Ngalas Bareng, Pembuktian Yamaha WR155R bisa Ganas di Lintasan Trabas

Diposting pada

Motomazine.com – Setelah sekian lama tak bersua dengan event nyata dan pernak pernik bumbu pemanisnya, akhirnya, Sabtu (20/11) kemarin mmz mendapatkan kesempatan untuk ikut event. Bukan kaleng-kaleng, tapi ini event trabas bertajuk Ngalas bareng. Iya ngalas, nrabas pakai motor trail, bukan nge-mol pakai sneakers merk v**ns, bukan. Intinya Ngalas Bareng kali ini menjadi ajang pembuktian WR155R. Apakah bisa ganas di lintasan trabas, apa malah perlu banyak PR agar motor on-off road besutan Yamaha ini bisa langsung menaklukkan rintangan-rintangan yang ada. Yawes daripada penasaran, berikut mmz kasih ulasannya.

Event Ngalas Bareng Yamaha WR155R ini sendiri diprakarsai oleh PT. STSJ Yamaha Jatim bekerjasama dengan trail guide asal Ngalam, motoeastjava. Yang suka trabasan pasti sudah sangat hafal dengan rombongan penunjuk jalan yang satu ini.

Acara sendiri bermual dari dealer Yamaha SIP Gadang, Malang. Mmz bertolak dari kota domisili untuk kemudian berteduh di Surabaya. Ya, kita berangkatnya barengan, dari Yamaha Land Surabaya menuju ke dealer Yamaha SIP Gadang. Perjalanan dengan mobil itu bisa kami tempuh dalam 1,5 jam saja.

Foto-foto dulu sebelum bertolak dari Yamaha Land

Sesampainya di Malang pasukan dari motoeast Java sudah menantikan kehadiran kami dengan wajah-wajah menyeringai menyimpan sesuatu untuk disajikan. Bukan bakso Cak Kar atau bakso bakar Cak Man yang kondang itu. Tapi bentangan hutan dan jalur trabasan yang sudah saya duga pasti bakal menguras keringat banget.

Tak perlu berbelit-belit, setelah fitting perlengkapan, jersey dan piranti ondel-ondel kami pun bergegas mempersiapkan diri agar tercover sempurna. Ingat, menganggap remeh trabasan yang notabene ngebut di jalur tanah adalah salah. Bahaya nya gak kalah sama ngebut di aspal soale.

Helm sudah, goggles sudah, protector siku, sepatu trabas, dan gloves sudah terpasang. Selanjutnya mmz memilih unit yaitu seonggok WR155R berkelir biru dengan nomor lambung #3. Entah kenapa, saya langsung jatuh hati sama motor yang satu ini.

Trek Fun yang jadinya Menantang

Peserta ngalas bareng kali ini adalah 5 blogger Jatim berikut kepala desa dan dua wakil dari komunitas. Kami dibimbing menuju ke SPBU untuk mengisi bensin jenis Pertamax. Dari sana perjalanan kemudian berlanjut ke jalur trabas. Mengagumkan sih. Sebab baru juga masuk ke trek perdana, sudah banyak teman-teman yang jumpalitan terjerembab bareng motornya.

Baru masuk ke jalur sudah begini saja

Yaps, bukan perkara mudah berkendara dengan WR155R di trek tanah dan benar-benar hancur oleh ban kendaraan lain juga hujan yang semalam mengguyur. Duh ini, kayaknya trek yang awalnya fun bakal berubah cerita ini. Batin mmz dalam hati.

Dan benar saja om, semakin masuk ke dalam alas, jalur yang ditawarkan semakin membuat keringat bercucuran. Mayoritas medan yang kami lalui adalah tanah berlumpur, licin dan berair akibat guyuran hujan semalam. Apalagi saat sudah masuk ke alas sekitaran Kampung 6 Wajak. Walah wes, syaik pol. Lha saya saja ikut golongkoming di tikungan. Wkwkwk.. Jatuh yang bener-bener aesthetic 😆 (vidoenya ada di IG @motomazineblog sama di tiktok juga ada)

Meter demi kilometer kami lalui. Bukannya makin enteng, ternyata jalur yang kita lewati justru makin menantang. Lha piye, hujan gerimis turun mengguyur je. Sudah pasti paham kan seperti apa kondisi jalan yang harus kami lalui. Belum lagi beberapa tanjakan dan turuan curam yang musti kami taklukkan.

Dan inilah yang akhirnya membuktikan betapa Yamaha WR155R punya performa yang luar biasa. Torsinya beughhh.. Mantap. Saya sering banget nanjak pakai gigi 2 saja. Jarang banget pakai gigi 1. Pokoke Pede dan memang WR155R ini membuat pengendara Pede.

Mesin 155 cc VVA yang dibenamkan sukses berikan kontribusi torsi yang padat. Ditambah knalpot freeflow yang dipasangkan. Beughh.. Brap brapp.. Dangak-dangak bikin eargasm.

torsi nya badak

Jalur yang tersaji untuk kami ini boleh dibilang kombinasi 20% aspal dan 80% tanah. Jarak total yang sukses kami tempuh adalah 42 kilometer. Kami telah menyusuri jalanan dari desa Watajinan, kemudian ke desa Wajak, bergeser ke desa Blayu kemudian cek poin di kampung 6. Berhenti sekitar setengah jam perjalanan dilanjut sampai ke hutan pinus Semeru setelah melibas jalur di desa Bambang. Total waktu yang kami tempuh adalah 3,5 jam. Itupun dengan sangat sering berhenti akibat ada peserta yang tercecer.

But overall luar biasa acara Ngalas Bareng Yamaha WR155R ini. Dan terbukti WR155R sangat worthed dipakai nrabas. Sedikit berat sih memang. Jadi kalau misal sampean terjerembab, butuh effort lebih untuk membuatnya kembali berdiri.

Namun secara performa nih motor boleh banget diacungin dua jempol. Ayunan suspensi depan berdiameter 41mm nyata berikan kontribusi apik saat sampean dihadapkan dengan trek-trek yang terjal dan berbatu. Anteng, meredam getaran dengan sangat baik dan yang terpenting adalah gak ada suara jedok-jedok akibat turun sehabis jumping.

cek poin kampung 6

Suspensi belakang juga bekerja sangat bagus mencegah motor over sliding. Termasuk cakram depan belakang yang mantab bener. Saya melakukan pengereman total rem belakang hingga roda mengunci dan terseret hingga 20 an meter itu WR155R diam-diam bae. Hanya mesin yang mendadak mati dan perlu restart untuk membuatnya hidup lagi, Mungkin ECU membacanya ini adalah sesuatu yang danger sehingga perlu memutus aliran power pada mesin.

Oh ya kipas radiator beberapa kali berputar tetapi itu bukan masalah. Lha piye, wong memang motornya dihajar habis-habisan je. Wajar kalau kipas radiatornya muter. Malah menandakan kalau sistem pendinginannya bekerja secara normal.

So, itulah sekelumit keseruan ngalas bareng Yamaha WR155R yang diprakarsai oleh STSJ Yamaha Jatim. Yang jelas dengan begini terbukti jika Yamaha WR155R sangat bisa buat nrabas. Ini lintasan level 3 atau 4 sekalipun kayaknya tetep bisa naik. Kapan-kapan boleh lah dicoba ya mas Upik, mas Amik dkk. Gaspol!!! (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

One thought on “Ngalas Bareng, Pembuktian Yamaha WR155R bisa Ganas di Lintasan Trabas

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini