Melihat Lexi yang Tiba-tiba Nongol, bukan tak Mungkin WR150 si Trail Yamaha juga Spontan Rilis

oleh


2015-yamaha-wr250r
Yamaha WR250, bisa dijadikan basis pengembangan WR150 nantinya

Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Tergelitik juga akhirnya buat bikin artikel satu ini. Ya, berkaca pada Lexi 125 yang tetiba nongol dan menggemparkan jagad permatic-an tanah air, bisa jadi Yamaha kembali mengguncang pasar dengan menghadirkan WR150 (sebut saja begitu), si motor trail Yamaha dengan tiba-tiba juga.

Yup, melihat strategi pabrikan yang makin dinamis sekarang ini, memang banyak kemungkinan yang bisa muncul Cak. Termasuk menghadirkan produknya terlebih dahulu, untuk menarik minat pasar, inden dan lain sebagainya, baru kemudian melakukan testing, uji durabilitas dll. hingga akhirnya produk resmi terdistribusi ke konsumen.

Wes lah Cak, gak usah jauh-jauh. Seperti yang mmz tuliskan di atas, bahkan hingga saat inipun Yamaha Lexi belum terdistribusi loh. Lha kok sampek distribusi, wong berapa harganya saja masih dikekepin kok. Artinya apa Cak? Yang jelas Yamaha memang ingin menarik konsentrasi masyarakat agar tak begitu saja memandang sebelah mata kehadiran si Lexi. Tak hanya itu, terus didengungkannya pemberitaan mengenai Lexi, juga bisa dijadikan sebagai sarana promosi sebelum si produk benar-benar terdistribusi ke tangan konsumen. Hayo, opo ora mening coba?

Baca juga:

Back to pembahasan, motor trail Yamaha. Yup, sudah saatnya bagi Yamaha memang untuk nyemplung ke varian trail yang mulai gurih menggerogoti pasar otomotif tanah air. Kawasaki yang selama ini lenggang kangkung dengan KLX dan D-Tracker nya jelas mulai terusik dengan kehadiran Honda CRF150L.

Dan alangkah akan lebih berwarnanya jika pada akhirnya Yamaha juga ikut nyemplung, menghadirkan motor trail mereka untuk diajak berjibaku bareng menggerogoti pangsa pasar penyuka trabas dan dirt bike. Jangan salah, di segmen satu ini, konsumennya, beughhh… Ora main-main loh Cak. Rata-rata penyuka trabas itu justru juragan-juragan sukses yang tentu tak banyak pikir buat beli barang bagus. Pokok dikasih barang yang sesuai ekspektasi, hmmmm…. Harapan produk laris manis pun terbuka lebar.

Kenapa mmz bisa bilang seperti ini? Jawabnya adalah saat ngetrail bareng STC Ponorogo di hutan Pulung beberapa saat lalu Cak (artikelnya di sini), mmz mendapati fakta kalau penyuka trabas kebanyakan adalah juragan sukses di bidang mereka masing-masing.

Yamaha sudah punya basis kuat buat bikin Trail

Berkaca pada produk sebelah yang memakai basis mesin yang sudah ada, untuk Yamaha sebenarnya justru lebih diuntungkan. Yamaha punya dua basis mesin yang bisa dicangkokkan langsung ke motor trailnya.

Opsi pertama bisa pakai mesin Vixion, dan opsi kedua adalah pakai mesin Byson. Toh keduanya sama-sama mengusung mesin SOHC yang jelas sangat diperlukan torsinya buat motor trail.

wr150
Yamaha WR125 yang bisa juga dijadikan basis WR150

Yang membedakan nantinya adalah di masalah radiator atau pendingin udara. Jika Yamaha ingin mengambil hati konsumen dengan memberikan value lebih, bisalah mereka menyomot mesin Vixion dengan radiator.

Namun saat berbicara efisiensi biaya produksi, yang nantinya berimbas juga pada kuatnya daya saing nilai jual sang produk, bisa jadi mesin Byson adalah jawaban paling tepat Cak.

2016-yamaha-yzf-r125-eu-race-blu-detail-001.jpg
mesin Vixion yang dipakai di R125

So, kita tunggu saja… Semoga Yamaha benar-benar memberikan angin segar dengan ikut berjibaku di kelas trail. Sekali lagi, pasarnya mulai gurih. Karena di daerah-daerah, termasuk tempat mmz tinggal, motor trail dan olahraga trabas kian digemari.. Ayo Yamaha, segera tunjukkan motor trailmu, jangan dikekepin terus… eh, Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

2 thoughts on “Melihat Lexi yang Tiba-tiba Nongol, bukan tak Mungkin WR150 si Trail Yamaha juga Spontan Rilis

Silahkan Berkomentar di bawah sini