First Ride Impression Kawasaki Versys-X250. Handling Mengejutkan dari Sebuah Adventure Bike..!!!

Motomazine saat mengarungi bukit Black Lava Kintamani, Bali

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. beberapa waktu lalu MMz mendapatkan kesempatan touring Surabaya-Bali menggunakan Kawasaki Versys-X250 atas prakarsa PT. SURAPUTA UNITRANS SUB dan DUTA INTIKA BALI. Sungguh pengalaman luar biasa dimana ini sekaligus menjadi impresi pertama MMz menjajal motor adventure terbaru dari Kawasaki.

Yup, langsung saja kita bahas impresinya satu persatu. 

1. Ergonomi

Ergonomi yang ditawarkan oleh Kawasaki Versys-X250 jelas memberikan feel khas motor tourer. Stang menjulang tinggi dipadu dengan jok nyaman dan footstep yang letaknya juga membuat posisi berkendara menjadi rileks. Dan benar saja, riding 605 km Surabaya-Bali ternyata tidak membuat MMz merasakan pegal berlebih, baik di pergelangan tangan, tengkuk maupun punggung. Rute yang ditempuh sukses menjadi ajang pengujian betapa Kawasaki Versys-X250 sangat nyaman untuk dibawa riding jauh (touring).

2. Performa

Dibekali mesin 250cc DOHC 2 silinder segaris ternyata memberikan rentang tenaga yang cukup merata di semua lini. Berbeda dengan karakter motor penggaruk tanah maupun sport murni Kawasaki lainnya, si Versys-X250 ini justru terkesan smooth di gigi bawah namun powernya ternyata lumayan tinggi untuk motor bertipe touring. Intinya karakter dari mesin yang identik dengan Kawasaki Ninja 250 fi ini tak akan membuat anda capek. Karakter tarikan bawah yang kuat namun tak mengintimidasi dapat tercover dengan baik saat anda mencoba mengembangkan kecepatan yang lebih tinggi. Hal ini MMz buktikan sendiri kala mengikuti rombongan yang beberapa kali menyentuh kecepatan 80 km/jam atau bahkan lebih. Oh ya bro sis, kenyamanan yang diberikan Versys-X250 ini tak lepas dari minimnya vibrasi yang dihasilkan oleh getaran mesin. Untuk yang satu ini Motomazine berani angkat topi buat Kawasaki. Lha piye, mesin hualus banget je.. tak ada istilah kesemutan atau kram deh pokonya..

2. Handling

Nah ini, handling.. jujur Motomazine dibuat benar-benar terkejut atas handling si Kawasaki Versys-X250 ini bro sis. Bagaimana tidak, anggapan awal MMz atas handling sang adventure nyatanya termentahkan begitu saja. Sebab jujur, sebelum merasakan langsung sensasi berkendara dengan Versys-X250, MMz sempat beranggapan jika handling motor ini pasti susah. Terlebih saat dibanting dan ditekuk di lintasan aspal, pasti butuh effort lebih untuk melakukannya. 

Namun ternyata saat menyemplak langsung sang Versys-X250, semuanya terbantahkan begitu saja. Kekhawatiran akan handling yang susah nyatanya tak terbukti. Awalnya MMz sempat ragu kala pertama kali mencoba menekuk si adventure bike ini di tikungan. Rasa was-was motor ngeloyor sempat menghantui, namun ternyata… wasemb, di luar dugaan.. motor ini uenak banget bro sis kala diajak bermanuver di tikungan. Tak perlu effort berlebih untuk membuatnya rebah. Bahkan kala dipaksa banting kanan kiri untuk melibas tikungan “S” pun begitu mulus, tanpa ada gejala ngebuang dari roda belakang.

Saat sesi pengambilan video di lautan pasir Bromo

Lantas bagaimana saat diajak bermain di area berpasir? Yup, karena diperuntukkan bagi semua medan dengan mengusung tagline ANY ROAD ANY TIME, lautan pasir Bromo pun dipilih untuk menguji ketangguhan sang Versys-X250. Dan hasilnya, walaupun menggunakan ban tipe semi, bukan ban tahu khas motor-motor offroad, namun ternyata si Versys-X250 cukup mampu untuk dibawa bermanuver menaklukan pasir yang selalu mencoba menjebak ban belakang dan membuang roda depan ke arah kanan dan kiri tak karuan. 

Tanpa teknik riding yang benar, dijamin anda bakal jumpalitan bercengekrama dengan lembutnya pasir di Bromo :mrgreen:. 

Masih di Black Lava Kintamani

Untuk urusan tenaga, meskipun dibekali dengan torsi yang cenderung smooth, namun dengan mengandalkan gigi 1 dan 2 (untuk pasir ekstrem) sudah mampu membawa Versys-X250 ini melaju sempurna. Geol sana geol sini, namun asyik.. beneran deh, anda yang belum terbiasa dengan trek semacam ini harus memberanikan diri dan meluangkan kesempatan untuk mencoba. Bagi MMz sendiri, ini adalah kali pertama MMz berkendara di lautan pasir Bromo dengan motor bertipe adventure lengkap dengan pannier di kanan dan kiri. Sensasinya ya itu… mengendalikan motor jangkung berbobot 184 kg di lintasan berpasir dengan kedalaman beragam, buta trek dipadu modal “pokoke yakin”.. warbiyazalah pokoknya… 

3. Pengereman

Yang namanya sepeda motor tipe adventure, peruntukannya tentu saja ya untuk touring. Dan yang namanya perjalanan touring, tentu anda tak bisa menduga apa yang bakal ada di depan kita. Berbagai aral dan rintang bisa saja menghadang dan memaksa kita sesigap mungkin mengurangi laju kendaraan. 

