Ban depan Michelin untuk kondisi lintasan basah, terdapat dua alur tengah pada ban

Ini Fungsi Alur Tengah Ban Depan Pada Sepeda Motor. New Honda CB150R yang Motor Sport Saja Pakai

Diposting pada 77 views

Motomazine.com -Salam safety riding bro sis… Fungsi alur tengah pada ban depan ternyata sangat besar cak. Terutama saat kita diharuskan melibas jalanan yang basah. Dengan adanya alur tengah pada ban depan ini membuat ban bisa bekerja maksimal guna membelah genangan air yang tercipta akibat derasnya hujan.

Banyak yang terkadang mengabaikan fungsi alur tengah pada ban depan sepeda motor ini. Banyak dari kalangan biker yang memodifikasi tunggangan dengan mengganti ban model racing. Bahkan ada beberapa yang nekat memakai ban gundul/slick untuk digunakan harian. Hmmm…

Suzuki Satria F150 ini Pakai Ban Spek Drag Race untuk Harian..???

Menurut Pak Budi, Mechanic Supervisor MPM Honda Ponorogo saat mmz tanya langsung berbarengan dengan servis KPB2 SABRI pun juga mengiyakan fungsi dari alur ban depan ini cak. “Ya, alur tengah ban depan sepeda motor sangat berguna terutama saat hujan. Karena fungsinya membelah air saat kendaraan/sepeda motor melintas di atasnya,” tutur pria murah senyum tersebut.

Yup, sekilas memang terlihat sepele masbro. Namun sejatinya fungsi alur tengah pada ban ini sangatlah penting. Bahkan motor sport 150 cc sekelas New Honda CB150R maupun sport 250cc New Honda CBR250RR juga memakai ban depan dengan alur tengah.

Ban depan All New Honda CBR250RR

Tak hanya pada motor harian, lebih jauh, sekelas motor-motor balap di kelas MotoGP pun akan berganti ban depan dengan alur ban tengah saat menghadapi balapan di bawah guyuran hujan. Tak hanya satu, bahkan supplier ban memberikan dua alur ban tengah untuk memaksimalkan kemampuan ban membelah air, guna menghindari gejala aquaplaning.

Michelin-rain-front
Ban depan Michelin untuk kondisi lintasan basah, terdapat dua alur tengah pada ban

So, masih  yakin mau mengganti ban depan dengan yang bukan spesifikasinya? Semoga berguna… (mmz)

Baca juga:


==============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

8 thoughts on “Ini Fungsi Alur Tengah Ban Depan Pada Sepeda Motor. New Honda CB150R yang Motor Sport Saja Pakai

Silahkan Berkomentar di bawah sini