5 Gejala Rem Mobil Rusak. Waspada Cak!

images (14)107813734..jpg

Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Piranti pengereman adalah salah satu bagian terpenting pada kendaraan, dalam hal ini mobil. Perangkat pelambat sekaligus penghenti laju kendaraan ini mutlak diperlukan agar kita bisa berkendara dengan aman dan nyaman baik bagi diri sendiri maupun lingkungan lalu lintas di sekitar kita.

Namun yang namanya piranti terpasang dan terus tergerus oleh gesekan, berbagai masalah bisa saja timbul pada perangkat pengereman Cak. Bahayanya, jika dibiarkan hal ini akan mempengaruhi performa rem itu sendiri. Salah-salah malah rem gak berfungsi alias blong. Walah, wes bakal runyam urusannya.

Baca juga:

Nah, untuk mengenali sehat tidaknya rem di mobil sampeyan nih Cak, monggo silahkan kenali 5 gejala rem rusak berikut ini. Dilansir dari laman resmi Toyota, inilah 5 gejala jika rem mulai rusak:

1. Indikator pada instrumen

Hampir setiap kendaraan, terutaman model terbaru selalu dilengkapi dengan indikator rem yang dapat dilihat di Multi Information Display (MID). Indikator ini sendiri berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengemudi apakah rem bekerja secara normal atau tidak.

Jika rem dalam kondisi normal maka indikator tersebut berada dalam posisi tak menyala. Namun ketika rem mengalami permasalahan seperti kebocoran pada minyak rem atau tak berfungsinya fitur ABSb lampu indikator akan menyala. Yangs sedikit menjadi PR mungkin untuk para pemelihara Motuba ya Cak. Mobil-mobil keluaran lawas biasanya tak menyertakan piranti indikator ini.

2. Suara bising pada rem

Gejala kedua yang terjadi jika rem mulai rusak adalah timbulnya suara bising saat sampeyan melakukan pengereman. Suara bising tersebut biasanya berasal dari bantalan rem aka brake pad yang terbuat dari baja. Suara bising ini timbul akibat brake pad bersentuhan dengan rotor.

Jika sudah seperti ini sebaiknya segera ganti kampas rem mobil sampeyan masbro. Daripada tuh mobil ngloyor gak mau berhenti saat direm.

3. Getaran pada saat pengereman

Gejala selanjutnya saat rem mulai tak normal adalah terjadinya getaran saat sampeyan melakukan pengereman. Gejala ini terjadi biasanya akibat mulai tak ratanya rotor atau piringan pada roda.

Untuk remcakram getaran ini bisa timbul dari cengkeraman piston di kaliper rem yang tidak normal. Oleh sebab itu selalu periksa kondisi roda, dan pastikan memasang baut roda denagn tepat.

4. Kekurangan minyak rem

Minyak remadalah pelumas yang berfungsi melindungi komponen logam yang bergesekan saat rem dioperasikan untuk memperlambat/menghentikan laju mobil. Kekurangan minyak rem bisa dideteksi dengan berkurangnya daya pengereman. Jika terjadi penurunan kapasitas minyak rem sebaiknya sampeyan segera mengecek kondisi selang dan seal nih Cak. Jangan lupa juga lakukan pergantian minyak rem secara berkala untuk menghindari pengendapan yang bisa saja terjadi di seal atau selang rem.

5. Bau tajam pada rem

Pernah mencium bau gosong saat nyetir di kontur jalanan terjal? Baik tanjakan maupun terutama turunan? Nah, inilah salah satu indikator rem mulai tak berfungsi normal Cak. Saat anda melakukan pengereman berulang, dan kemudian muncul bau gosong, artinya terjadi panas berlebih pada piranti pengeremansampeyan. Jika hal ini terjadi, jangan nekat. Segera minggir Cak, dan tunggu hingga rem kembali dingin. Setelah itu baru periksakan rem mobilnya sampeyan ke bengkel.

Last… Piranti pengereman adalah hal penting dalam berkendara. Selalu cek kondisi rem kendaraan Cak. Sebab berkendara tanpa rem sama saja dengan menjemput bahaya. Dan baiknya lagi segera periksakan mobil ke bengkel apabila mulai anda temui 5 gejala rem rusak seperti yang sudah mmz tuliskan di atas. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di serba-serbi, Tak Berkategori, tips dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke 5 Gejala Rem Mobil Rusak. Waspada Cak!

  1. Mas Sayur berkata:

    Waspadalah….Waspadalah….

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s