Isi Angin Nitrogen di Ban SABRI. Bikin Performa Ban Makin Optimal

banner

SABRI saat bannya diisi angin nitrogen

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Mau cerita nih, ngisi angin Nitrogen ke ban SABRI. Itu tuh, All New Honda CB150R tunggangan motomazine. Sebenernya bukan hal baru sih, sebab udah lama, sejak miara Jupiter Z Burhan lansiran 2007 lalu, sejak ganti ban tubeless tepatnya, saya rutin ngisi angin ban dengan nitrogen.

Yup, saat ban SABRI udah mulai goyah saat diajak napak ke marka jalan, maka artinya angin ban sudah berkurang. Dan ini saatnya nggelandang si New CB150R ke bengkel langganan mmz sejak jaman baheula. Berlokasi di jalan Basuki Rahmat, tepat pojokan Jalan Terate Ponorogo, bengkel yang juga melayani pemasangan aksesoris mobil dan motor ini selalu menjadi “jujugan” mmz saat mengisikan angin nitrogen.

Ketemu langsung sama si owner, koh Erwin, tapi yang ngisiin angin nitrogen kebetulan pekerjanya. Yawes gak papa :mrgreen: SABRI pun langsung digelandang masuk ke bengkel dan didekatkan ke mesin pompa nitrogen. FYI, angin nitrogen asli asalnya dari tabung, biasanya berwarna biru, untuk kemudian dimasukkan ke mesin pompa. Bukan angin yang dibuat dari kompresor.

Baca juga:

Bincang sana bincang sini akhirnya angin bertekanan 30 Psi untuk ban depan dan 34 Psi untuk ban belakang pun sukses terisi ke New Honda CB150R tunggangan mmz. Untuk biayanya murah saja kok masbro, cuma ditarif sebesar Rp 4.000,- untuk dua ban. Murah bukan?

Selesai pengisian saatnya testing. Dan beneran, feeling pada ban pun langsung meningkat drastis masbro. Ban terasa lebih enteng, dan daya redam ke aspal pun makin lembut (dibanding angin biasa). Dan dari pengalaman yang mmz dapatkan, ban berisi angin nitrogen nyatanya juga lebih menggigit saat diajak rebah di tikungan. Asal diketahui saja, All New Honda CBR250RR milik dealer MPM Honda Ponorogo yang pernah mmz bawa main ke Tawangmangu beberapa waktu lalu itupun bannya sudah saya cekoki dengan angin nitrogen. Bawaannya tuh lebih pede gitu loh masbro.

Tabung dan pompa angin nitrogen

Entahlah, banyak beredar kabar di luaran sana yang menyebut kalau performa lebih yang didapat dari angin nitrogen itu hanya sugesti. Sejatinya tak banyak perbedaan dibanding angin biasa.

Tetapi bagi mmz pribadi sama sekali tak setuju dengan pernyataan tersebut. Bukan sugesti atau malah mitos, mengganti angin ban dengan angin nitrogen nyatanya memang memberikan feel berkendara yang jauh lebih optimal. Yang paling terasa adalah ban gak cepet panas, daya rebound makin bagus, dan cengkeraman ke aspal juga nambah manteb… Semoga berguna… (mmz)

===============

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di New Bike, serba-serbi, tips dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s