TIPS Murmer Rawat Helm biar Awet. Yang ini Harus diperhatikan

oleh



Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… siapa bilang helm gak butuh perawatan? Justru karena bersentuhan langsung dengan kulit dan rambut yang rawan sekali kotor, merawat dan membersihkan helm wajib dilakukan agar helm tetap nyaman digunakan yang akhirnya membuat pemakai lebih fokus menatap jalanan.

Dilansir dari motorcyclist ada trik murmer buat sampean pecinta helm Cak. Apalagi bolo-bolo helmet lovers, dijamin senyam senyum sendiri ini pasti. Wong pasti udah pada expert masalah beginian. Tapi yo gak apa lah Cak, toh namanya trik selalu berguna seberapapun itu.
Trik pertama soal merawat helm adalah cara penyimpanannya. Harap menyimpan helm di tempat kering dengan keadaan helm sudah bersih. Jadi intinya ki Cak, usahakan untuk membersihkan helm terlebih dahulu sebelum disimpan.
Kedua, cara membersihkannya Cak. Jangan asal membersihkan helm, grusa-grusu, asal cepet, pakai lagi. Kalau helm yang seharga sepeda motor sih gak masalah Cak. Lha kalau sampean punya AGV Corsa, Pista GP, Arai, HJC, Shoei, Nolan, Shark dan helm-helm bermerk lainnya yang tak bisa mmz sebutkan satu persatu, kebersihan helm sepertinya menjadi hal wajib.
Saat permukaan helm sudah agak kotor nih Cak, bersihkan helm dengan hati-hati. Kalau khawatir baret, anda bisa meletakkan handuk basah di permukaan cat helm untuk mengangkat kotorannya.
Ketiga saat membersihkan visor helm. Ini juga tak kalah penting Cak. Hendaknya cukup basahi visor helm dengan cara menyemprotnya memakai air bersih. Tak perlu deterjen, kalau pengen bersih pakai saja sabun cuci piring atau sabun bayi rendah Ph.
Baca juga:


Setelah sampean semprot pakai sabun cair nih Cak, langkah selanjutnya adalah semprot lagi memakai air bersih, untuk kemudian dilap pakai kanebo. Cukup tempel-tempelkan kanebonya Cak, jangan digesek-gesek biar visor tetap aman. Sebab kalau visor sampai baret nih Cak, bisa mengganggu pandangan anda loh. Terutama saat riding malam dan papasan sama motor/mobil dari arah depan yang lampunya sekarang udah pada luar biasa terang.
Selanjutnya membersihkan busa. Caranya adalah dengan melepas busa helm (yang bisa dilepas-pasang) kemudian rendam di dalam air hangat dengan campuran sabun bayi.

Biarkan beberapa saat Cak, diamkan, jangan diajak ngomong 😂 , nah baru setelah dirasa busa kotoran udah pada rontok nih, angkat dan bersihkan dengan air mengalir.
Untuk mengeringkannya, nah ini Cak yang butuh perhatian khusus. Jangan jemur busa di bawah terik matahari. Apalagi dijemur sekalian sama helmnya. Karena menurut sumber yang sama, hal ini bisa mengurangi daya elastisitas busa itu sendiri Cak.
Untuk mengeringkan busa helm anda hanya perlu menaruhnya di atas handuk kering, atau kalau memang keburu pengen dipake sih tinggal diangin-anginkan di depan kipas angin.
Last… itu dia Cak, trik murmer bersihkan helm. Dengan helm yang bersih, apalagi full face, tak hanya kenyamanan yang anda dapatkan, namun juga bisa membantu menjaga fokus anda kangbro…
Buayangkan coba, pakai helm fullface, udah cangkangnya kotor, dalemannya buluk, busanya kempes, diperparah sama baunya yang gak jelas. Woh, iso semaput ndadak sampean Cak 😁
So… silahkan merawat helm anda sebaik mungkin Cak. Sebab kebersihan adalah sebagian dari iman.. Betul tidak…? Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

Silahkan Berkomentar di bawah sini