COVID-19 Effect: MotoGP di balik Pintu sampai Jadwal 2021

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Virus Corona atau yang kini populer disebut COVID-19 mulai menyerang Indonesia. Beberapa wilayah sudah menjadi pandemik wabah tersebut. Termasuk peningkatan status menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) di beberapa daerah juga makin menguatkan betapa COVID-19 is coming. Tapi apapun itu kita musti berpikiran positif dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat juga terus berdoa kepada Tuhan atas perlindungan-Nya.

Di dunia olahraga, hampir semua jadwal perlombaan juga carut marut tidak jelas. Termasuk di kancah MotoGP. Dugaan awal MotoGP hanya akan nihil balapan Qatar rupanya terus berlanjut. Balapan benua Amerika (COTA dan Argentina) sampai Thailand semua di-reschedule.

Baca juga : Revisi Jadwal MotoGP 2020. Qatar fix Dicoret!

Virus terbaru penggeger dunia ini sukses membuat MotoGP 2020 menjadi tak karuan. Italia yang menjadi seri keenam di Mugello menginstruksikan lock down. Artinya tak hanya sirkuit Mugello, pembalap-pembalap nya pun harus sabar menunggu di rumah. Termasuk Valentino Rossi, Andrea Dovisiozo, Petrrucci, dan masih banyak lagi pembesar-pembesar MotoGP di sana.

Nah, akibat jadwal yang tak menentu ini., hingga terancam bubarnya MotoGP 2020, pihak penyelenggara pun jadi pusing mencari solusi. Mulai digelarnya MotoGP di balik pintu hingga molornya pergelaran ke Januari 2021. Walah….

Adalah Luigi Dall’igna. Penggede tim Ducati yang kondang dengan solusi-solusi nyeleneh ini pernah mengeluarkan ide bagaimana jika balap MotoGP digelar di balik pintu. Yap, MotoGP digelar secara tertutup. Hanya ada pembalap, panitia, dan tim, tanpa penonton (live). Penonton hanya akan menonton di rumah melalui media televisi atau live streaming.

Luigi Dall’igna saat bersama Dovisiozo dan Innone di tes motoGP Sepang 2016

Solusi kedua adalah tetap digelarnya MotoGP sesuai jadwal. Rencana awal 20 seri balapan MotoGP (minus Qatar) akan tetap dihelat dengan molornya jadwal. Presiden FIM menyebut bulan Januari 2021 Ya, jadwal MotoGP yang sejatinya rampung akhir November bisa saja diulur hingga Januari 2021. Ruwet wes kalau begini… Balapan di tengah musim dingin Eropa… Bayangkan sendiri coba.

Baca juga : Rossi Khawatirkan M1 2020. Penyakit 2019 Hadir lagi?

KALENDER MOTOGP 2020 TERBARU (11 MARET)
RONDE TANGGAL RACE SIRKUIT
1 8 Maret Qatar (minus MotoGP) Losail International Circuit
2 3 Mei Jerez Circuito de Jerez – Angel Nieto
3 17 Mei France Le Mans
4 31 Mei Italy Mugello
5 7 Juni Catalunya Circuit de Barcelona – Catalunya
6 21 Juni Germany Sachsenring
7 28 Juni Netherlands TT Circuit Assen
8 12 Juli Finland* KymiRing
9 9 Agustus Czech Republic Brno
10 16 Agustus Austria Red Bull Ring – Spielberg
11 30 Agustus Great Britain Silverstone
12 13 September San Marino Misano
13 27 September Aragon MotorLand Aragon
14 4 Oktober Thailand Chang International Circuit
15 18 Oktober Japan Motegi
16 25 Oktober Australia Phillip Island
17 1 November Malaysia Sepang
18 15 November Americas Circuit of the Americas
19 22 November Argentina Termas de Rio Hondo
20 29 November Valencia Comunitat Valenciana – Ricardo Tormo

Last, apapun itu FIM dan Dorna sejatinya juga telah siapkan jadwal baru MotoGP musim 2020. Jika memungkinkan balapn perdana baru akan digelar pada 3 Mei mendatang. Duh…Entahlah, kita tunggu saja…Semoga COVID-19 segera teratasi. Ditemukan vaksinnya, semua yang terpapar bisa sembuh dan Corona bisa dilumpuhkan sehingga ekonomi dunia mampu menggeliat seperti sedia kala.. Aamiin… (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

1 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini