Test Ride Yamaha XABRE, Handling Mantap tak Terbantahkan…!!!

image

test ride Yamaha XABRE

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Bertepatan dengan launching Yamaha XABRE di Tulungagung, MMz akhirnya mendapatkan kesempatan untuk melakukan test ride dan merasakan sensasi serta impresi pertama menunggangi motor 150cc besutan terbaru Yamaha ini..
Bertempat di sebelah timur aloon-aloon kota Tulungagung, panitia dengan serta merta telah menyiapkan trek dadakan bertekstur setengah aspal setengah paving serta beberapa rintangan berupa cone dan ban bekas.
Yawes gak masalah masbro.. Geber saja.. toh impresi awal akan bagaimana respon serta handlingnya juga sudah cukup untuk sedikit menjawab rasa penasaran MMz dengan motor bergenre street/minor fighter ini.. Kalau untuk review lengkap mengenai handling saat dibawa high speed cornering atau kelincahannya saat diajak bermanuver di dalam kota, sepertinya pihak Yamaha memang kudu meminjamkan salah satu unitnya kepada MMz langsung… Eh, siape elo… πŸ˜†
Lanjut dulur.. Pandangan pertama yang MMz rasakan saat berdekatan dan berhadapan langsung dengan si XABRE adalah gagah, futuristik dan mengintimidasi.. Jika selama ini anda hanya menilai motor ini dari gambar dan foto yang berseliweran di jagad internet, dan berani bilang jika XABRE jelek, anda salah…. sebab,  motor ini memang kurang fotogenic (imho). Jika anda sudah berhadapan langsung…. MMz yakin penilaian anda tersebut akan luntur terkikis mulusnya paha espege, eh mulusnya finishing si XABRE ini.. :mrgreen:
Ya sudah, langsung saja fokus ke pokok pembahasan mengenai test ride singkat yang sudah MMz lakukan kemarin..
1. Ergonomi

image

ergonomi Yamaha XABRE

Posisi riding Yamaha XABRE adalah tegak dan terbuka. Stang baplang serta jok pengendara yang cenderung dekat dengan kemudi membuat anda terlihat gagah dan sedikit angkuh. Tinggi tempat duduknya yang mencapai 805 mm, lebih tinggi 10 mm dari NVA serta Byson, dan bahkan 5 mm di atas R15 mungkin akan sedikit merepotkan anda yang bertinggi badan di bawah 170 cm… Beruntungnya, MMz memiliki TB setinggi 178 cm. Jadi ya… Alhamdulillah.. Gak perlu bawa dingklik.. πŸ˜€

image

test ride Yamaha XABRE

2. Performa

image

tuas/tombol starter Yamaha XABRE

Putar kunci kontak ke posisi on.. Tunggu sebentar hingga indikator injeksi berhenti menyala dan bersiap nyalakan mesinnya.. Tapi, wait.. Mana tombol starternya… Wkwk… Rupanya MMz sedikit lupa.. Wong tombol starternya model geser..bukan pencetan lagi.. So, untuk menghidupkan mesin Yamaha XABRE masbro cukup geser tuas/tombol starter nya ke bawah.. Mirip-mirip cara pengoperasian tuas sein motor model lawas sih.. Cuma geraknya ke bawah dan ke atas.. Bukan ke samping kiri atau kanan..
Lanjut.. Tarik handle kopling, masukan gigi ke posisi satu.. “klek”, tuas persneling terasa halus..pun begitu dengan perpindahan ke masing-masing gigi di atasnya.. Kembali,  jika dibandingkan dengan sinchan MMz dulu, perpindahan gigi Yamaha XABRE jauh lebih halus..

image

test ride Yamaha XABRE

Sekilas mesin Yamaha XABRE memang tak memiliki perbedaan baik secara fisik maupun spesifikasi dibanding dengan Yamaha R15. Dibekali mesin 150cc SOHC 4 katup berpendingin cairan, motor ini mampu memuntahkan power sebesar 16,32 PS/8.500 rpm dan torsi puncak sebesar 14.3 Nm/7.500 rpm. Secara tenaga dan torsi di atas kertas, Yamaha XABRE memang berada sedikit di bawah NVA.. Namun percayalah, begitu anda menyemplaknya langsung perbedaan itu nyaris tak terasa.. Dan bahkan menurut MMz pribadi.. si XABRE justru sedikit lebih galak dibanding NVA… Untuk data empirisnya sih.. memang kudu dibuktikan lewat perbandingan langsung dan diukur dengan alat yang memadai, wong ini barometernya cuman perasaan saja je..
3. Handling dan Pengereman
Nah… Ini… ini masbro yang sontak membuat MMz terhenyak dan kagum dengan Yamaha XABRE.. Tak hanya tampilan shock depan Upside Down-nya yang menyeret bayangan kita akan sosok moge.. Namun performanya itu loh… Sangat sebanding dengan banderol 5 jutanya..

image

test ride Yamaha XABRE

Mencoba melakukan gerakan zig-zag diantara cone-cone yang disediakan, si XABRE begitu nurut tanpa ada gejala limbung sedikitpun.. Bahkan, berkali-kali MMz melakukan hard breaking sampai ban depan berdecit-decit terseret di aspal.. Tau sendiri kan masbro kemampuan rem depan Yamaha..?
Dan hasilnya.. Weh jan diluar dugaan.. Motor begitu nurut, diam dan tak ngebuang.. Sampai-sampai ban belakang terangkat-angkat seakan ingin stoppie.. Untuk yang satu ini MMz berani memberikan dua jempol untuk Yamaha..
Saat dipaksa menerjang lintasan yang bergelombang pun shock depan dan belakang juga bekerja dengan sangat optimal.. Empuk dan pas lah menurut MMz.. Kemampuan ini tentu juga karena dukungan swingarm banana-nya.. yang mampu memberikan peredaman maksimal namun optimal..
So.. Sebagai kesimpulan awal.. Impresi dan test ride perdana nan singkat akan Yamaha XABRE ini MMz berani mengatakan, jelas Yamaha kali ini sangat fokus dan berupaya menawarkan handling lebih dari motor kelas 150cc. Semua komponen, terutama shock depan model upside down nya sangat menunjang penampilan maupun kendali si XABRE sendiri.. Jadi tidak berlebihan kiranya jika kelincahan handling Yamaha XABRE memang tak terbantahkan… Jempolan tenan kangbro….!!!

image

test ride Yamaha XABRE

Namun yang namanya suatu produk jelas tak akan luput dari yang namanya kekurangan.. Akibat posisi riding yang dekat pada kemudi dan stang baplangnya yang lumayan lebar (lebih lebar dari Byson),  menuntut effort lebih apabila kita ingin melakukan gerakan U turn atau berbalik arah.. Akibat ingin mencoba berbalik arah dengan sudut yang kecil, MMz terpaksa harus menurunkan kaki dan memundurkan motor agar tak menabrak dinding pembatas. Dan kejadian seperti ini bukan MMz saja yang mengalaminya.. Melainkan hampir semua teman yang ikut melakukan test ride Yamaha XABRE ini… (MMz)
Artikel Terkait:


======================
Bro dan sis punya informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng motomazine di:
β€’ email: motomazineblog@gmail.com
β€’ facebook: motomazine.com
β€’ twitter: @aguztino86
β€’ BB: 524dbd4e
β€’ IG: motomazineblog
β€’ WA: 085233819298

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di New Bike dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

44 Balasan ke Test Ride Yamaha XABRE, Handling Mantap tak Terbantahkan…!!!

  1. ardaisme berkata:

    dah dibilangin tangki elpiji melon banyak gunanya πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  2. lamik gemini berkata:

    yakin dehh sama handling yamaha.. πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  3. sugimasihada berkata:

    nggantol esvege lak tambah empuk… #eeh

    Disukai oleh 1 orang

  4. fncounter berkata:

    gerakan u-turn dengan xabre malah lebih ringan dan mudah ketimbang NVA dan CB150R…mungkin karakter setiap pengendaranya berbeda-beda #JMO

    Disukai oleh 1 orang

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s