Ini Nih Penyakit yang Bikin Radiator Mobil Ngebros aka Overheat. Berikut Biaya Servisnya

Diposting pada 3.616 views

Alhamdulllillah

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Seperti yang sudah mmz tuliskan di artikel kemarin (di sini), baru saja saya mengalami pengalaman kurang mengenakkan namun sangat berguna saat perjalanan pulang dari rumah keluarga di Sragen, via Tawangmangu. Yup, radiator motuba saya ngebros. Tak tanggung-tanggung, seketika uap panas menyembur dari radiator diiringi hembusan kuat yang meniup tabung reservoir.

Singkat cerita, sesampai di rumah saya pun langsung menggelandang si kucing tua yang aslinya masih seneng diajak berlari ini ke bengkel radiator dekat rumah. Yup, berbekal keyakinan dan sedikit pengetahuan serta masukan dari berbagai sumber, halah :mrgreen: , kemungkinan besar masalah datang dari piranti selang atau bahkan radiator sendiri yang bocor, atau bisa juga akibat kerak yang menutup aliran cairan pendingin dari radiator ke mesin.
Baca juga:

Yowes langsung saja, basa basi ngalor ngidul setengah konsultasi dengan dokternya (dokter radiator), saya putuskan untuk meninggalkan si kucing di bengkel. Tak berselang lama, handphone saya pun berdering, menandakan ada pesan WA masuk.
Buka hape, buka WA nya, baca, “Mas, radiatornya bocor, selang juga waktunya ganti, terus tutup radiator karetnya juga udah keras, waktunya ganti,” ujar bro San, si dokter radiator.
Wes tanpa babibu macak kongkong (berlagak mampu: red), mmz pun langsung balas, “siap om, ganti saja kalau memang waktunya ganti.” (Sambil dongkrok di pojokan ngelihat isi dompet). Dalam hati saya sempat berkata, “Wah ini, seharga sepatu sport KW1 ini mesti” 
Jam demi jam berganti, dari pagi menjelang siang hingga akhirnya tibalah petang, handphone kembali berdering. Sebuah pesan WA kembali masuk dari dokter radiator. “Mas, sudah jadi kalau mau diambil,” ujarnya. “OK!” Balas saya.
Tanpa menunggu lagi saya pun meluncur ke bengkel. Dan ternyata sesampainya di sana mobil memang sudah rapi, terlihat lebih manusiawi dan yang pasti kelihatan banget sudah dinyalakan lama sekali. Wajar, buat ngetes apakah mungkin terjadi rembesan dkk. Dan alhamdulillahnya, tidak. Semua aman. Mesin mobil sudah cukup panas dan radiator bekerja secara optimal.
Last… Ngobrol ngalor ngidul akhirnya bahasan pun sampai ke rincian biaya. Sempat khawatir mahal sih cak, secara bro San sendiri e yang nyariin spare part yang harus diganti tadi ke kota. Lumayan loh, 15 km je.
Dan setelah ditotal, betapa lega hati saya… Masih sangat rasional dan masuk diakal cak.. Semua part plus biaya jasa servis hanya menelan Rp 200 ribu saja. Weh, elok ini.. Cocok nih buat diajak pasang banner, eh langganan maksutnya :mrgreen:
Oh ya untuk rincian bagian apa saja yang perlu diganti antara lain:

  • Tutup radiator = Rp 45.000,-
  • Selang atas/besar = Rp 65.000,-
  • Selang bawah/kecil + klem =Rp 25.000,-
  • Biaya servis =Rp 70.000,-
  • Jadi biaya total ketemu Rp 205.000,-

Tutup radiator

Selang besar atas

Selang kecil bawah

@part-part yang harus diganti. Saya kasih lingakaran noh
Dan karena memang si bro San yang baik hati, mmz hanya ditarik Rp 200 ribu saja. Yang 5 ribu biarin aja mas, bayar 200 (ribu) saja.. Ucapnya dengan senyum penuh makna.. Wkwkwk… Semoga berguna.. Pesen saya buat kita semua, cek selalu kendaraan anda sebelum bepergian. Terutama ke luar kota. Ngenes cak kalau mogok di jalan.. Yakinlah, tenan… (mmz)
==============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Ini Nih Penyakit yang Bikin Radiator Mobil Ngebros aka Overheat. Berikut Biaya Servisnya

  1. Alhamdulillah si panther tua sudah sehat lagi ya. Dan ini memang repotnya dengan radiator : baru ketahuan bermasalah kalau sudah overheat di perjalanan, susah dideteksi sebelum jalan. Taruna-nya mertua sampe belah mesin gegara overheat berkali2..

Mari berbagi komentar di sini