Menginjak Usia 4 Tahun sudah Saatnya Suzuki GSX-R150 mendapat Facelift

Diposting pada

Motomazine.com – Tetiba terlintas begitu saja. Yaps, kali ini  kita mau ngebahas perihal Suzuki GSX-R150. Motor sport fairing Suzuki yang sempat hebohkan jagad motor fairing tanah air. Bagaimana tidak. Saat kompetititor bermain di angka 17 PS-an, si GSX-R150 hadir dengan tenaga buadak tembus 19 PS. Mengenai ganasnya nunggang GSX-R150 sudah mmz kupas artikelnya di sini.

Nah, tahun 2021 ini menjadi penanda bahwa GSX-R150 sudah berusia 4 tahun. Secara life cycle sebuah produk sudag saatnya motor dengan bodi layaknya sepeda motor balap Moto3 ini mendapat penyegaran atau facelift. Ingat sam, ini bukan artikel bocoran, namun lebih ke harapan untuk PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi 2w untuk memikirkannya.

Baca juga:

Belum Banyak yang Tahu, ternyata Rossi pernah Tolak Suzuki

Secara desain bisa dibilang Suzuki GSX-R150 sudah cukup mewakili kegantengan motor sport 150cc. Bodinya slim, kaki-kaki lumayan gede, plus power yang bisa dibilang tak punya tandingan untuk motor sport kelas 150cc.

GSX-R150 mengusung mesin 4-tak 150cc DOHC dengan pendingin cairan. Spek lengkapnya silahkan sampean simak di sini.

Sebab di artikel kali ini mmz cuman mau fokus ngebahas bagaimana jika GSX-R150 ini mendapatkan facelift. Tak perlu major facelift lah. Sebab major facelift untuk Suzuki seakan memintal jerami yang sudah kering. Angel sam.

Birokrasinya ribet karena musti mendapat persetujuan dari Suzuki Jepang. Nah ini yang bikin kita sedikit kesampingkan dulu major facelift.

Kalau untuk minor facelift sendiri masih banyak celah yang bisa di-upgrade. Yang paling kelihatan dan menjadi trend motor sport 150 cc tentu saja suspensi depan model upside down. Piranti ini sepertinya wajib ada untuk motor sport fairing 150cc. Karena jika tidak, akan sulit rasanya GSX-R150 tampil dan berjibaku dengan dua rival terdekatnya.

Celah lain yang bisa dikenai sentuhan facelift adalah tangki. Secara bentuk sudah bagus sih. Namun menurut mmz pribadi tangki GSX-R150 itu terlalu slim. Cobalah diubah dengan sedikit membuatnya lebih gemuk. Yakin deh, feel sebagai motor sport fairing akan terpancar lebih kuat.

Selebihnya menurut mmz sudah cukup ganteng sih. Buat sampean yang ngeluh mengenai riding ergonomi si GSX-R150 ini, saya harap sampean bersabar om. Hahaha… Karena memang stangnya yang terletak di bawah clamp segitiga atas. Membuat sampean kudu membungkuk abis agar mendapat gaya yang lebih racy.

Sebab dari wawancara yang pernah mmz lakukan saat si GSX-R150 ini pertama muncul tahun 2017 silam, pihak Suzuki Jepang memang bertujuan ciptakan motor fairing yang benar-benar race oriented atau track oriented.

Baca juga:

Suzuki Taklukkan Batasan. GSX-S150 digeber 5 Hari Jelajah Pulau Jawa Sambangi 7 Kota

 

Semua sudah terpikirkan secara masak. Mulai dari ergonomi berkendara, aerodinamika dan kekuatan mesin. Tak ayal jika sebenarnya konsep GSX-R150 sudah muncul sejak 2014. Dan baru terbit tahun 2017. Butuh waktu tiga tahun untuk siapkan produk  yang bukan abal-abal termasuk penggunaan wind tunel untuk maksimalkan kemampuan aerodinamika sang fairing.

So, kalau GSX-R150 tahun ini beneran mendapat facelift, kira-kira menurut sampean apa yang perlu diubah atau dipermak agar tampil lebih ganteng lagi? Saat ini GSX-R150 baru dijual seharga Rp 33 jutaan OTR Jatim. Paling murah juga di kelasnya. (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Menginjak Usia 4 Tahun sudah Saatnya Suzuki GSX-R150 mendapat Facelift

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini