Sering Nyuci Motor Pakai Detergen Ternyata Jahad buat Sil Suspensi. Waspadalah!

oleh



Motomazine.com – Masbro, suspensi merupakan piranti penting sebuah sepeda motor untuk memberikan redaman serta kestabilan saat melibas berbagai kontur jalanan. Nah, sayangnya nih masbro, nggak semua pemilik sepeda motor sadar dan mau memberikan perhatian lebih pada piranti yang satu ini. Efeknya, suspensi depan terutama, sering sekali mengalami kebocoran utamanya pada sil soknya.

Yap, banyak sekali penyebab hingga seal suspensi mengalami kebocoran. Paling banyak sih akibat debu serta usia sil itu sendiri. Bahan karet pada sil pasti akan mengalami getas, keras dan mati hingga tak mampu memberikan perlindungan maksimal pada inner tube suspensi itu sendiri.
Nah, salah satu penyebab biker ogah mikir sil suspensi salah satunya adalah karena tak adanya pakem atau masa usia pasti sil itu sendiri. Penanda sil masih bekerja optimal atau tidak ya musti dilihat langsung. Wong tempatnya juga terlihat saja kok. Kecuali kalau motore sampeyan tipe bebek aka cub, mau gak mau kudu buka penutup suspensi depan yang menyatu pada spakbor.
Namun di samping faktor usia dan debu, tahukah anda? Faktor eksternal lain semacam mencuci motor dengan detergen ternyata juga jahad buat sil suspensi depan.
Adalah Reza, mekanik Dharwan Motor daerah Cipinang yang mengatakan jika detergen aslinya berbahaya untuk sil suspensi depan.

“Biasanya tidak sadar, kalau habis dicuci dan dibersihkan dengan benar, biasanya ada deterjen di atasnya. Itu kalau dibiarkan bisa merusak. Apalagi kendaraan yang kerap dijemur, itu bisa membuat karet sil mengeras dan getas,” tutur Reza seperti dilansir Tribunnews.


Yap, informasi ini tentu sangat berharga mengingat terkadang banyak biker yang belum ngeh dan sering mencuci motornya memakai detergen.
Untuk kaki-kaki sih mungkin gak masalah ya, walaupun tidak disarankan. Tapi untuk bodi dan karet-karet, mending jangan deh. Pakai sabun piring saja seperti saya. Karena selain ph nya aman, sabun piring juga gak meninggalkan bekas berbahaya, terutama buat sil suspensi.
So, mari bijak dalam merawat kendaraan. Karena di balik motor yang terawat, tersimpan pengendara yang sehat 😂. Jangan cuci motor pakai detergen karena efeknya buruk buat sil suspensi depan. Kalau saya loh ya, detergen cuman saya pakai nyuci rantai. Dan hasilnya…. Monggo dibuktikan sendiri… Semoga berguna… (mmz)
baca juga:


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

4 thoughts on “Sering Nyuci Motor Pakai Detergen Ternyata Jahad buat Sil Suspensi. Waspadalah!

Silahkan Berkomentar di bawah sini