Nah, karena hal inilah rem menjadi piranti wajib yang mutlak dapat dipercaya keamanannya. Dan untungnya, Kawasaki Versys-X250 tipe Tourer ini sudah dibekali dengan penghenti laju model disk brake bergelombang (depan dan belakang), dipadu dengan teknologi ABS (Anti Brakelock System). Sehingga kebutuhan anda dalam menghentikan motor dijalanan aspal, berpasir maupun berkerikil dapat diakomodir dengan semaksimal mungkin tanpa takut roda mengunci yang akhirnya akan membuat anda terbanting.

Seperti yang MMz sebutkan di atas, selain membantu pengereman di medan beraspal, fungsi dari rem ABS ini terutama sangat membantu pergerakan dan kelincahan Kawasaki Versys-X250 di area Black Lava, Kintamani, Bali. 

Medan berpasir dipadu kerikil tentu membuat anda berpikir dua kali saat akan membejek tuas rem depan. Loh kok ngerem? Ya iyalah masbro ngerem. Secara kita naiknya rombongan. Nah, dalam masing-masing rombongan kan skill nya berbeda-beda. Di sanalah kita akan dihadapkan pada situasi dimana kita harus mengerem tatkala motor kita sudah terlalu dekat dengan rider lain. Ditambah trek yang ada di Black Lava itu berkelok-kelok. It’s fine, mungkin ketika berjalan stabil dengan kecepatan 20 kpj, anda tak perlu melakukan pengereman ketika berbelok. Akan sangat berbeda jika jiwa curiousity anda tinggi. Bukannya pelan, ketika motor dirasa sudah mulai menyatu, tentu anda akan membejek gas sedemikian rupa, mencoba mengeksplor kemampuan motor sekaligus adu nyali diri sendiri :mrgreen: Nah, pada situasi seperti inilah kombinasi gas, kopling, shifting gear dan braking mutlak diperlukan. Dan rem sistem ABS ini sungguh sangat menunjang itu semua masbro.. 

Kesimpulan

Pemandangan indah Black Lava Kintamani by Motomazine

Dari pengalaman berkendara Kawasaki Versys-X250 selama dua hari dengan jarak tempuh sejauh 605 km, dapat Motomazine ambil kesimpulan diantaranya:

  • Ergonomi nyaman, khas motor tourer. Meskipun bobot motor luamayan menyiksa tenaga namun kesemuanya begitu saja sirna saat motor diajak berlari, bermanuver dan beraksi.
  • Dibekali mesin 250cc 2 silinder DOHC dengan torsi sekitar 27,1 Nm yang cenderung tidak mengintimidasi, nyatanya tak membuat Versys-X250 kedodoran saat diajak bermanuver di lautan pasir Bromo maupun area berkerikil di Black Lava. Handling yang ditawarkan sangat jempolan, menunjukkan mass distribution memang dirancang sedemikian rupa agar terpusat di tengah. Dan poin inilah yang paling MMz suka.
  • Mengandalkan dual disk brake bersistem ABS (depan belakang) membuat kinerja penghenti laju Versys-X250 cukup jempolan. Tak sekalipun ban mengunci atau sliding. Bahkan saat anda melakukan sedikit braking kala menikung, maupun shifting tepat saat anda berada di tikungan.

Ini aksi Mr. Alex. Aksi Motomazine sebenarnya ada yang seperti ini, cuman gak ada yang ngefoto😭

    Last.. untuk motor seharga Rp 74 jutaan OTR Surabaya, Kawasaki Versys-X250 cukup pas untuk mengakomodir hobi touring anda. Bodi jangkung, power mumpuni, torsi mencukupi dipadu handling jempolan pasti akan membuat anda terkesima dengan performa motor yang menjadi adik dari Versys 650 ini. 

    Ya sudah… tak kasih gambar wefie sama om Eddi Brokoli saja.. “Kuliah Pagi”😀

    So..tagline Kawasaki Versys-X250 ANY ROAD ANY TIME ternyata bukan cuma sebatas slogan. Namun kesemuanya telah dibuktikan secara lengkap saat touring Surabaya-Bromo-Banyuwangi-Kintamani- Kuta bareng PT. SURAPITA UNITRANS dan PT. DUTA INTIKA.. c u in the next event… (MMz)

    • Baca juga

    ===============

    Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

    • motomazineblog@gmail.com
    Iklan

    Tentang motomazine

    Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
    Pos ini dipublikasikan di New Bike, test ride dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

    7 Balasan ke First Ride Impression Kawasaki Versys-X250. Handling Mengejutkan dari Sebuah Adventure Bike..!!!

    1. PotretBikers berkata:

      Aku malah terkagum-kagum, nggak terkejut sama sekali…😰😰😰

      Disukai oleh 1 orang

    Silahkan berkomentar.. Monggo...

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s