Senam di Atas Motor? Emang Boleh?

oleh



Motomazine.com – Masbro, sampeyan sering touring? Atau jalan jauh yang membuat pikiran jenuh, ngantuk, badan capek atau pergelangan sendi kaku semua? Nah, saat itulah anda disarankan melakukan senam. Sek Kang, maksutmu sit up, push up, atau SKJ di atas motor gitu? 🤔 Haiyah, ora ngono maksute kangbro. Maksut senam di sini adalah peregangan ringan yang bahkan bisa sampeyan lakukan sembari nunggang motor.

Adalah bro Fendrik Alam, si juara nasional intruktur safety riding binaan MPM Distributor yang ngasih tips berguna ini. Mmz inget banget, saat itu kita mau touring ke Situbondo (di sini). Nah, Cak Fendrik ngasih tips agar kita tetap terjaga dan fresh kala mulai menemukan kejemuan saat berkendara. Tipnya yo kui Kang, senam atau relaksasi ringan.
Baca juga:


Gerakan senam yang bisa sampeyan praktekkin juga gak harus yang berat-berat. Cukup lakukan peregangan atau pelemasan otot pada beberapa bagian tubuh berikut ini, seperti:
Kepala
Gerakan untuk merilekskan kepala bisa dilakukan dengan cara memutar kepala 180 derajat dengan ringan dan teratur. Bisa juga dengan mematahkan ke kiri dan kanan. Tapi ingat, mata musti tetap fokus ke depan. Usahakan gerakan yang anda lakukan tetap under control. Jangan mentang-mentang peregangan terus sampeyan nengok sampai totally nengok ke belakang, hmmm…bisa berabe Kangbro.
Tangan
Untuk melemaskan tangan sampeyan bisa memulai gerakan ringan dari pundak. Sambil tetap memegang teguh setang kemudi, putar pundak ke arah depan dan belakang secara bergantian. Ingat, lakukan dengan kondisi terkontrol dan lingkungan juga musti aman.
Selanjutnya lakukan peregangan di area pergelangan tangan. Gerakannya juga bisa memutar atau maju dan mundur hingga pergelangan tangan berasa ditarik. Lakukan bergantian kiri dan kanan. Tapi saat melakukan peregangan tangan sebelah kanan usahakan kondisi jalanan benar-benar aman dan sepi.
Untuk melemaskan jari, gerakan yang bisa dilakukan adalah seperti gerakan meremas. Remas bang, adek pasrah bang… haiyah! Ora ngono Cak 😂. Maksutnya gerakan meremas ya meremas..wkwk.. Lakukan bergantian serta tetap memperhatikan sikon.
Kaki
Untuk kaki gerakan yang bisa dilakukan adalah meluruskan kaki secara bergantian, kiri dan kanan. Kembali lagi, perhatikan sikon sekitar. Ingat, sampeyan hendak merilekskan badan agar tak kehilangan konsentrasi. Jangan malah memperkeruh suasana dengan ceroboh saat relaksasi.
Last… Tips senam ringan tersebut adalah tips yang bisa dilakukan ketika anda mulai lelah atau mengantuk. Ingat, konsentrasi penuh adalah kunci agar sampeyan tetap aman di jalan.
Namun jika sampeyan masih aja ngantuk dan susah konsentrasi, ya sudah kudu gimana lagi. Segeralah menepi, dan pesen wedang kopi.

Mas kopine massss… 🤣
Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

3 thoughts on “Senam di Atas Motor? Emang Boleh?

Silahkan Berkomentar di bawah sini