Siapa Sih Mitsubishi Expander itu? Dan ada Apa dibalik Kapnya?


Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Akhirnya tergelitik juga mengulas si MPV (Multi Purpose Vehicle) terbaru keluaran Mitsubishi yang siap menantang eksistensi duet Avanza Xenia, Ertiga dan bahkan Mobilio. Lantas apa sih yang tersimpan si balik kapnya? Lantas siapa sih Mitsubishi Expander itu? Apa iya si “baby Pajero” ini hasil kerjasama Mitsubishi-Nissan?

Yups, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja meluncurkan Mitsubishi Expander. Mobil kelas MPV yang dahulu sudah sempat menggegerkan dunia maya permobilan lewat XM Concept. Dan benar saja Mitsubishi benar-benar menggebrak pasar Indonesia lewat desain Expander yang memang bisa dikatakan 90% mirip dengan versi konsepnya tersebut.

Berbicara area di balik kap tentu kita akan membahasa mengenai dapur pacu yang disematkan pada Expander. Banyak pihak yang mengatakan jika Expander ini merupakan hasil kerjasama Mitsubishi-Nissan seperti halnya Toyota-Daihatsu yang sukses lewat duet Avanza-Xenia mereka. Nah, dari beberapa referensi yang MMz baca bahkan ada yang menyebut jika Expander ini dibekali dengan mesin ya.g serupa dengan Nissan Grand Livina. Weleh? Beneran gak to ini?

Daripada penasaran monggo kita simak saja penuturan Takaaki Kishii, Chief Product Specialist Product Strategi Division, MMC Jepang yang mengatakan kepada Kompas jika Mitsubishi aslinya mengembangkan mesin yang benar-benar baru pada Expander.

Kabin Mitsubishi Expander

“Saya harus mengatakan ‘ya’ (baru). Mesin ini dikembangkan atau dimodifikasi dari mesin yang sudah ada sebelumnya. Jadi, 1.500 cc Mitsubishi, ini adalah yang terbaru,” ujar Takaaki San (24/7/2017).

Sejauh ini memang mesin yang diusung oleh Expander masih menjadi misteri dan perlu diselidiki lebih lanjut. Setidaknya di ajang GIIAS nanti, dimana Mitsubishi akan melaunching secara resmi si Expander ini kepada khalayak. Yang pasti, selain menggunakan mesin yang benar-benar baru, ke depan mesin Mitsubishi Expander ini juga akan dipakai pada produk-produk lain dengan kubikasi mesin 1.500cc.

Mitsubishi Expander sendiri mengaplikasikan penggerak roda FWD (depan) karena dipandang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar akibat berkurangnya bobot kendaraan (efek hilangnya penerus transmisi ke roda belakang). Berbeda dengan Avanza dan Xenia yang memilih memakai RWD (penggerak roda belakang), Mitsubishi Expander lewat Kishii San mengatakan jika pihaknya cukup Pede dengan apa yang diusung oleh Expander ini.

Buritan Mitsubishi Expander ( dengan tambahan kit bemper)

Dengan dimensi 4475 mm x 1750 mm x 1700 mm (P x L x T) Mitsubishi Expander merupakan mobil MPV ter ‘semok’ di kelasnya. Ground Clearance mencapai 205 mm juga membuat Mitsubishi Pede meletakkan foglamp di bumper paling bawah lengkap dengan headlamp di sisi kiri dan kanan bemper (bawah grill).

Last tersedia dalam dua tipe transmisi (AT dan MT) Mitsubishi Expander dijual mulai dari Rp 189 jutaan hingga Rp 246 jutaan rupiah untuk tipe tertinggi.

So.. Anda berminat..? Pengen merasakan sensasi baby Pajero dengan kaki-kaki layaknya Lancer? Monggo.. Boleh dibeli kok masgan.. (MMz)

===============

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di mobil dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Siapa Sih Mitsubishi Expander itu? Dan ada Apa dibalik Kapnya?

  1. Fiat Tomcat berkata:

    Berminaaaat banged…

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s