Tes Jalan Motor yang disinyalir Bermesin V4. Ada Hubungannya kah dengan MotoGP?

  1. Dwi Wendy berkata:

    Oo..ternyata pakai rangka monokok bkn twinspar. Kirain…
    Permisi gan…numpang titip lapak. Matur nuwun.

    https://motorbloginfo.wordpress.com/2017/07/06/yamaha-masih-pimpin-klasemen-konstruktor-motogp-2017-honda-tempati-runner-up/

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s