Ducati Resmi Rilis Panigale 1299 "Edisi Perpisahan". Mesin Lawas yang akhirnya harus Terganti

Diposting pada


wp-1499595558669.jpg

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Berbarengan dengan gelaran balap WSBK di Mazda Race way Laguna Seca, Ducati secara resmi merilis Panigale 1299 “Final Edition” dengan warna khas Tricolor ala bendera Italia (merah, putih, hijau). Edisi perpisahan ini sekaligus menjadi saksi bakal dilengserkannya mesin L-Twin yang selama ini menjadi andalan Ducati untuk bertarung di kelas World Superbike.

Seperti pendahulunya, Ducati Panigale 1299 Final Edition ini dibekali dengan teknologi yang mirip dengan besutan Chaz Davies di kancah balap World Superbike namun masih sedikit lebih rendah dibanding sang premium Panigale Superleggera. Si Panigale 1299 Final Edition ini menggunakan sasis monokok alumunium sehingga mempunyai bobot total sekitar 12 kg dibanding Superleggera yang mengusung berbagai piranti karbon termasuk juga pada sasisnya.

wp-1499595550981.jpg

Dilansir dari MCN, menurut Caludio Domenicalli, saat ini memang sudah seharusnya Ducati move on dari mesin 2 silinder yang telah membalap selama 30 tahun dan berhasil memenangkan sebanyak 330 juara seri balap WSBK. Hal ini sekaligus sebagai jawaban atas munculnya spyshot Ducati V4 yang tertangkap kamera beberapa waktu lalu. Jadi bisa dipastikan Ducati dengan mesin baru berkonfigurasi V4 inilah yang nantinya akan menggantikan Panigale L-Twin berlaga di kancah balap WSBK. Setidaknya mulai musim 2019 kelak.

Sebagai edisi perpisahan ducati pun menyematkan fitur,part serta spesifikasi mesin yang tak main-main pada Panigale 1299 Final Edition. Seri penutup keluarga Panigale dengan mesin Superquadro ini diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 209 HP/11.000 rpm dan torsi puncak menyentuh 142,09 Nm/9.000 rpm. Untuk menjinakkan tenaga badak sang Panigale, Ducati sudah menyiapkan DWC EVO (wheelie control), DTC EVO (traction control), EBC (Engine Braking) serta DDA (data logger). Kesemuanya ini diatur oleh apa yang disebut IMU atau otak piranti elektronik di Ducati Panigale 1299 Final Edition.

Di area gas buang Ducati membekali Panigale 1299 Final Edition dengan knalpot Akrapovic dengan high-level siencers acting seperti yang dipakai pada Ducati Panigale R WSBK. Suspensi depan masih menggunakan merk Ohlins berdiameter 43 mm dipadu suspensi TTX36 di belakang. Untuk menghentikan laju motor, Ducati membenamkan rem Brembo M50 Monobloc calipers, velg forged alumunium serta ban Pirelli Diablo Supercorsa SP. Guna memuluskan kinerja semua part ciamik tersebut tak lupa Ducati juga menyematkan DQS (quickshifter dan autoblipper) agar proses pengoperasian gigi perseneling bisa bekerja lebih jempolan lagi.

wp-1499595571280.jpg

wp-1499595578965.jpg

So… berminat memiliki Ducati Panigale 1299 Final Edition ini? Monggo silahkan rogoh kocek anda sebanyak £34,995 atau sekitar Rp 593 juta. Unit sendiri baru akan disebar pada akhir bulan Juli mendatang di dealer-dealer lokal Italia… Jadi kalau memang beneran pengen, sepertinya anda harus berjuang lebih keras lagi nih masgan… :mrgreen: (MMz)

===============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

0 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini