Banyak yang Baru, inilah Suzuki GSX-S1000 Model 2021

Diposting pada

Motomazine.com – Suzuki akhirnya tepati janji untuk telurkan generasi terbaru dari naked bike kelas seliternya. Sesuai dengan bocoran yang sebelumnya beredar Suzuki GSX-S1000 Model year 2021 ini hadir dengan membawa banyak sekali pembaruan, terutama pada desain dan beberapa update mesin yang membuatnya mampu lolos standarisasi EURO 5.

Secara body work suzuki GSX-S1000 kini tampil dengan desain yang lebih gagah dan maskulin. Kesan tajam meliuk sedikit ditinggalkan berganti dengan desain yang lebig edgy, tajam dan mengkotak. Imho sekilas bodinya malah terinspirasi dari saudara dekatnya, Suzuki Katana.

Baca juga:

Suzuki Katana 150? Duh, Mending Fokus di Matic Gambot Saja Ah!

Kalau sampean perhatikan yang paling terlihat baru tentu saja pada bagian wajah. Headlamp model konvensioanl ditanggalkan berganti dengan headlamp LED tumpuk tiga dengan desain mengkotak tegas.

Speedometer yang dibiarkan terkespos tanpa tertutupi visor menurut saya justru makin pancarkan aura sangar si motor.

Untuk dapur pacu, GSX-S1000 model 2021 mengusung mesin inline 4Β  silinder berkubikasi 999 cc. Mesin ini sanggup menghasilkan Power Maksimum 152 hp pada 11.000 rpm, dengan torsi maksimum 106 Nm pada 9.250 rpm. Beberapa Update ditemukan di camshafts, transmisi, kopling dan modifikasi pada sistem pembuangan.

Menurut Suzuki perubahan yang dilakukan ini akan meningkatkan power sekaligus mencapai operasi yang lebih seimbang dengan pengiriman torsi yang lebih tinggi pada putaran rendah, menawarkan akselerasi yang lebih baik dan respons yang lebih cepat terhadap throttle. Hasilnya, New GSX-S1000 ini mampu menyelesaikan 200 m dari diam dalam 6,64 detik dan 400 m dalam 10,15 detik di mana angka angka ini lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Untuk berat keseluruhan Suzuki GSX-S1000 model 2021 punya bobo 214 kilogram, atau lebih berat lima kilogram dibandingkan model generasi sebelumnya. Hal ini juga disumbang oleh kemampuan takar tangki bahan bakarΒ  dengan volume 19 liter (termasuk cadangan). Jarak jok ke tanah lumayan tinggi, 810 mm. Buat rerata rider Indonesia silahkan berpikir ulang.

Kaki-kaki Suzuki GSX-S1000 model 2021 juga didesain ulang. Velgnya terbuat dari aluminium Cast dengan 6 jari-jari miring, dilengkapi dengan ban Dunlop SPORTMAX Roadsport2 yang dikembangkan khusus untuk GSX-S1000. Perlengkapan pengereman telah dipercayakan pada kaliper depan Brembo monoblok empat piston 32mm yang bekerja pada floating disc berdiameter 310mm, didukung Anti-Lock Braking System (ABS).

Dashboard terasa lebih mewah berkat hadirnya Suzuki Intelligent Driving System (S.I.R.S.) yang bisa dikontrol melalui instrumentasi baru dengan layar LCD yang dapat diredupkan. Speedometer GSX-S1000 model 2021 ini menampilkan berbagai informasi berguna dalam format yang relatif ringkas dan cepat dibaca. S.I.R.S sendiri mengandung Pengaturan variabel antara lain:

  • Pemilih Mode Mengemudi Suzuki (SDMS)
  • Kontrol Traksi Suzuki
  • Throttle Elektronik β€œRide-by-Wire”
  • Wizard Perubahan Cepat dua arah
  • Suzuki Easy Start
  • Sistem Bantuan pada RPM Rendah

Suzuki GSX-S1000 model 2021 tetap memakai sasis twinspar alumunium layaknya generasi lawas. Termasuk swingarm yang mengambil model dari GSX-R1000. Secara feel sepertinya GSX-S1000 juga tawarkan sensasi berkendara yang lebih mantab karena stang didesain lebih dekat ke pengendara juga lebih baplang.

Baca juga:

Menginjak Usia 4 Tahun sudah Saatnya Suzuki GSX-R150 mendapat Facelift

GSX-S1000 terbaru ini hadir dalam 3 varian warna antara lain biru, hitam, dan abu-abu. Dan terbukti Suzuki memang sukses hadirkan naked bike yang lebih muscular dengan berbagai pembaruan yang akan dapat manjakan konsumen yang meminangnya. Saya kapan? eh… (mmz).

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.