Plat Nomor CBR250RR ada di Jidat. Fungsi memang lebih Penting Ketimbang Estetika Semata

image

Plat nomor depan CBR250RR ada di jidat

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Setelah lama menjadi motor versi prototype, akhirnya per hari ini, All New Honda CBR250RR benar-benar telah menjadi motor massal dengan diterjunkan dan ditest ride langsung di jalan raya oleh beberapa konsumen terpilih beserta awak media dalam event #CBR250RRRidingExperience to Bali. Yup, karena memang digunakan di jalan raya sudah sepantasnyalah jika motor ini harus mengenakan berbagai kelengkapan kelayakan sebuah sepeda motor seperti spion, sein dan plat nomor tentunya. Baik plat nomor depan maupun belakang.

image

Nah, dari munculnya beberapa foto mengenai penempatan plat nomor depan pada CBR250RR inilah yang menimbulkan sebuah polemik baru. Iya… Apalagi kalau bukan itu.. Plat nomor di jidat (atas headlamp) dipandang mengganggu dan mengurangi nilai estetika atau kegantengan sang motor. Namun kembali lagi, sebelum motor benar-benar keluar dari pabrik dan dipasarkan secara resmi, sang developer atau perancang desain tentu sudah cukup mumet dalam memutuskan senti per inchi mengenai detail sepeda motor yang hendak dibuat. Pun dengan penempatan plat nomor (TNKB) dalam hal ini milik All New Honda CBR250RR.


Keputusan akhir hingga mereka menempatkan dudukan plat nomor di jidat All New Honda CBR250RR tentu bukan tanpa alasan. Yup, apalagi kalau bukan alasan fungsionalitas dari keseluruhan motor itu sendiri bro sis.. Jika bro sis mau melihat lebih detail ke area depan dari si CBR250RR ini, di sana (tepatnya area bawah headlamp), memang nyaris tak ada celah lagi untuk menempatkan dudukan plat nomor. Toh jika dipaksakan, pada akhirnya posisi plat nomor ini nantinya pasti akan sangat mengganggu kelancaran pasokan udara yang dibutuhkan untuk membantu mendinginkan radiator. Ingat area di bawah headlamp CBR250RR dimana muncul dua buah part yang covernya mirip winglet MotoGP? Nah, part itulah yang dijadikan semacam lubang air ram yang berfungsi menangkap aliran udara dari depan untuk membantu mendinginkan radiator. Jika AHM memaksakan untuk menaruh plat depan di sana (bawah headlamp), maka otomatis kinerja air ram ini akan terganggu. Dengan power maksimal tembus di angka 38,7 PS/12.500 rpm dan torsi puncak sebesar 23,3 Nm/11.000 rpm tentu mesin motor akan sangat mudah panas. Apalagi kala motor sering digeber pada kecepatan tinggi. Daripada overheat kan lebih baik sedikit mengorbankan sisi estetika untuk mengejar fungsi semaksimal mungkin kan..? Lagian ini motor seperempat liter masbro, yang selain beringas, juga sudah didesain dengan bentuk yang ciamik dan agresif. Jadi saya rasa dengan posisi plat di atas headlamp itu sama sekali tak akan mengurangi kegantengan motor, apalagi anda.

image

Area sempit di bawah headlamp CBR250RR

Sebab berkaca dari pengalaman MMz sendiri, dahulu kala saat memelihara Sinchan aka NVL, dudukan plat yang berada di visor juga MMz pindahkan ke bawah headlamp, dengan memakai dudukan aftermarket merk “K” yang cukup terkenal di pasaran. Posisi plat sangat landai dan bahkan nempel ke janggut headlamp. Jadi MMz pikir posisi itu tak akan menggangu pasokan udara ke radiator. Namun ternyata, setiap motor diajak sprint, tiap jarak menyentuh angka 14-an kilometer, secara otomatis kipas radiator pasti langsung menyala. Hal ini tentu mengindikasikan jika radiator memang lebih cepat panas dari semestinya. Padahal estimasi MMz, kipas radiator tak akan menyala secepat itu..

image

So, benar kiranya jika mengejar fungsionalitas jauh lebih bermanfaat daripada hanya mengejar keindahan semata. Kalau disuruh milih sih tentu kita maunya dapat keduanya. Ya indah ya berfungsi secara maksimal. Namun jika memaksakan posisi plat nomor depan All New Honda CBR250RR tetap di bawah headlamp, dengan tetap mempertahankan fungsi air ram agar dapat menangkap aliran angin secara sempurna, apakah masih bisa dianggap indah jika fairing depan didesain 15 cm lebih tinggi..? Silahkan camkan itu kisanak… 😆 (MMz)
==============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi informasi? Kirim saja ke:
• motomazineblog@gmail.com

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di New Bike dan tag , , , , , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Plat Nomor CBR250RR ada di Jidat. Fungsi memang lebih Penting Ketimbang Estetika Semata

  1. idanursilawati berkata:

    Cakeplah biar ditaro di alis juga

    Disukai oleh 1 orang

  2. Mas Sayur berkata:

    Koyo cabe… #eh.. 😉

    Disukai oleh 1 orang

  3. Ku akui meski saya fby tetap akan bilang kalo montor ini sakep vangsat😂😂😂

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s