Begini Review 2 Lap (saja) Nyicip Honda CRF150L di Bromo. Awas Komen 'Aku Kapan?'

oleh

banner

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Kesampaian juga njajal All New Honda CRF150L di kawasan Bromo yang terkenal dengan lautan pasirnya. Oh ya, sebelumnya terima kasih yang sebesar-besarnya juga buat PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor Jatim, sebagai main dealer Honda wilayah Jatim dan NTT yang telah memberikan kesempatan kepada mmz untuk mencoba langsung performa, handling, pengereman hingga keramahan si New Honda CRF150L ini.

Yup, kemarin tepatnya cak, Minggu (3/12), setelah semalam sebelumnya diadakan acara launching resmi, disini, mmz bareng rekan blogger berkesempatan icip-icip All New Honda CRF150L ini secara langsung.

Dalam event test ride All New Honda CRF150L panitia membuat sebuah trek/layout dadakan di tengah lautan pasir, lengkap dengan garis batasnya sehingga aman untuk dijadikan arena mencoba ketangguhan si CRF150L ini sendiri.

Lantas dengan 2 kali putaran sejauh (estimasi) 300 meter apa yang bisa direview?

Pertama jelas performa 

All New Honda CRF150L adalah motor bergenre on-off sport cak. Artinya, motor ini bisa diajak jalan-jalan mejeng di  jalanan aspal, bisa juga diajak ‘pecicilan’ di jalanan pasir, batu, dan sejenisnya, pokoke off road lah.

Nah, atas dasar inilah pasti orang bertanya-tanya mengenai performanya terutama tarikan motor dari range bawah ke tengah. Iya, torsi yang pasti ditanyakan. Dan jawabannya adalah, setelah pesan-pesan berikut ini.. :mrgreen: Gak lah cak, bercanda…

Mengusung mesin 150cc SOHC air cooled PGM-FI 5-percepatan, si All New Honda CRF150L ini mampu memuntahkan torsi puncak di angka 12,43 Nm / 6.500 rpm. Artinya, dengan keluaran torsi sebesar ini dipadu gear/sproket belakang berukuran 42 mata, sudah barang tentu anda akan bisa merasakan tarikan spontannya.

Tuh buktinya kalau torsinya bagus. Bisa loncat begitu, tapi ini crosser, bukan saya

Tapi tenang cak.. Gak begitu mengintimidasi kok.. Setidaknya saat selongsong gas saya putar sebrutal mungkin, ban belakang tetep napak dengan baik di aspal kok. Gak ngesot atau selip. Artinya untuk turun kompetisi ya musti dioprek lagi.. Tapi buat daily,,, cukup lah ya.. Gak usah pecicilan.

Yang kedua, pengereman

Apalah artinya tarikan enteng namun rem ‘nglonyor’ tak mampu bekerja… Nah, dibekali brake set milik Nissin dengan wavy disk brake depan (240 mm) dan belakang (220 mm), pengereman All New Honda CRF150L ini cukup mantab loh cak… Motor langsung pelan sempurna saat rem difungsikan. Lengkapnya silahkan dimak di video nanti, di Youtube channel motomazine.

Ketiga adalah handling

Performa sudah, pengereman sudah, sekarang handling All New Honda CRF150L. Meski mengusung desain sasis semi double cradle, identik dengan rangka diamond biasa, namun perlu diakui, handling All New Honda CRF150L ternyata cukup jempolan cak… Saya curiga ini hasil sumbangsih suspensi depannya nih, SHOWA model inverted aka upside down berdiameter pipa 37 mm ternyata juempolan tenan. Dibawa melibas pasir dengan kecepepatan ya, lumayan lah wong bukan crosser, All New Honda CRF150L ternyata sangat nurut loh.

Nah ini baru saya

Iya beneran, cukup seimbangkan badan ke kiri dan ke kanan, motor ini eces saja gitu ngelibas lapisan pasir yang sudah mulai menggigit karena dihajar berkali-kali oleh tester sebelumnya. Tapi wong cuman dua lap, baru berasa enak sudah suruh nglepas, eh turun.. kan antiklimaks jadinya… :mrgreen:

Last.. Kesimpulannya dengan mesin yang diomongkan mirip Verza dan Megapro 150FI, nyatanya All New Honda CRF150L cukup mampu memberikan kepuasan bagi trail mania kok cak… Ya setidaknya buat saya yang masih sangat baru di bidang perngetrilan.. Jadi ya butuh lebih banyak belajar, jalan-jalan bareng baik di aspal maupun di medan tanah bareng All New Honda CRF150L. Biar lebih bisa mengeksplor kelebihannya lagi…

So.. dibanderol seharga Rp 32,4 juta OTR Jatim anda sudah dapat motor trail bertampang keren, tenaga juga OK, juga handling yang mantab.. Dan sementara itu dulu cak ya, review 2 lap jajal All New Honda CRF150L di Bromo, kawasan yang memang dunianya trail banget… Semoga kepengen… Oh ya,awas kalau komen ‘aku kapan’ 🙄 (mmz)

===============

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

11 thoughts on “Begini Review 2 Lap (saja) Nyicip Honda CRF150L di Bromo. Awas Komen 'Aku Kapan?'

Silahkan Berkomentar di bawah sini