Penjualan Xpander Bulan Maret 2018 Kembali Kalahkan Avanza. Apakah Trend Pasar Mulai Bergeser?

oleh



Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Selalu menarik memang mengikuti trend pasar low Multi Purpose Vehicle atau yang lebih dikenal dengan sebutan MPV. Karena di kelas mobil keluarga ini bercokol setidaknya dua mobil MPV beda pabrikan yang terus berebut pasar saling salip dalam penjualan.

Dan benar saja masbro, di bulan Maret 2018 kemarin, Mitsubishi Xpander kembali lampaui angka penjualan Toyota Avanza. Sebuah prestasi yang patut diacungi jempol, khususnya untuk Mitsubishi. Kenapa masbro? Sebab meskipun tergolong MPV baru, nyatanya Xpander berhasil ngrecokin, bahkan mengungguli penjualan Avanza yang sudah melanglang buana sejak 2004 silam.
Mau diakui atau tidak, kehadiran Xpander memang membawa paradigma tersendiri bagi penikmat mobil tanah air. Lha piye Sam, desain MPV yang cenderung kalem berhasil didobrak Mitsubishi dengan menghadirkan Xpander yang berdesain serba tajam, cenderung agresif dan bisa dibilang sebagai Baby Pajero.
Baca juga:


Dan dari manisnya desain tersebut, akhirnya Xpander berhasil mencatatkan penjualan yang cukup apik. Dilansir dari DetikOto, bulan Februari 2018 Xpander berhasil terjual sebanyak 7.400 unit, mengalahkan Avanza yang terjual sebanyak 6.773 unit.
Penjualan Xpander terus mengalami kenaikan positif, pasalnya di bulan Maret 2018 MPV dengan alis ini berhasil terjual sebanyak 7.493 unit. Lagi-lagi nyalip Avanza di angka 7.097 unit.
Jika kita perhatikan nih Sam, baik Xpander dan Avanza sekalipun sebenarnya sama-sama mengalami peningkatan penjualan loh. Tapi ya itu, meski sudah naik signifikan, tetap saja jualan Xpander atas Avanza di bulan Maret masih lebih laris. Sempat anjloknya penjualan Avanza di bulan Februari sendiri diakui pihak TAM (Toyota Astra Motor) adalah akibat terkonsentrasinya mereka terhadap permintaan New Rush yang juga tak kalah kencang.
Jadi, kita tunggu saja hasil jualan bulan ini masbro. Yang datanya bakal keluar bulan depan. Apakah Xpander masih terus bercokol menjadi LMPV terlaris atau kembali mampu disalip Avanza. Padahal hingga saat ini distribusi Xpander terbilang belum mulus-mulus banget loh ya…

Oh ya masbro, sejatinya akan sangat pas jika komparasi dua produk satu segmen ini didasarkan pada pengalaman empiris nyetir kedua mobil. Untuk Avanza sih, walaupun belum sering tapi rasanya udah cukup familiar bagi mmz, yang belum Xpander nih… Ya kali aja ada yang mau ngajakin test drive, biar saya ngerti sendiri, apa sih pembeda Xpander hingga meskipun termasuk pemain baru tapi bisa langsung moncer begitu jualannya… 😁 Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

Silahkan Berkomentar di bawah sini