MotoGP: Akhirnya Tech 3 Dapatkan yang dimau, 3 Tahun dengan Mesin Pabrikan KTM

oleh


wpid-ktm-rc16-motogp-1.png

Motomazine.com – Salam safety riding masbro, tim privateer di MotoGP Tech 3 akhirnya mendapatkan tambatan di kelas premier tepatnya mulai tahun 2019 mendatang. Yup, pasca menyatakan berpisah dengan Yamaha, mulai tahun 2019 nanti Tech 3 akan menjadi tim satelit KTM, lengkap dengan mesin pabrikan sama dengan yang dipakai dua pembalap pabrikannya.

Tech 3 sendiri merupakan tim yang sangat kompetitif di kelas MotoGP. Meskipun menyandang status sebagai tim satelit, namun prestasi yang ditorehkan Tech 3 tak bisa dipandang sebelah mata. Mengikat kerjasama hampir 20 tahun dengan pabrikan garputala, tim Tech 3 menjadi salah satu tim satelit yang paling dipandang di grid MotoGP.

Tech 3 saat ini masih menjadi tim satelit Yamaha dengan memakai mesin YZR M1 spek 2016. Meskipun sudah resmi berpisah, namun bos tim Tech 3 Herve Poncharal menyatakan akan terus memberikan prestasi terbaiknya dengan dau pembalap andalan mereka, Johann Zarco dan Hafizh Syahrin.

Baca juga:

Bicara mesin di kelas MotoGP, di Yamaha tim Tech 3 memang selalu mendapat mesin yang sudah dipakai pembalap pabrikan semusim silam. Nah, di tim terbarunya nanti, Tech 3 akan mendapat support penuh dari KTM, berupa mesin RC16 persis dengan yang dipakai duo pembalap pabrikannya.

Pendekatan seperti ini mirip dengan yang dilakukan Honda dengan Cal Crutchlow, dan Ducati dengan memberikan mesin terupdate pada Petrucci. Dan  hasilnya, cukup jelas kan Cak? dua pabrikan ini menjadi tim paling moncer di balap MotoGP musim 2017 silam. Wajar, masukan tim satelit tentu juga sangat berguna bagi perkembangan tim pabrikan Cak.

KTM senang bisa bekerjasama dengan Tech 3

KTM yang menjadi pabrikan paling unik di motoGP, akhirnya mendapatkan tim satelit, Tech 3 mulai tahun 2019. Kenapa mmz katakan unik masbro? Ya, karena KTM dengan motor RC16 nya menjadi pabrikan di grid MotoGP yang memakai sasis model teralis serta suspensi White Power. Berbeda dengan pabrikan lain yang lebih memilih frame model twin spar alumunium dan suspensi Ohlins.

img_20180201_195330795911661.jpg

“Kami sangat senang bekerjasa dengan Tech 3 mulai tahun 2019. Tim ini sangat banyak pengalaman dan prestasi. Hal ini tentu sangat bagus bagi perkembangan tim kami.  Kinerja profesional mereka juga sangat kami butuhkan karena akan membuat kami lebih kuat. Punya empat buah KTM RC16 di grid juga sebuah langkah besar bagi kami. Dua diantaranya tentu bisa menjadi acuan pengembangan bagi tim dan memperluas struktur KTM sendiri ke depannya. Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Herve Poncharal kepada kami,” tutur Direktur Motorsport tim KTM, Pit Beirer.

Bergabungnya tim Tech 3 ke KTM tentu akan membuka banyak peluang bagi pembalap Moto2 untuk masuk dan membela tim dengan motor asal Austria ini. Dan yang sedikit membuat bingung pada akhirnya adalah Yamaha. Apakah mereka benar-benar akan kehilangan tim satelit? Artinya hanya punya dua motor di grid MotoGP dengan dua pembalap pabrikannya? Apakah nantinya Yamaha akan mengikuti jejak Suzuki dan Aprilia yang tak punya tim satelit? Ataukah gosip yang beredar selama ini memang benar adanya? Tim VR46 Racing naik ke kelas MotoGP dan menjadi tim satelit Yamaha menggantikan Tech 3?

Yang pasti nih Cak… Tech 3 boleh bernafas lega. Sebab mulai tahun 2019 mendatang mereka mendapat sokongan penuh tim KTM dengan motor sesuai spek pabrikan. Selamat untuk tim Tech 3, dan semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

4 thoughts on “MotoGP: Akhirnya Tech 3 Dapatkan yang dimau, 3 Tahun dengan Mesin Pabrikan KTM

  1. Lha dulu rumor yang beredar di kalangan para bloggers katanya Tech 3 kandidat kuat Satelitnya Suzuki untuk 2019, apa karena Suzuki sudah punya tim satelit S-Tech dan Wedank Tech? wkwkwkwkwk….

Silahkan Berkomentar di bawah sini