Mungkin Gak Sih Suzuki Hadirkan Bebek Super 150cc…?

new-shogun

New Shogun 125 generasi kedua setelah Shogun 125 hadir

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Niatan Suzuki untuk benar-benar bangkit rupanya mendorong timbulnya harapan besar bagi pecinta motor asal pabrikan Jepang sdelain Honda dan Yamaha ini. Sempat kondang dengan tagline “INOVASI TIADA HENTI”, para loyalis berharap ke depan Suzuki mau lebih memperlebar sayap dengan tak hanya bermain di kelas sport fairing dan naked 150cc, namun juga hendaknya mereka lebih berani merambah ke kelas bebek super.

Yup, seperti yang kita tahu bro sis… dua pabrikan besar lainnya seperti Honda dan Yamaha telah lebih dahulu bermain di kelas bebek super dengan memanfaatkan mesin yang common part dengan motor sport yang mereka punya. Sebut saja Honda Supra GTR150 dengan mesin K15 yang identik dengan milik New CB150R serta Yamaha yang mengandalkan MX King150 dengan mesin 2PV mirip New Vixion.

Bertumpu pada dua motor di atas, maka tak berlebihan kiranya jika akhirnya Suzuki lovers juga mengharapka kepada PT. SIS untuk mau kembali meracik bebek andalan mereka namun dengan syarat transformasi berupa mesin tegak ala-ala motorsport. Dan seperti ingin menunjukkan, rata-rata bebek Suzuki yang ingin kembali dihadirkan adalah klan Shogun.

Oke, mari kita kembali sedikit flash back ke belakang dengan membahas sedikit tentang bebek yang beberapa kali mengalami refreshment ini. Shogun pertama kali hadir sebagai motor 4 tak Suzuki menggantikan Tornado yang mulai tergerus dengan standar EURO3 dimana pabrikan nantinya, dan saat ini sudah dilakukan agar memproduksi motor yang lolos standar emisi. Dan otomatis, itu hanya bisa dilakukan dengan motor berjenis 4-langkah, walaupun kabarnya dewasa ini ada juga salah satu pabrikan yang tengah mengembangkan motor bermesin 2-langkah namun mampu lolos standar EURO4.

Back to topic, Suzuki Shogun era pertama dikenal sebagai motor yang  bertenaga, halus dan cepat di kelasnya. Dibekali mesin 110cc dengan CDI unlimiter, motor ini kabarnya sanggup digeber hingga kecepatan 120 km/jam dalam kondisi standart ting-ting. Cukup mengesankan bro sis untuk ukuran motor 110cc 4-tak waktu itu. Seiring dengan perkembangan zaman, Suzuki terus mencoba berinovasi dengan menyegarkan tampilan sekaligus akhirnya merombak mesin Shogun agar mampu berkompetisi dengan pabrikan lain yang juga mulai menelurkan bebek-bebek 4-tak andalannya. Perlu bro sis ketahui, era tahun ’90an hingga dua ribuan motor bebek adalah motor yang cukup menjadi primadona remaja. Terlebih image jika bebek bisa dibawa kencang terus dipamerkan oleh tim-tim yang ikut berlaga dengan mengandalkan pacuan-pacuan motor bebek seperti Shogun sendiri, Jupiter dan bahkan Supra 125. Dan dari situlah bro sis, akhirnya mesin shogun 110cc pun lengser digantikan mesin yang lebih powerful, yakni 125cc lewat Shogun 125 generasi pertama, kedua hingga akhirnya muncul Shogun Axelo.

Nah, merunut kedigdayaan Shogun sebagai motor halus bernafas panjang dan kencang (pengalaman MMz pribadi yang pernah membawa New Shogun SP125 dimana gigi 3 nya mampu tembus 100 km/jam), otomatis harapan pecinta bebek Suzuki kembali tertuju ke Shogun. Dan seperti mendapat momen tepat, banyak yang berharap mesin powerful dari GSX-150 series ini bisa dicangkokkan untuk bertengger di tubuh bebek super Suzuki. Entah apa namanya nanti, apakah Shogun atau malah New Arashi :mrgreen: Harapan ini tentu sudah didengar oleh para petinggi PT. SIS. Logikanya, pabrikan mana sih yang gak pengen bikin konsumen loyalnya bangga dan puas bro sis..??? Namun kembali lagi, untuk mengarah ke produksi motor bebek super, sepertinya Suzuki Indomobil Sales harus lebih berpikir ekstra. Artinya, walaupun itu sudah masuk ke dalam draft rancangan mereka ke depan, sepertinya peluang untuk kembali tampilnya bebek super Suzuki cukup tipis masgan.. Bukannya apa-apa, makin ke sini tren pasar semakin terseret ke motor sport dan matic, dimana bebek mulai ditinggalkan. Jika bro sis mau menyimak, pangsa pasar motor bebek dewasa ini hanya bermain dia angka 15.000-20.000 an unit saja tiap bulannya. Rasanya kok seperti maruk ya, jika akhirnya Suzuki secara “kesuzu” nyemplung juga ke situ.. 😆 Terlebih saat ini mereka sedang gencar dan berkonsentrasi pada GSX-R150 dan GSX-S150 mereka..

Namun yang namanya kebijakan pabrikan bro sis… bisa saja berubah sewaktu-waktu. Kesemuanya tentu berjalan dinamis. Dan jika dirasa perlu, maka tak menutup kemungkinan jika tiba-tiba nantinya Suzuki jadi mempertimbangkan dan beneran ngeluarin bebek super 150cc mereka. Lha opo ra seneng sampean..??? Hehehe…

Last… kesemuanya ini masih sebatas opini dan pandangan MMz pribadi sebagai penulis sekaligus pemerhati dunia otomotif yang makin dinamis bro sis.. jadi masih banyak kemungkinan untuk meleset. Baik meleset tak jadi hadir, atau bahkan tetiba mak bedunduk si bebek super tersebut lahir begitu saja… Hehehe… But, Btw, memang sampean semua setuju gak toh masgan jika Suzuki merilis bebek super bermesin GSX-150 sebagai pendamping Satria F150Fi..??? (MMz)

===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di New Bike, serba-serbi, umum dan tag , , , , . Tandai permalink.

15 Balasan ke Mungkin Gak Sih Suzuki Hadirkan Bebek Super 150cc…?

  1. andhi_125 berkata:

    Bingung ya pak? Cekelan cagak

    Disukai oleh 1 orang

  2. Marc Alenta berkata:

    Potential ke arah big skutic skywave 180…V Strom , Dan Dr 200..

    Suzuki masih pertahankan fu fi …

    Suka

  3. indut berkata:

    kalau saya masih berharap shogun 150,
    kenyamanyan berkendara dari shogun belum tergantikan, bakan saya masih setia pakai shogun 125 buat perjalanan jauh.
    kalau buat komuter pakai skydrive cukup nyaman, ga perlu oper gigi.
    tapi seandainya gsx s150 jok belakan nya rata dan nyaman untuk pembonceng, shogun ga perlu lahir.

    ngarep.com

    Suka

  4. RPMspeed berkata:

    lagi fokus ke gsx series

    Perbedaan fitur Suzuki GSX R dan S
    http://rpmsuper.com/perbedaan-fitur-suzuki-gsx-r-dan-gsx-s/

    Disukai oleh 1 orang

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s